Sebanyak 1450 item atau buku ditemukan

Best practice : karya guru inovatif yang inspiratif : menarik perhatian peserta didik

Ilmu adalah suatu perkara yang mulia dan guru adalah orang yang mengantarkan seseorang untuk mencapai kemuliaan itu. Guru begitu memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Guru juga harus bisa memberikan pencerahan bagi peserta didik dan mampu melahirkan siswa yang tangguh, siap menghadapi aneka tantangan sekaligus memberi perubahan yang hebat bagi kehidupannya. “Menjadi Guru Inspiratif” ini menarik ditelaah para guru di masa depan. Istilah guru inspiratif yang dipaparkan penulis buku ini adalah guru yang memiliki orientasi jauh lebih luas. Guru inspiratif memilih melakukan tindakan yang sangat strategis, yaitu bagaimana ia mampu memberikan perspektif yang mencerahkan. Guru inspiratif menawarkan perspektif yang memberdayakan, menghasilkan energi yang kreatif.

Kegiatan pembelajaran matematika yang mengaitkan materi pembelajaran dengan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari (pendekatan kontekstual), dapat meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar. 2. Motivasi yang tinggi dapat ...

Menjadi Guru yang Dicintai Siswa

Dari 4 Keterampilan Berbahasa (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) keterampilan menulislah yang dianggap sebagai ketrampilan berbahasa tertinggi dan oleh karenanya dianggap paling sulit dan perlu mendapat perhatian lebih dalam melatihnya. Dalam menulis kita tidak hanya sekedar menuliskan kata-kata tetapi kita juga dituntut untuk menuangkan gagasan, konsep, perasaan, dan kemauan. Untuk dapat memiliki Ketrampilan Menulis dibutuhkan waktu berlatih yang lama dan juga intensif. Keterampilan menulis boleh dibilang merupakan keterampilan yang sangat kompleks dan bisa dikatakan sebagai ketrampilan yang hanya dimiliki oleh orang yang terpelajar. Sebenarnya, pekerjaan guru itu tidak bisa lepas dari tugas menulis. Banyak hal yang harus dilakukan oleh guru terkait profesinya dengan menulis. Sebagai guru ia harus menulis perangkat pembelajaran, modul pembelajaran, butir-butir soal, laporan penelitian tindakan kelas, laporan kegiatan kurikuler dan ekstra kurikuler, membuat RPP, membuat LKS,silabus, dsb. Jadi tugas menulis adalah hal yang melekat pada seorang guru sehingga mau tidak mau guru harus menguasai ketrampilan menulis. Guru dapat mengembangkan diri untuk mengasah keterampilan menulisnya dengan beragam cara. Mereka bisa belajar menulis lewat blog (melalui aktivitas blogging), menerbitkan buku kompilasi bersama teman-teman se profesi, menulis memoar, dlsb. Ada banyak cara yang dapat ditempuh untuk mengasah dan mempertajam keterampilan menulis guru. Guru dapat memilih mana kegiatan yang paling menyenangkan bagi mereka Sebagai Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI) saya tahu benar bahwa banyak guru yang kreatif, inspiratif, dan inovatif dalam melaksanakan tugasnya dan memiliki pemikiran-pemikiran yang tajam dan kritis. Banyak di antara mereka yang memiliki pemikiran dan pandangan solutif tentang dunia pendidikan yang mereka geluti sehari-hari. Namun kisah dan pemikiran tersebut seringkali hanya mengendap atau beredar secara lisan di kalangan sendiri karena tidak terpublikasikan. Padahal, bila ditulis dan dibukukan tulisan tersebut bisa menjadi inspirasi positif bagi masyarakat di tengah begitu maraknya isu dan berita-berita negatif mengenai pendidikan di Indonesia. Pemikiran-pemikiran mereka juga bisa dibaca dan dijadikan sebagai dasar bagi pembuatan kebijakan pendidikan.

Pemikiran-pemikiran mereka juga bisa dibaca dan dijadikan sebagai dasar bagi pembuatan kebijakan pendidikan. Buku Menjadi Guru yang Dicintai Siswa ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

PTK Guru PKn

Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang melibatkan 36 orang siswa kelas X SMA yang terdiri dari 20 orang perempuan dan 16 orang laki-laki.Beberapa variabel yang diselidiki dalam penelitian ini adalah sebagai berikut (1) variabel input yang meliputi siswa, bahan pelajaran, sumber belajar, (2) variabel proses penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar, seperti interaksi belajar mengajar, keterampilan bertanya siswa, cara belajar siswa, dan (3) variabel output seperti rasa ingin tahu siswa, kemampuan siswa mengaplikasikan pengetahuan, motivasi belajar siswa, hasil belajar siswa, sikap siswa terhadap pengalaman belajar yang melalui kegiatan perbaikan. Ada empat tahapan yang dilakukan dalam melaksanakan kegiatan penelitian ini, yaitu: tahap perencanaan, implementasi tindakan, observasi dan interpretasi serta analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Bila anda Guru PKn SMA, bisa manfaatkan dokumen ini untuk menulis Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) anda sendiri dengan memakai metode yang sama. Dokumen ini bisa di download pdf-nya dan dimanfaatkan oleh anda sepenuhnya (tidak diproteksi) dan bisa di copy paste-kan ke tempat lain. Bila anda butuh bimbingan dan lain-lain dalam hal penulisan Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), anda bisa kontak kami, nomor telepon dan lain-lain bisa anda lihat di halaman lampiran dari dokumen ini (halaman terakhir).

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif.

Kumpulan Artikel Pendidikan Guru Figur Sentral dalam Pendidikan

Kumpulan Artikel Pendidikan Guru Figur Sentral dalam Pendidikan PENULIS: Agus Nurjaman, S. Pd. ISBN: 978-602-443-591-2 Penerbit : Guepedia Publisher Ukuran : 14 x 21 cm Tebal : 304 halaman Sinopsis: Buku ini ditulis oleh seorang guru biasa, berbagai isu aktual seputar pendidikan tersaji dalam buku ini berupa artikel-artikel yang sederhana namun sangat padat dengan informasi yang menjadi sorotan masyarakat. Pendidikan sebagai kebutuhan para generasi mendatang terkadang dibarengi dengan berbagai intrik permasalahan sehingga menarik untuk dibicarakan. Melalui buku ini penulis sebenarnya bukan memberitahukan kemampuan menulisnya tetapi lebih kepada memberi informasi yang sedang hangat dibicarakan. Sharing berbagai kasus dalam dunia pendidikan kepada para pembaca yang budiman. Kasus yang berkembang bisa memberi informasi, mengingatkan, menginspirasi atau hanya sekedar berbagi saja. Guru sebagai fibur dilingkungan pendidikan menjadi topik dalam tulisan ini. Mengingat dalam kehidupannya guru dan permasalahannya terkadang menarik untuk dibicarakan dan seakan tidak ada habisnya. Kiprahnya menghadapi mahluk hidup sebagai objek kerja sangat menarik untuk diungkap menjadi sebuah kisah yang dikemas dalam bentuk artikel sehingga para pembaca akan dengan mudah dan cepat menagkap makna dari setiap artikel yang tersaji itu. Tulisan dengan bahasa dan alur yang sederhana menjadikan buku ini sebagai sumber bacaan yang ringan meski memiliki ketebalan yang cukup sekalipun, tetap bacaan ini memiliki sajian yang sangat ringan dan santai. Mungkin saja slah satu dari artikel yang tersaji disini pernah anada alamai atau bis amemberikan sebuah inspirasi dalam kegiatan mengajar anda sehingga proses pembelajaran yang anda lakukan akan mendapatkan hasil yang lebih baik, Bahkan mungkin saja artikel yang ada dalam buku ini mengingat kita semua bahwa tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan dengan sebuah usaha yang maksimal, Kecuali kita tidak berbuat apa-apa. Mimiliki buku ini untuk menambah koleksi bacaan anda di rumah. Simak setiap intisari dari rentetan artikel yang tersaji didalamnya. Email : guepedia@gmail•com WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Kumpulan Artikel Pendidikan Guru Figur Sentral dalam Pendidikan PENULIS: Agus Nurjaman, S. Pd. ISBN: 978-602-443-591-2 Penerbit : Guepedia Publisher Ukuran : 14 x 21 cm Tebal : 304 halaman Sinopsis: Buku ini ditulis oleh seorang guru biasa, ...

Contemporary Pedagogies in Teacher Education and Development

As with most dynamic activities that are based on social and cultural contexts and rely on interactions, education is a complex and often ambiguous endeavor. Despite this complexity, scholars and educators are often required to find ways of defining and explaining what "good" teaching is and to incorporate these conclusions into teacher education. This book contains eight scholarly articles from various countries around the world and offers unique and up-to-date perspectives on relevant practices and pedagogies for teachers' professional education and development. In this international book, it is argued that there is a significant inspiration and enrichment to be gained by investigating the policies and practices of teacher education systems from all over the world.

This book contains eight scholarly articles from various countries around the world and offers unique and up-to-date perspectives on relevant practices and pedagogies for teachers' professional education and development.

KOPERASI BMT

TEORI, APLIKASI DAN INOVASI

LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SECARA umum lembaga keuangan mikro (LKM) diartikan sebagai lembaga keuangan yang melayani para pengusaha mikro. Menurut beberapa lembaga internasional seperti UNDP dan ILO dalam Hisyam (2014), lembaga keuangan mikro adalah lembaga yang melayani masyarakat yang tidak memiliki akses ke lembaga keuangan perbankan. Hal tersebut disebabkan karena masyarakat tersebut tidak dapat memenuhi persyaratan teknis yang diajukan oleh perbankan. Menurut Undang-Undang No. 1 Tahun 2013 tentang Lembaga Keuangan Mikro, definisi LKM adalah: “lembaga keuangan yang khusus didirikan untuk memberikan jasa pengembangan usaha dan pemberdayaan masyarakat, baik melalui pinjaman atau pembiayaan dalam usaha skala mikro kepada anggota dan masyarakat, pengelolaan simpanan, maupun pemberian jasa konsultasi pengembangan usaha yang tidak semata-mata mencari keuntungan”.

LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SECARA umum lembaga keuangan mikro (LKM) diartikan sebagai lembaga keuangan yang melayani para pengusaha mikro.

Monetary Management in an Islamic Economy

Managed money is a new phenomenon which has gained prominence after the collapse of the Bretton Woods system in August 1971. There is no possibility of finding a precedence for it in the days of the Prophet (pbuh) or in early Islamic history. A number of questions are, therefore, continually raised about the monetary system that a Muslim country may adopt. Is it necessary to go back to the then-prevailing system or is it justifiable to continue the managed money standard that now prevails almost in every country around the world, including the Muslim countries? If so, what constraints may have to be placed upon this system to enable it to help realize the maqasid al-shari'ah (goals of Islamic teachings, referred hereafter as the maqasid), and what policy instruments may be used to realize these goals? This paper tries to answer these and some other related questions.

Managed money is a new phenomenon which has gained prominence after the collapse of the Bretton Woods system in August 1971.

Public Relations and Social Theory

Key Figures, Concepts and Developments

Public Relations and Social Theory: Key Figures, Concepts and Developments broadens the theoretical scope of public relations studies by applying the work of a group of prominent social theorists to make sense of the practice. The volume focuses on the work of key social theorists, including Max Weber, Karl Marx, John Dewey, Jürgen Habermas, Niklas Luhmann, Michel Foucault, Ulrich Beck, Pierre Bourdieu, Anthony Giddens, Robert Putnam, Erving Goffman, Peter L. Berger, Gayatri Chakravorty Spivak, Bruno Latour, Dorothy Smith, Zygmunt Bauman, Harrison White, John W. Meyer, Luc Boltanski and Chantal Mouffe. Each chapter is devoted to an individual theorist, providing an overview of that theorist's key concepts and contributions, and exploring how these can be applied to public relations as a practice. Each chapter also includes a box giving a short and concise presentation of the theorist, along with recommendation of key works and secondary literature.

Public Relations and Social Theory: Key figures, Concepts and Developments, Second Edition broadens the theoretical scope of public relations studies by applying the work of a group of prominent social theorists to make sense of the ...

Public Relation, Citra dan Praktek

Public Relation, Citra dan Praktek

Secara garis besar Buku ini menguraikan beberapa hal yang berkaitan dengan Public Relations dan Citra yang meliputi : Konsep dan Prinsip Dasar Public Relations, Pengertian dan Fungsi Public Relations, Hubungan Public Relations dengan Internal dan Exsternal Relations, Media dalam Komunikasi dan Media dalam Kegiatan Public Relations, Proses dan Bentuk Kegiatan Public Relations, Opini Publik, Kegiatan Media Relations, Citra Perusahaan, Public Relations dalam Manajemen Krisis, Solusi Penanganan Krisis Serta Pemulihan Kepercayaan Dan Citra.

Secara garis besar Buku ini menguraikan beberapa hal yang berkaitan dengan Public Relations dan Citra yang meliputi : Konsep dan Prinsip Dasar Public Relations, Pengertian dan Fungsi Public Relations, Hubungan Public Relations dengan ...

Sumut Bangga, 21 Tokoh yang Memotivasi

Kata ‘animasi’ kian populer di era kekinian. Animasi digunakan untuk aneka kebutuhan. Mulai dari pembuatan film, video promosi, klip musik, aneka disain kreatif, dan sebagainya. Seiring kemajuan teknologi yang begitu pesat, kreativitas di bidang animasi juga terus berkembang. By the way, apa sebenarnya animasi itu? “Animasi adalah seni kreatif membuat gambar diam menjadi gambar bergerak” jelas Aditya.

Hinca mati-matian belajar hingga pada akhirnya, ia mendapatkan bea siswa di tahun kedua kuliahnya hingga selesai. Sambil kuliah, karena tidak mungkin ada kiriman dari kampung halaman, Hinca bekerja sebagai Asisten Dosen Fakultas Hukum.