Sebanyak 1563 item atau buku ditemukan

Hukum Islam tentang fasakh perkawinan

karena ketidak-mampuan suami menunaikan kewajibannya

Islamic law on the annullment.

Islamic law on the annullment.

Pendidikan Karakter ala Pesantren

Terjemah Adaptif Kitab Adabul 'Alim wa al-Muta'allim

Buku ini merupakan terjemah adaptif dari Kitab Adabul 'Alim wal Muta'allim karya Hadlratus Syaikh KH. Muhammad Hasyim Asy'ari. Topik utamanya tentang keutamaan ilmu, belajar dan mengajar; karakter murid kepada dirinya sendiri, kepada guru dan kepada ilmunya; karakter guru kepada dirinya sendiri, kepala ilmunya dan kepada murid; ditutup bahasan tentang karakter terhadap buku pelajaran.

Buku ini merupakan terjemah adaptif dari Kitab Adabul 'Alim wal Muta'allim karya Hadlratus Syaikh KH. Muhammad Hasyim Asy'ari.

Humanisasi pendidikan Islam

plus-minus sistem pendidikan pesantren

Criticism on Islamic study and teaching in Islamic education centers in Indonesia.

Criticism on Islamic study and teaching in Islamic education centers in Indonesia.

Paradigma baru pendidikan Islam

rekaman implementasi IAIN Indonesia Social Equity Project, 2002-2007

Development of Islamic education through IAIN Indonesia Social Equity Project.

Development of Islamic education through IAIN Indonesia Social Equity Project.

Ontologi Pendidikan Islam

Mengupas Hakikat Pendidikan Islam dari Konsep Khalifah, Insan Kamil, Takwa, Akhlak, Ihsan, dan Khairu Al-Ummah

Jika kita putar jarum jam sejarah, permulaan Islam di Mekah tahun 610 M telah terjadi reformasi teologis dari paganisme menuju tauhid dan reformasi akhlak dari karakter jahiliyah menuju karakter humanis. Pada saat yang sama di Madinah telah banyak umat yang beragama Yahudi dan sebagian kecil beragama Nasrani. Kedua agama ini, sungguh pun pada saat ini dinilai menyimpang, tetapi agama itu pada dasarnya bukanlah paganisme sebagaimana di Mekah. Lebih jauh dari Madinah, di Syam, sekarang Syiria banyak umat menganut agama Nasrani yang notabene agama tauhid juga. Mekah dan secara keseluruhan Arab Utara menurut Philip K. Hitti tidak memiliki peran yang berarti dalam kancah internasional, kecuali setelah datangnya Islam.1 Dari sisi geneologi sebagaimana ditulis K. Hitti bahwa orang-orang Arab Hijaz tergolong Arab Musta`ribah (naturalisasi) keturunan dari `Adnan, sementara orang-orang Arab `Aribah (asli), termasuk Yaman dari keturunan Qohthan.2 Orang-orang yang mendukung nabi di Madinah adalah asli orang Arab `Aribah dari Yaman. Antara Arab Utara dan Arab Selatan ini ratusan tahun kata K. Hitti bermusuhan, termasuk pasca Islam berhasil menyatukan Arab. Buku Ontologi Pendidikan Islam: Mengupas Hakikat Pendidikan Islam dari Konsep Khalifah, Insan Kamil, Takwa, Akhlak, Ihsan, dan Khairu Al-Ummah ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Buku Ontologi Pendidikan Islam: Mengupas Hakikat Pendidikan Islam dari Konsep Khalifah, Insan Kamil, Takwa, Akhlak, Ihsan, dan Khairu Al-Ummah ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.