Sebanyak 3285 item atau buku ditemukan

POLITIK DAN KEBIJAKAN EKONOMI ISLAM DI INDONESIA ERA REFORMASI

Mudah-mudahan buku ini dapat memberikan kontribusi wawasan dalam perkuliahan di berbagai perguruan tinggi lainnya, Dilihat dari sejarahnya, perkembangan ilmu ekonomi tidak terlepas dari perkembangan budaya dan sosial masyarakatnya, berpengaruh terhadap perkembangan sistem perekonomian. Tentunya hal itu disebabkan karena sistem sosial, maupun budaya serta ekonomi tetap menempatkan manusia sebagai pelaku atau subyek sekaligus objek di dalam pembahasannya. Secara konvensional Ilmu ekonomi dapat diartikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia, baik secara individual maupun secara kelompok dalam menggunakan semua faktor produksi yang terbatas menghasilkan barang dan jasa guna memenuhi kebutuhannya yang tidak terbatas. Kami mengakui adalah manusia yang tentunya mempunyai keterbatasan dalam berbagai hal. Oleh karena itu tidak ada hal yang dapat diselesaikan dengan sangat sempurna. Begitu pula dengan karya tulis ini yang telah kami selesaikan. Karena tidak semua hal dapat kami deskripsikan dengan sempurna pula. Kami melakukannya semaksimal mungkin dengan kemampuan yang kami miliki. Kemudian, sebagai ucapan rasa syukur, menjadi keharusan bagi kita untuk menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak karena dorongan dan bantuannya. Untuk itu kita (penulis) hanya dapat menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu hingga selesai penulisan buku ini. Akhirnya, dengan segala kerendahan hati, kita (penulis) menantika kritik dan saran untuk perbaikan berikutnya.

... EKONOMI. ISLAM. A. Dasar dan Prinsip Ekonomi Islam Prinsip-prinsip ekonomi Islam yang merupakan bangunan ekonomi Islam didasarkan atas lima nilai universal yakni; tauhid (keimanan), 'adl (keadilan), nubuwwah (kenabian), khilafah ...

Ekonomi Islam SMK/MAK Kelas XII

Buku ini disusun dengan memperhatikan Struktur Kurikulum SMK berdasarkan Kurikulum 2013 edisi revisi spektrum PMK 2018 dan jangkauan materi sesuai dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar untuk kelompok C3 Kompetensi Keahlian. Buku ini diharapkan memiliki presisi yang baik dalam pembelajaran dan menekankan pada pembentukan aspek penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Materi pembelajaran disajikan secara praktis, disertai soal-soal berupa tugas mandiri, tugas kelompok, uji kompetensi, dan penilaian akhir semester gasal dan genap. Buku ini disusun berdasarkan Pemendikbud No 34 tahun 2018 Tentang Standar Nasional Pendidikan SMK/MAK, pada lampiran II tentang standar Isi, lampiran III tentang Standar Proses dan lampiran IV tentang Standar Penilaian. Acuan KI dan KD mengacu pada Peraturan Dirjen Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan No: 464/D.D5/Kr/2018 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar. Berdasarkan hasil telaah ilmiah, buku ini sangat sistematis, bermakna, mudah dipelajari, dan mudah diimplementasikan dalam pembelajaran di kelas. Ditinjau dari aspek isi, buku ini cukup membantu siswa dalam memperkaya dan mendalami materi. Pemakaian buku ini juga dapat menantang guru untuk berinovasi dalam pembelajaran sesuai konteks di kelas masing-masing.

Buku ini disusun dengan memperhatikan Struktur Kurikulum SMK berdasarkan Kurikulum 2013 edisi revisi spektrum PMK 2018 dan jangkauan materi sesuai dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar untuk kelompok C3 Kompetensi Keahlian.

Metode Penelitian Ekonomi Islam

Sistematika buku “Metode Penelitian Ekonomi Islam” ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 14 Bab yang dibahas secara rinci dalam pembahasan, diantaranya: BAB 1 PENGERTIAN PENELITIAN DAN METODOLOGI PENELITIAN BAB 2 METODE PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUALITATIF DALAM EKONOMI ISLAM BAB 3 LANGKAH-LANGKAH PENELITIAN EKONOMI ISLAM BAB 4 PENELITIAN DALAM BIDANG EKONOMI ISLAM BAB 5 OBJEK PENELITIAN EKONOMI ISLAM ATAU MUAMALAH BAB 6 PERUMUSAN MASALAH BAB 7 PENYUSUNAN HIPOTESIS BAB 8 TINJAUAN PUSTAKA BAB 9 TEKNIK PENGUMPULAN DATA BAB 10 PENGOLAHAN DATA BAB 11 PENYAJIAN LAPORAN HASIL PENELITIAN BAB 12 CONTOH PENELITIAN EKONOMI ISLAM : BANK Syariah BAB 13 CONTOH PENELITIAN EKONOMI ISLAM : ZAKAT BAB 14 CONTOH PENELITIAN EKONOMI ISLAM: WISATA HALAL

Buku ini terdiri atas 14 Bab yang dibahas secara rinci dalam pembahasan, diantaranya: BAB 1 PENGERTIAN PENELITIAN DAN METODOLOGI PENELITIAN BAB 2 METODE PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUALITATIF DALAM EKONOMI ISLAM BAB 3 LANGKAH-LANGKAH ...

Model Jaring Pengaman Sosial dalam Perspektif Ekonomi Islam

Buku ini membahas tuntas mengenai makna dari JPS (Jaring Pengaman Sosial) serta melihat sudut pandang dan praktik di Indonesia, Internasional, hingga berdasarkan perspektif Islam terutama maqashid syariah. Buku tentang Jaring Pengaman Sosial Berdasarkan Maqashid Syariah bertujuan untuk menyelesaikan salah satu permasalahan sosial ekonomi akibat dampak Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) khususnya yang terjadi di Indonesia dengan melalui program pemerintah tersebut.

Buku ini membahas tuntas mengenai makna dari JPS (Jaring Pengaman Sosial) serta melihat sudut pandang dan praktik di Indonesia, Internasional, hingga berdasarkan perspektif Islam terutama maqashid syariah.

Narasi dan Literasi Media dalam Pemahaman Gerakan Radikalisme:Konsep dan Analisis

Narasi dan Literasi merupakan unsur yang penting bagi kehidupan seorang individu dalam bermasyarakat. Akademisi yang didalammnya termasuk mahasiswa merupakan ujung tombak dalam perubahan sebuah pemahaman wacana yang berkembang. Banyaknya pergerakan yang membawa nama agama juga massif dimasyarakat dengan membawa visi dan misi tertentu, hal ini perlu mendapat perhatian yang serius bila mengarah pada memecah belah suatu kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kaum intelektual merupakan aktor-aktor aktif dan gigih dalam menyuarakan pergerakan yang berujung pada tujuan radikal. Pemahaman inilah yang berbeda-beda dalam melihat sebuah misi berbangsa dan bernegara, dan menimbulkan bentuk narasi dan literasi yang keras, ekstrim dan tidak bisa fleksibel. Kaum-kaum muda intelektual merupakan sarana yang cukup kuat dalam mempertahankan suatu ideologi, maka dari itu sudah sepatutnya masyarakat secara umum dan masyarakat khususnya kaum intelektual kampus dapat memilah dan memberikan bentuk-bentuk narasi dan literasi yang tidak mengarah pada radikalisme, hal ini tentu sangat membahayakan utamanya bagi generasi penerus bangsa yang akan menjadi cikal bakal penerus kedepan dan bukan justru memecah belah dalam berbagai kelompok-kelompok tertentu. Gerakan-gerakan yang cukup halus namun intens perlu diwaspadai bila membawa dampak negative dalam cara pandang dan keyakinan, ini penting untuk diperhatikan secara bersama dalam komunitas keluarga hingga masyarakat agar tidak disalahgunakan menjadi bibit-bibit kebencian yang akhirnya dapat merusak dan membawa perpecahan pada anak-anak bangsa. Menjadi tugas bersama untuk menarasikan pemahaman dengan cara yang baik dan dapat dimengerti serta dapat diterima semua golongan dan menyuguhkan literasi kedamaian dan kebersamaan dalam persatuan dan kesatuan berbangsa dan bernegara.

Kedua, penelitian Abdul Hakim,12 memaparkan bahwa perlu adanya pengawasan dan tindakan tegas dari pemerintah terhadap pemberitaan di media massa dan media sosial yang menyebarkan berita-berita fitnah dan hasutan kepada masyarakat.

MURAL, Menguak Narasi Visual dari Berbagai Perspektif Ilmu

Menguak Narasi Visual dari Berbagai Perspektif Ilmu

... https://news.detik.com/foto-news/d-5278895/muralprotokol-kesehatan-hiasi-100-tiang-di-jakarta-timur. https://berita.depok.go.id/pemerintahan/balai-kota-depokdihiasi-mural-bermuatan-pesan-protokol-kesehatan-5239.

Seni Narasi Biblika

Setiap suku bangsa, ras, kaum manusia, laki-laki perempuan dan tua muda begitu akrab, asyik, menyukai, tertarik, menggandrungi, menggemari, menikmati, terpesona, tergugah, terhanyut, “terbius” dan terinspirasi dengan sebuah cerita atau kisah (drama). Mereka masing-masing juga memiliki cerita rakyat atau legenda sendiri sebagai tradisi lisan (oral) yang dilestarikan dan diteruskan serta sering diceritakan dari satu generasi ke generasi selanjutnya sebagai pelajaran moral dan etika serta pembentukan karakter bagi mereka. Alkitab juga kaya dan penuh dengan narasi yang begitu indah dan tidak ternilai harganya. Hal ini terjadi karena Tuhan sendiri menyukai cerita dan telah menggunakannya dalam menyatakan isi hati dan kehendak-Nya kepada manusia. Oleh karena itu, mengapa kita tidak mempelajari dan menemukan harta karun kekayaan rohani dari sebuah narasi biblika yang ingin diberikan Allah kepada kita? Dengan menemukannya, kita akan semakin mengerti isi hati dan kehendak Tuhan, mengalami perubahan hidup dan hidup semakin serupa dengan Kristus, mendapatkan berkat dan akhirnya juga dapat menjadi berkat bagi orang lain. Kita sebagai pengkhotbah pun dapat menyampaikan suatu khotbah yang berbentuk narasi dengan lebih hidup, menarik, menyentuh hati dan menjadi berkat bagi jemaat, dan sebagai guru agama Kristen atau guru Sekolah Minggu pun dapat mengajar dan menyampaikan cerita dengan lebih kreatif, hidup dan menarik kepada anak-anak Sekolah Minggu yang kita layani. Untuk itu, kita perlu mengetahui dan memahami apa itu pendekatan atau analisis naratif beserta berbagai unsur narasi yang ada. Karena itu, dalam buku ini penulis akan membahas secara detail, terperinci, komprehensif dan mendalam disertai contoh-contoh tentang apa itu pendekatan naratif, pengarang (bayangan) dan pembaca (bayangan), berbagai unsur-unsur narasi yang ada (hubungan intratekstual, desain literer, latar (setting), narator dan sudut pandang, tokoh dan penokohan, plot dan tafsir implisit), dan tema dan pesan teologis serta efek-efek narasi bagi pendengar historis, pembaca asli atau pertama dan pembaca kontemporer atau masa kini.

Untuk itu, kita perlu memerhatikan struktur kalimat dan fungsi bahasa yang para pengarang (bayangan) gunakan, seperti subjek, predikat, objek, pelengkap, keterangan; membedakan ciri-ciri kalimat pernyataan, berita, seru, tanya, ...

Narasi Rindu Delusi Ibu

Mutiara Hati memiliki ibu yang menderita penyakit DELUSI. Penyakit kejiwaan yang merenggut kebahagiaan Mutia sejak terlahir ke dunia. Dalam benci dan rindunya, Mutia tampil menjadi yang tabah dan mandiri. Meski sering menguraikan pilunya dengan air mata, dia tetap berbakti pada ibunya. Namun, akibat ulah ibunya terjadilah sebuah peristiwa kecelakaan yang mengubah segalanya. Mutia mengalami kerusakan mata yang membuatnya buta. Apakah Mutia membenci ibunya? Aoakah ibunya akhirnya sembuh dari Delusi?

Tadi minta tolong Lik Par, tapi ya, belum ada berita apa-apa. Ya Allah Gusti, Tika—Tika. Sampai kapan kamu kayak begini? Kurang apa Mbah Utimu ini, Nok yang merawat dan mendoakan ibumu itu? Bilang ke Mbah Uti, Nok!