Sebanyak 244 item atau buku ditemukan

Radius Prawiro, Kiprah, Peran, Dan Pemikiran

Biography of Radius Prawiro, economist, former Coordinating Minister of Econimics, Finance, Industry, and Development Supervision of Indonesia.

Dalam jangka panjang koperasi ini harus menjadi soko guru ekonomi nasional
kita.19 Persoalan yang acap kali muncul adalah, apakah program pembangunan
koperasi menjadi soko guru perekonomian nasional itu dapat terwujud? Sebab ...

Peran stasiun radio phb AURI

selama perang kemerdekaan RI II tahun 1948/1949 : satu tahun perjalanan dari Jambi ke Bukittinggi

Author's account on the role of Indonesian Air Force's radio communication in Indonesian revolution, 1948-1949; journey from Jambi to Bukittinggi, West Sumatra.

Setiap kali bertemu dengan putri - putri Pak Agus yang juga menjadi guru - guru
di sekolah yang mereka dirikan , Waginah selalu menceriterakan masalahnya
kepada putri - putri Pak Agus dan minta nasihatnya , sebaiknya dan caranya ...

Solusi Praktis Word 2016 untuk Penulisan KTI Guru, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, dan Widyaiswara

Diandra Kreatif

Guru dituntut untuk mampu merencanakan pembelajaran secara matang, melaksanakan pembelajaran yang bermutu, menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran, dan melakukan perbaikan/pengayaan hasil pembelajaran. Selain itu, guru juga harus melakukan kegiatan pengembangan profesi secara berkelanjutan. Kegiatan pengembangan profesi adalah kegiatan guru dalam rangka penerapan dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan keterampilan untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran. Kegiatan tersebut diharapkan dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi penyelenggaraan pendidikan di kelas dan di sekolah. Pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi guru dan kepala sekolah meliputi kegiatan pengembangan diri dan publikasi ilmiah. Kegiatan pengembangan diri berbentuk diklat fungsional dan kegiatan kolektif guru yang meningkatkan kompetensi dan/atau keprofesian guru. Publikasi ilmiah berbentuk publikasi atas hasil penelitian atau gagasan inovatif pada bidang pendidikan formal, dan publikasi buku teks pelajaran, buku pengayaan, dan pedoman guru. Kebutuhan jenis kegiatan pengembangan profesi berbeda-beda pada setiap jenjang pangkat/golongan guru. Selain guru dan kepala sekolah, pengawas sekolah juga wajib melakukan pengembangan profesi. Pengembangan profesi pengawas sekolah meliputi pembuatan karya tulis dan atau karya ilmiah di bidang pendidikan formal/pengawasan, penerjemahan/penyaduran buku dan atau karya ilmiah di bidang pendidikan formal/pengawasan, dan pembuatan karya inovatif. Hampir sama dengan guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah, jabatan fungsional ahli widyaiswara juga wajib melakukan pengembangan profesi. Permenpan dan RB RI Nomor 22 tahun 2014 secara eksplisit menegaskan bahwa unsur pengembangan profesi widyaiswara meliputi: (1) pembuatan karya tulis/karya ilmiah dalam bidang spesialisasi dan lingkup kediklatan; (2) penemuan inovasi yang dipatenkan dan telah masuk daftar paten sesuai bidang spesialisasi keahliannya; (3) penyusunan buku pedoman/ketentuan pelaksanaan/ketentuan teknis di bidang kediklatan; dan (4) pelaksanaan orasi ilmiah sesuai spesialisasinya. Banyak guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, dan widyaiswara menemui kesulitan dalam menggunakan fasilitas Word 2016 untuk penulisan KTI. Dibandingkan versi-versi sebelumnya, Word 2016 sebenarnya menyediakan fasilitas yang jauh lebih lengkap. Namun, hal ini justeru menimbulkan kesulitan tersendiri. Sebagian pengguna Word 2016 sudah terlanjur terbiasa menggunakan langkah-langkah baku yang cukup panjang. Padahal, Word 2016 menyediakan pintasan pintasan yang dapat digunakan dengan hasil yang sama dengan memakai cara-cara baku tersebut tetapi dengan waktu yang jauh lebih singkat. Buku ini merangkum solusi solusi praktis dan pintasan pintasan tersebut agar penulisan KTI dengan Word 2016 dapat menjadi lebih mudah dan efisien. Para pembaca dapat menemukan jawaban atas beragam masalah yang mereka hadapi pada saat menulis KTI di dalam buku ini. Isi buku ini sengaja disajikan secara lugas dan dilengkapi gambar gambar agar pembaca langsung dapat mempraktikkannya.

Guru dituntut untuk mampu merencanakan pembelajaran secara matang, melaksanakan pembelajaran yang bermutu, menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran, dan melakukan perbaikan/pengayaan hasil pembelajaran.

Buku ajar pendidikan agama Islam : konsep dasar bagi mahasiswa perguruan tinggi umum

Buku Ajar Pendidikan Agama Islam memuat pengantar Pendidikan Agama Islam, kajian-kajian pokok mengenai ajaran Islam seperti Konsep dasar agama Islam, Konsep Tuhan, Manusia dan Alam semesta dalam pandangan Islam, Aqidah, Syariah dan Akhlak, Sumber Ajara Islam serta konsep Islam dalam Ilmu pengetahuan dan teknologi. Buku ini juga mengulas tentang Kerukunan Umat Beragama dan Konsep Kedamaian dalam Islam. Sebagai Matakuliah Umum yang wajib diikuti oleh semua mahasiswa, maka Matakuliah Pendidikan Agama Islam (PAI) menjadi landasan dan bertujuan agar mahasiswa tidak hanya mengetahui dan memahami ajaran Islam, namun dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan.

Buku Ajar Pendidikan Agama Islam memuat pengantar Pendidikan Agama Islam, kajian-kajian pokok mengenai ajaran Islam seperti Konsep dasar agama Islam, Konsep Tuhan, Manusia dan Alam semesta dalam pandangan Islam, Aqidah, Syariah dan Akhlak, ...

Surau: Pendidikan Islam Tradisi dalam Transisi dan Modernisasi

Surau, sebagai lembaga pendidikan Islam di Minangkabau, Sumatra Barat, tetap menjadi bagian integral dari collective memory orang-orang Minang secara kesel uruhan. Wacana tentang surau tetap hadir dalam masyarakat Minang, baik di ranah Minang sendiri maupun di rantau. Pembicaraan tentang surau semakin menghangat ketika program otonomisasi daerah mulai diterapkan. Surau, dalam konteks otonomisasi, dipercaya masyarakat Minang dapat membangkitkan batang tarandam, yakni rnelahirkan ulama-ulama besar, seperti pernah dihasilkan surau di masa silam. Buku ini ingin melihat viabilitas surau di tengah ekspansi pesantren di Sumatra Barat—yang sebenarnya telah tumbuh dan berkembang pesat di Pulau Jawa, dalam dasawarsa terakhir. Untuk memperkaya tema bahasan, dalam buku ini juga disertakan makalah-mal

  • ISBN 13 : 6024221487
  • ISBN 10 : 9786024221485
  • Judul : Surau: Pendidikan Islam Tradisi dalam Transisi dan Modernisasi
  • Pengarang : Prof. Azyumardi Azra,   Ph.D.,   M.Phil.,   M.A.,   CBE.,   Ph.D.,   M.Phil.,   M.A.,   CBE.,   Ph.D.,   M.Phil.,   M.A.,   CBE.,   Ph.D.,   M.Phil.,   M.A.,   CBE.,   Ph.D.,   M.Phil.,   M.A.,   CBE.,  
  • Kategori : Religion
  • Penerbit : Kencana
  • Bahasa : id
  • Tahun : 2017
  • Halaman : 187
  • Google Book : https://play.google.com/store/books/details?id=q_W3DwAAQBAJ&source=gbs_api
  • Ketersediaan :
  • Surau, sebagai lembaga pendidikan Islam di Minangkabau, Sumatra Barat, tetap menjadi bagian integral dari collective memory orang-orang Minang secara kesel uruhan.