Sebanyak 216 item atau buku ditemukan

DASAR DAN ASAS TRANSAKSI EKONOMI BISNIS DAN KEUANGAN ISLAM

DASAR DAN ASAS TRANSAKSI EKONOMI BISNIS DAN KEUANGAN ISLAM PENULIS: Ustadz Hadi Aksi Indosiar 2015 Ukuran : 14 x 21 cm Tebal : 291 halaman ISBN : 978-623-7474-38-8 Terbit : Agustus 2019 www.guepedia.com Sinopsis: Dasar dan asas transaksi ekonomi bisnis dan keuangan Islam adalah falsafah maqashid dan hikmah. Konsep falsafah maqashid dan hikmah Al-Jurjâwiy adalah hikmah yang menakjubkan, mencengankan akal pikiran serta memuaskan hati dari syariat agama samawi bertujuan mengenal Allâh, mentauhidkannya, mengetahui cara beribadah dan bermuamalah dengan menetapkan hukum yang diperlukan agar terlaksana amar ma’rûf nahiy munkar dan kemaslahatan hamba dunia dan akhirat. Alasan falsafah maqashid dan hikmah sebagai dasar dan asas ekonomi dan keuangan dalam bisnis Islâm menurut Al-Jurjâwiy, untuk mewujudkan ketundukan pada syariat Allâh; melestarikan sunah Rasûl; menjaga diri dari yang diharamkan; menumbuh kembangkan moral; mewujudkan persaudaraan dan persatuan. Kesemuanya menurut Al-Jurjâwiy mengandung kemaslahatan dunia akhirat, dalam upaya mengenal Allâh dengan menyembahnya dan beramar ma’ruf nahi munkar serta berakhlak mulia. Hal ini tertuang dalam konsep hablum min allâh wa min al-nâs. Kemaslahatan sebagai asas inovasi kegiatan ekonomi dan keuangan dalam bisnis Islâm kontemporer menurut penulis terletak pada hikmah ihyâu al-Mawât-nya Al-Jurjâwiy yaitu berinovasi dalam bisnis demi kemaslahatan ummat. Relevansinya konsep falsafah maqashid dan hikmah sebagai dasar dan asas transaksi bisnis ekonomi dan keuangan kontemporer, meliputi tipologi ekonomi, yaitu produksi, distrisbusi serta konsumsi. Ketiganya memakai prinsip musyârakah, muzâra’ah dan musâqah. Relevansi tipologi keuangan dalam bisnis Islâm kontemporer bank dan non bank yang meliputi: penghimpunan dana, penyaluran dana dan kegiatan jasa keuangan. Ketiga kegiatan tersebut dalam produk LKS bank berbentuk: giro, tabungan, deposito, jasa-jasa dan pembiayaan. Sedangkan LKS non bank, yaitu: 1). Bayt al-Mâl wa al-Tamwîl; 2). Koperasi; 3). Asuransi; 4). Dana Pensiun; 5). Reksadana; 6). Pasar Modal; 7). Pegadaian (Rahn); 8). Lembaga ZISWAF; 9). Pasar Uang; 10). Sewa Guna (Leasing). Prinsip akadnya menggunakan wadi’ah, mudlârabah, murâbahah, ijârah, wakâlah, hiwâlah, kafâlah, qardh dan rahn serta sharf selanjuntnya tujuan intinya adalah falâh (keuntungan). Jika di analisa semua kegiatan ekonomi masih relevan dengan konsep falsafah maqashid dan hikmah Al-Jurjâwiy, terutama hikmah dalam mu’âmalah Iqtishâdiyah yang dituangkan dalam kitabnya Hikmat al-Tasyrî’-nya, walaupun menggunakan istilah berbeda, namun substansi relatif sama. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

DASAR DAN ASAS TRANSAKSI EKONOMI BISNIS DAN KEUANGAN ISLAM PENULIS: Ustadz Hadi Aksi Indosiar 2015 Ukuran : 14 x 21 cm Tebal : 291 halaman ISBN : 978-623-7474-38-8 Terbit : Agustus 2019 www.guepedia.com Sinopsis: Dasar dan asas transaksi ...

BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

BELAJAR DAN PEMBELAJARAN PENULIS: Regina Ade Darman ISBN : 978-623-7570-53-0 Terbit : Maret 2020 Sinopsis: Belajar pada hakikatnya adalah proses interaksi terhadap semua situasi yang ada di sekitar individu. Belajar dapat dipandang sebagai proses yang diarahkan kepada tujuan dan proses berbuat melalui berbagai pengalaman. Belajar merupakan suatu aktivitas yang disengaja dilakukan oleh individu agar terjadi perubahan kemampuan diri, dengan belajar anak yang tadinya tidak mampu melakukan sesuatu, menjadi mampu melakukan sesuatu itu. Kualitas kegiatan pembelajaran yang dilakukan sangat bergantung pada perencanaan, pelaksanaan proses pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran yang dilakukan guru. Tugas guru bukan semata-mata mengajar (teacher centered), tetapi lebih kepada membelajarkan peserta didik (student centered). Belajar juga merupakan proses melihat, mengamati, dan memahami sesuatu yang ada di sekitar peserta didik. Kegiatan pembelajaran dilakukan oleh dua orang pelaku, yaitu pendidik dan peserta didik. Perilaku pendidik adalah membelajarkan dan perilaku peserta didik adalah belajar. Perilaku pembelajaran tersebut terkait dengan penciptaan kondisi pembelajaran yang berorientasi pada kebutuhan peserta didik dan tuntutan kualitas pembelajaran peserta didik. Buku Belajar dan Pembelajaran menyajikan materi tentang konsep-konsep yang berkenaan dengan hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip-prinsip pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran, hakikat strategi pembelajaran, berbagai strategi dan metode pembelajaran yang digunakan pada umumnya serta bagaimana penerapannya dalam pembelajaran, menggunakan konsep teori berkaitan dengan belajar dan pembelajaran, strategi dan metode yang digunakan dengan hakikat belajar dan pembelajaran, prinsip-prinsip pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran, hakikat strategi pembelajaran, dan metode pembelajaran yang digunakan di Sekolah Menengah Kejuruan, serta penerapannya dalam pembelajaran. Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

BELAJAR DAN PEMBELAJARAN PENULIS: Regina Ade Darman ISBN : 978-623-7570-53-0 Terbit : Maret 2020 Sinopsis: Belajar pada hakikatnya adalah proses interaksi terhadap semua situasi yang ada di sekitar individu.

Hakikat Belajar dan Pembelajaran

Hakikat Belajar dan Pembelajaran PENULIS: AMRAL, S.Pd., M.Pd. & ASMAR, S.Pd., M.Pd. Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-270-110-6 Terbit : Mei 2020 www.guepedia.com Sinopsis: Proses belajar pada hakikatnya juga merupakan kegiatan mental yang tidak dapat dilihat. Artinya, proses perubahan yang terjadi dalam diri seseorang yang belajar tidak dapat disaksikan. Manusia hanya mungkin dapat menyaksikan dari adanya gejala-gejala perubahan perilaku yang tampak. Pada dasarnya, belajar adalah masalah setiap orang. Dengan belajar maka pengetahuan, keterampilan, kebiasaan, nilai, sikap, tingkah laku, dan semua perbuatan manusia terbentuk, disesuaikan dan dikembangkan. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Hakikat Belajar dan Pembelajaran PENULIS: AMRAL, S.Pd., M.Pd. & ASMAR, S.Pd., M.Pd. Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-270-110-6 Terbit : Mei 2020 www.guepedia.com Sinopsis: Proses belajar pada hakikatnya juga merupakan kegiatan mental yang ...

GURU DAN PEMBELAJARAN (Tulisan Ringkas Seputar Proses Belajar Dan Pembelajaran)

GURU DAN PEMBELAJARAN (Tulisan Ringkas Seputar Proses Belajar Dan Pembelajaran) PENULIS: WAHYU WASKITO ISBN : 978-623-251-430-0 www.guepedia.com Sinopsis: Pembelajaran merupakan interaksi antara guru dan murid untuk menyampaikan atau mentransfer ilmu pengetahuan, Menurut Sardiman AM, (2009 : 26) tujuan pembelajaran itu mencakup tiga jenis, yaitu: Untuk mendapatkan pengetahuan, Penanaman konsep dan keterampilan, dan juga Pembentukan sikap. Dalam pembelajaran Guru merupakan aktor utama dalam proses pembelajaran. guru memiliki peran yang sangat penting dalam mencapai suatu tujuan pembelajaran. saat ini peran guru masih sangat penting, walaupun kemajuan ilmu dan teknologi yang sangat pesat seperti lajunya informasi yang bisa langsung diterima bukan dari guru seperti TV, Radio, Internet dan lain sebagainya. Namun guru di tuntut untuk dapat memerankan perannya sesuai dengan kebutuhan dan kemajuan jaman. Buku GURU DAN PEMBELAJARAN (Tulisan Ringkas Seputar Proses Belajar Dan Pembelajaran) ini membahas tentang beberapa hal yang terdiri dari 9 BAB, yaitu Bab 1. Standar Proses Pendidikan Dan Tujuan Pendidikan Nasional, Bab 2. Tentang Guru, Bab 3. Tentang Belajar, Bab 4. Keterampilan Dasar Mengajar, Bab 5. Metode Pembelajaran, Bab 6. Media Dan Sumber Belajar, Bab 7. Komunikasi Pembelajaran, Bab 8. Desain Pesan Pembelajaran Dan, Bab 9. Guru Dalam Menagani masalah/Kesulitan Belajar. Buku ini penulis harapkan dapat bermanfaat dan juga menambah referensi tentang proses belajar dan pembelajaran. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

GURU DAN PEMBELAJARAN (Tulisan Ringkas Seputar Proses Belajar Dan Pembelajaran) PENULIS: WAHYU WASKITO ISBN : 978-623-251-430-0 www.guepedia.com Sinopsis: Pembelajaran merupakan interaksi antara guru dan murid untuk menyampaikan atau ...

MARKETING SYARIAH DAN MULTILEVEL (Teori dan Praktek)

MARKETING SYARIAH DAN MULTILEVEL (Teori dan Praktek) Penulis : Muhammad Anggra, M.E., Editor : Dr. Nurhadi, S.Pd.I., S.E.Sy., SH., M.Sy., MH., M.Pd. Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-322-105-4 Terbit : Februari 2021 www.guepedia.com Sinopsis : Multilevel Marketing Sertifikat DSN MUI, Syariah Marketing, Pengertian Syariah Marketing, Karakteristik Syariah Marketing, Implementasi Syariah Marketing, Minat, Pengertian Minat, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat, Indikator-Indikator Minat, Sistem Multilevel Marketing, Pengertian Multilevel Marketing, Konsep Multilevel Marketing, PT. Herbal Penawar Alwahida Indonesia (HPAI). www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Abdullah Gymnastiar, Etika Bisnis MQ, (Bandung: MQS Publishing, 2005) Andrias Harefa, MLM & Pengandaan Uang cetakan ketiga (Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama, 2003) Augusty Ferdinand, Metode Penelitian Manajemen, (Semarang: Badan ...

Metodologi Penelitian

Metodologi Penelitian Penulis : Nurwulan Purnasari Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-96924-1-4 Terbit : Mei 2021 www.guepedia.com Sinopsis : Buku ajar ini disusun guna mendukung proses perkuliahan pada mata kuliah Metodologi Penelitian Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Buku ini memuat penjelasan mengenai hakikat penelitian dan metode penelitian baik kuantitatif maupun kualitatif terutama di bidang pendidikan. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Metodologi Penelitian Penulis : Nurwulan Purnasari Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-96924-1-4 Terbit : Mei 2021 www.guepedia.com Sinopsis : Buku ajar ini disusun guna mendukung proses perkuliahan pada mata kuliah Metodologi Penelitian ...

Metodologi Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif dan Mix Method)

Metodologi Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif dan Mix Method) Penulis : Purwono, Fuad Hasyim, Annida Unatiq Ulya, Nurwulan Purnasari, Ronnawan Juniatmoko Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-322-102-3 Terbit : Februari 2021 www.guepedia.com Sinopsis : Metodologi penelitian adalah cabang keilmuan yang membahas tentang alat, metode, prosedur yang digunakan dalam melakukan pre-analytic research. Metodologi penelitian dibedakan atas penelitian kuantitatif yang berbasis statistik angka serta penelitian kualitatif yang berbasis data normatif. Buku ini mencoba mengetengahkan pembahasan metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ilmu sosial humaniora. Buku ini dilengkapi dengan capaian pembelajaran yang diharapkan, sebagai respon kurikulum mata kuliah yang dijadikan acuan output yang harus dikuasai mahasiswa Kelebihan buku ini terletak pada alur pembahasan yang sistematis, dimulai dari penyiapan gagasan, penggunaan teori yang digunakan, metodologi yang tepat dalam membedah masalah, tahapan proses, olah data penelitian hingga menyimpulkan dan memberikan analisis penelitian. Buku ini menyasar segementasi mahasiswa, peneliti pemula dan pemerhati riset yang ingin belajar penelitian dasar dengan pembahasan yang cukup sederhana. Buku ini disusun oleh dosen yang berpengalaman dalam penelitian baik kuantitatif maupun kualitatif dengan karya berupa buku, jurnal prosiding yang telah diterbitkan baik dalam skala nasional maupun internasional. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Metodologi Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif dan Mix Method) Penulis : Purwono, Fuad Hasyim, Annida Unatiq Ulya, Nurwulan Purnasari, Ronnawan Juniatmoko Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-322-102-3 Terbit : Februari 2021 www.guepedia.com ...

Pembelajaran Bahasa Indonesia Responsif Budaya: Teori dan Aplikasi

Pembelajaran Bahasa Indonesia Responsif Budaya: Teori dan Aplikasi PENULIS: Prof. Dr. Djoko Saryono, M.Pd. ISBN : 978-623-7532-94-1 www.guepedia.com Sinopsis: Proses pembelajaran, pembelajaran, dan atau pengajaran bahasa dan sastra Indonesia bukan hanya harus berlandaskan [berbasis] kebudayaan, melainkan harus senantiasa dilambari atau dilumuri kebudayaan, bahkan bertujuan kebudayaan. Paling tidak tindak pembelajaran, pemelajaran, dan atau pengajaran bahasa dan sastra Indonesia harus peka atau responsif budaya. Pelbagai inovasi dan inisiasi praksis pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia responsif budaya telah dikerjakan oleh berbagai pihak di Indonesia. Akan tetapi, sebagian besar di antara kita sering tergoda untuk memillih dan memakai salah satu atau beberapa teori dan metodologi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang tidak responsif budaya. Kemudian muncul gejala pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia abai budaya yang menjadikan peserta didik justru tercerabut dari akar budaya atau mengalami gegar budaya {culture shock}. Kita juga melihat berbagai kebijakan pendidikan nasional yang tidak responsif budaya, salah satu di antaranya kebijakan kurikulum kurang responsif budaya, yang menimbulkan gejala pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia tidak atau kurang responsif budaya. Dalam buku ini, para penulis akan menyajikan tentang diversitas budaya, model-model pembelajaran responsif budaya yang dapat digunakan di kelas bahasa, fenomena gegar budaya {culture shock} guru bahasa di sekolah tujuan SM3T, dan beragam fenomena budaya di kelas bahasa. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Pembelajaran Bahasa Indonesia Responsif Budaya: Teori dan Aplikasi PENULIS: Prof.

Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP

Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP PENULIS: Sakila, S.Pd. Tebal : 154 halaman ISBN : 978-623-7477-88-4 www.guepedia.com Sinopsis: Pada saat awal pembelajaran, guru sebelumnya harus memilih media apa yang tepat. Memilih media yang tepat untuk materi tentunya bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah bagi guru. Guru harus mempertimbangkan banyak faktor seperti tujuan pembelajaran, karakteristik siswa, metode pembelajaran, serta ketersediaan dari media itu sendiri. Adapun tujuan dari guru memilih media yang tepat dalam pembelajaran agar terjadi interaksi antara siswa, guru dan media yang dipergunakan. Dapat kita bayangkan apabila guru menggunakan media yang tidak sesuai dengan materi pembelajaran tentunya akan sia-sia, menghabiskan waktu dan tenaga serta pikiran yang tidak sedikit. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa pada pembelajaran bahasa Indonesia terdapat empat aspek keterampilan berbahasa yang harus dipahami oleh siswa yaitu berbicara, menyimak, menulis dan membaca. Guru sebagai aktor utama untuk mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal hendaknya dapat memilih dan memanfaatkan media yang tepat dalam proses belajar mengajar yang efektif. Penggunaan media pembelajaran yang baik sangat bermanfaat bagi guru untuk mentransfer ilmu pengetahuan dan teknologi kepada peserta didik dalam proses pembelajaran. Hasil akhir yang dicapai adalah peserta didik mudah memahami materi yang diajarkan dan tujuan pokok dalam pendidikan akan dapat dicapai dengan optimal. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP PENULIS: Sakila, S.Pd. Tebal : 154 halaman ISBN : 978-623-7477-88-4 www.guepedia.com Sinopsis: Pada saat awal pembelajaran, guru sebelumnya harus memilih media apa yang tepat.

EVALUASI PEMBELAJARAN

EVALUASI PEMBELAJARAN PENULIS: Indra Perdana dan Misnawati Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-281-718-0 Terbit : Agustus 2020 www.guepedia.com Sinopsis: Modul Evaluasi Pembelajaran ini hadir untuk melengkapi sumber belajar mahasiswa dan dosen dalam proses pembelajaran. Isi buku ini: Materi 1 adalah Hakikat Evaluasi Pembelajaran yang meliputi: (1) Pengertian Evaluasi pembelajaran, (2) Tujuan Evaluasi Pembelajaran, (3) Manfaat dan Prinsip Evaluasi Pembelajaran (4) Pengertian Pengukuran dan Penilaian, serta (5) Perbedaan Pengukuran dan Penilaian. Materi 2 adalah Instrumen Pembelajaran yang meliputi: (1) Pengertian Instrumen Pembelajaran, (2) Syarat-syarat Instrumen Pembelajaran, (3) Kisi-kisi Instrumen Pembelajaran (4) Bentuk-bentuk Instrumen Pembelajaran, (5) Pedoman Penskoran Instrumen Pembelajaran, serta (6) Analisis Butir Instrumen Pembelajaran. Materi 3 adalah Penilaian Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 yang meliputi: (1) Hakikat Penilaian Pembelajaran, (2) Jenis dan Teknik Penilaian Pembelajaran, (3) Menyusun Pedoman Penilaian, serta (4) Menghitung kriteria ketuntasan minimal (KKM). Materi 4 adalah Pengambilan Evaluasi yang meliputi: (1) Evaluasi Program Pembelajaran, (2) Model-model Evaluasi, dan (3) Menyusun Evaluasi Program Pembelajaran. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Modul Evaluasi Pembelajaran ini hadir untuk melengkapi sumber belajar mahasiswa dan dosen dalam proses pembelajaran. Evaluasi adalah proses pengukuran, penilaian, dan analisis suatu data khusunya dalam pembelajaran.