Pada Buku ini akan dibahas tuntas dasar-dasar ilmu manajemen strategi secara filosofis yang disampaikan secara sederhana dengan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca.
Pada Buku ini akan dibahas tuntas dasar-dasar ilmu manajemen strategi secara filosofis yang disampaikan secara sederhana dengan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca.
Buku ini diberi judul “Pendidikan Inklusif (Teori & Implementasi)”. Sebagaimana, yang telah ditulis diatas pendidikan inklusif dalam penyelenggaraannya menempatkan anak-anak normal pada umumnya dan anak berkebutuhan khusus didalam lingkup sekolah yang sama (reguler) untuk mendapatkan kesetaraan pendidikan. Sebagai bentuk perhatian dari pemerintah telah ditunjukkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 70 tahun 2009 pasal 2 mengenai pendidikan inklusif dengan tujuan “setiap warga negara Indonesia mempunyai berkesempatan untuk mendapatkan pendidikan yang sama dan bermutu disetiap jenjang pendidikan tanpa membeda-bedakan latar-belakang, kondisi fisik/mental, jenis kelamin, dan status sosial ekonomi”.
99 Muhammad Idrus, “Layanan Pendidikan Bagi Anak Gifted,” PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2013, https://doi.org/. Nur'aeni, Buku Ajar Psikologi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus........, hlm. 100.
Buku ini merangkum kajian terkait model-model konseling masa kini. Selain mendiskripsikan bagaiamana model-model konseling tersebut dari segi teoritis, buku ini juga memaparkan hasil-hasil penelitian yang mengungkap tentang implementasi dan keefektifan masing-masing model konseling dalam mengintervensi aspek-aspek psikologis, praktik layanan BK sekolah, serta dalam beberapa bidang lainnya. Disusun oleh akademisi serta praktisi konseling, diharapkan buku ini dapat mengispirasi para penekun bimbingan dan konseling dalam menghadirkan layanan yang efektif serta sesuai dengan perkembangan masa kini.
Manajemen keuangan di perusahaan merupakan struktur penting dalam mengolah dana perusahaan karena semua aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan anggaran akan tertuju pada manajemen keuangan.
“Buku Pendidikan Pancasila untuk Perguruan Tinggi”. Tujuan penyusunan, penulisan buku dimaksudkan semoga bisa menjadi alternatif literatur matakuliah Pendidikan Pancasila, untuk pendalaman dan perluasan materi, sehingga ketika diskusi terhadap masalah-masalah aktual, materi dalam buku ini hendaknya sudah dibaca, dipahami dan siap menjadi bahan penunjang untuk kegiatan diskusi dalam perkuliahan. Bahan-bahan penyusunan buku ini merujuk pada buku-buku acuan wajib dan penunjang Pendidikan Pancasila dan disesuaikan dengan perkembangan yang terjadi dewasa ini. Buku sederhana ini mudah-mudahan dapat memberikan manfaat, baik bagi kami sendiri maupun bagi para mahasiswa yang mengikuti kuliah Pendidikan Pancasila di lingkungan Universitas Alma‘Ata Yogyakarta. Tentunya buku ini banyak sekali kekurangannya, oleh karena itu saran dan kritik kami harapkan dari para pembaca buku ini. Terlebih uapan terimakasih kami sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu tersusunnya buku ini.
Islam adalah agama yang komperehensif mengatur seluruh sendi kehidupan manusia, termasuk dalam hal berbuat baik kepada orang lain (filantropi). Adanya syariat zakat, infaq, shadaqah dan wakaf menunjukkan Islam sangat peduli dengan masyarakat, membantu kepada yang miskin dan memperdayakan mereka agar terpenuhi kebutuhannya dan menjadi seorang mustahiq atau wakif.
Pendekatan saintifik dengan model discovery learning diyakini sebagai titian emas perkembangan dan pengembangan sikap, keterampilan, dan pengetahuan siswa. Pendekatan saintifik merujuk pada teknik-teknik investigasi atas suatu atau beberapa fenomena atau gejala, memperoleh pengetahuan baru, atau mengkoreksi dan memadukan pengetahuan sebelumnya. Untuk dapat disebut ilmiah, metode pencarian (method of inquiry) harus berbasis pada bukti-bukti dari objek yang didapat dari pengamatan, empiris, dan terukur dengan prinsip-prinsip pengamatan yang spesifik. Semoga naskah ini dapat berguna dan membantu siapa saja yang membaca dan membutuhkan khususnya guru mata pelajaran dalam upaya peningkatan mutu pendidikan melalui kegiatan pembelajaran.
Pendekatan saintifik dengan model discovery learning diyakini sebagai titian emas perkembangan dan pengembangan sikap, keterampilan, dan pengetahuan siswa.
Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas rendah masih jarang ditemui di lingkungan perguruan tinggi, khususnya pembelajaran di kelas rendah yakni kelas 1 sampai kelas 3. Materi pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas rendah msih bersifat umum, sehingga di dalam praktiknya mahasiswa menerapkan metode dan model sama dengan mata pelajaran yang lain. Dengan adanya kurikulum 2013 yang sekarang digunakan bahasa Indonesia menjadi penghubung mata pelajaran yang lain dengan menerapkan beberapa pendekatan dan menggabungkan empat keterampilan dalam berbahasa.
Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas rendah masih jarang ditemui di lingkungan perguruan tinggi, khususnya pembelajaran di kelas rendah yakni kelas 1 sampai kelas 3.
Implikasi atas konsep ‘ta’dib” dalam pendidikan Islam meliputi perubahan sistem, perubahan tujuan, bentuk, dan kurikulum, serta ta’dib sebagai proses penanaman adab penempatan ank didik pada tempatnya yakni pada puncak moralitas, adab, etika. Ini merupakan usaha untuk mengembalikan pendidikan Islam kepada tujuan yang hakiki, mewujudkan manusia universal atau insan kamil. Tawaran konsep filsafat pendidikan Islam Syed Muhammad Naquib al Attas tidak selesai pada tataran dialektika ilmiah, tetapi Syed Muhammad Naquib al Attasmengaktualisasikanya dengan berdirinya International Institut Of Islamic Though and Civilization atau Instusi Antar Bangsa pemikiran dan Tamadun Islam- ISTAC. Dengan ISTAC Syed Muhammad Naquib al Attas mengahdirkan pembaruan pendidikan Islam dan pembaruan Arsitektur Islam yang menyimbolkan betapa istimewanya kedudukan kaum berilmu di tengah peradaban.
Implikasi atas konsep ‘ta’dib” dalam pendidikan Islam meliputi perubahan sistem, perubahan tujuan, bentuk, dan kurikulum, serta ta’dib sebagai proses penanaman adab penempatan ank didik pada tempatnya yakni pada puncak moralitas, ...
Buku ini mencakup kajian keilmuan manajemen kepala sekolah, khususnya tentang program kepala sekolah, pengembangan guru, kedisiplinan guru dan kinerja guru, serta kenyataan di lapangan. Dengan kajian ini, maka pengetahuan, sikap, dan keterampilan guru, kepala sekolah, pengawas,dan pemangku pendidikandisekolah tidak hanya memahami suatu peristiwa saja namun segala peristiwa yang terjadi tentunya ada keterkaitan dengan peristiwa lain. Buku ini disusun untuk kebutuhan para pemangku pendidikan di sekolah sebagai salah satu upaya membangkitkan peningkatan profesionalisme guru.
Menurut Kamus Bahasa Indonesia, disiplin adalah ketaatan pada peraturan (tata tertib). ... menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar,dan pendidikan menengah. (UU No.