Sebanyak 4369 item atau buku ditemukan

Pendidikan Pancasila

Judul : Pendidikan Pancasila Penulis : KBP (Purn.) Dr. H. Yusuf Setyadi, SH., SStMk, MM, M. Hum & Dr. Abdul Aziz, M. Ag Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 300 Halaman Cover : Soft Cover No. ISBN : 978-623-162-697-4 No. E-ISBN : 978-623-162-702-5 (PDF) SINOPSIS Indonesia adalah negara terbesar di kawasan Asia Tenggara, dan terbesar nomor tiga di kawasan Asia, serta penduduknya mayoritas Muslim nomor wahid. Akan tetapi dalam penyelenggaraan ketatanegaraannya tidak menganut sistem ideologi keagamaan tertentu melainkan Pancasila sebagai satu-satunya ideologi bangsa dan negara yang harus ditaati oleh seluruh warga negaranya. Di samping sebagai satu-satunya ideologi bangsa dan negara, Pancasila juga menjadi falsafah pandangan hidup bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Kesepakatan satu-satunya Ideologi negara Indonesia ini tidak lepas dari peran besar para pendiri bangsa di awal kemerdekaannya dengan lapisan masyarakat dari Sabang sampai Merauke, terutama peran para Ulama, Kyai, dan tokoh masyarakatnya. Secara historis, Pancasila yang lahir 1 Juni 1945 dan ditetapkan sebagai satu-satunya ideologi negara dan bangsa Indonesia pada 18 Agustus 1945 sampai saat ini telah matang dalam merangkai kebineka tunggal ika-an sebagai wujud pemersatu rakyat Indonesia, meskipun tentu masih perlu diperkuat secara sistemik demi terus menjadi inspirasi dan motivasi masyarakat bangsa dan negara beserta seluruh warga-negaranya memegang teguh keyakinannya dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara. Untuk itu maka Pancasila perlu disosialisasikan, dipahamkan dan hayati serta amalkan secara terus menerus kepada segenap lapisan anak bangsa dari generasi ke generasi sehingga tidak ada lagi yang ingin merubah ideologi ini pada ideologi lain, baik ideologi ke kiri-kirian maupun ke kanan-kananan. Meskipun tak terbantahkan bahwa dalam perjalanan panjang sejarah sejak awal kemerdekaannya sampai era melineal, Ideologi Pancasila mengalami hiruk pikuk ide gagasan yang ingin mencoba untuk merubahnya – akibat menguatknya ideologi lain, seperti Komunis dan Liberalis – namun dengan keteguhan keyakinan para tokoh agama, masyarakat dan tentu Pemerintah, Pancasila tetap eksis. Oleh karena itu, salah satu cara agar Pancasila betul-betul dapat dipahami dan hayati segenap lapisan masyarakat, terutama generasi mudanya wajib untuk mengetahui ideologi yang satu ini sejak dini.

Judul : Pendidikan Pancasila Penulis : KBP (Purn.) Dr. H. Yusuf Setyadi, SH., SStMk, MM, M. Hum & Dr. Abdul Aziz, M. Ag Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 300 Halaman Cover : Soft Cover No. ISBN : 978-623-162-697-4 No. E-ISBN : 978-623-162-702-5 ...

Pengantar Ilmu Hukum

Pengantar ilmu hukum (PIH) kerap dinamakan “encyclopaedia hukum” oleh dunia studi hukum, yaitu matakuliah dasar yang merupakan pengantar (introduction atau inleiding) dalam mempelajari ilmu hukum. Dapat pula dikatakan bahwa PIH merupakan dasar untuk pelajaran lebih lanjut dalam studi hukum yang mempelajari pengertian-pengertian dasar, gambaran dasar tentang sendi-sendi utama ilmu hukum. Tujuan pengantar ilmu hukum adalah menjelaskan tentang keadaan, inti dan maksud tujuan dari bagian-bagian penting dari hukum, serta pertalian antara berbagai bagian tersebut dengan ilmu pengetahuan hukum. Adapun kegunaannya adalah untuk memahami bagian-bagian atau jenis-jenis ilmu hukum lainnya, memberikan suatu pandangan umum secara ringkas mengenai ilmu pengetahuan hukum, dan menjelaskan mengenai pengertian-pengertian dasar asas dan penggolongan cabang-cabang hukum. Buku ini menyuguhkan materi pembelajaran dan bahan diskusi bagi mahasiswa fakultas hukum mengenai konsep-konsep, teori dan ruang lingkup pengantar ilmu hukum, asas dan sumber-sumber hukum, fungsi hukum, kedudukan doktrin sebagai sumber hukum, juga menjelaskan masalah pokok yang diatur dalam jenis-jenis lapangan hukum, mahzab ilmu hukum, menjelaskan teori-teori hukum, politik hukum nasional, dan penemuan hukum. Buku ajar ini tepat dijadikan buku pegangan utama bagi para mahasiswa fakultas hukum pada jenjang sarjana (S1) maupun pascasarjana (S2 & S3). Juga layak dibaca sebagai buku referensi bagi para peneliti dan akademisi, serta para praktisi yang berkecimpung di bidang hukum. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup #Kencana

Pengantar ilmu hukum (PIH) kerap dinamakan “encyclopaedia hukum” oleh dunia studi hukum, yaitu matakuliah dasar yang merupakan pengantar (introduction atau inleiding) dalam mempelajari ilmu hukum.

KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ABAD 21

Konsep kepemimpinan selalu berkembang dari waktu ke waktu. Seiring dengan berbagai tantangan global, kepemimpinan harus dinamis dan berorientasi jauh ke depan. Suatu organisasi akan “semakin tak berdaya” jika kepemimpinan yang diterapkan tidak adaptif dan visioner. Kepemimpinan pendidikan abad 21 adalah sebuah pendekatan baru dalam memimpin dan mengelola sekolah atau lembaga pendidikan yang mengacu pada tantangan dan perubahan yang terjadi pada abad 21. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi, pengembangan kurikulum yang berkaitan dengan kemampuan hidup, dan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana belajar terjadi sangat perlu untuk dikembangkan dan menjadi perhatian yang intens bagi seorang pemimpin di abad 21. Semua pemimpin harus berpikir besar dan melakukan langkah besar, namun etika kepemimpinan tetap menjadi jiwa dalam praktik kepemimpinan apalagi dalam kepemimpinan pendidikan.

Kepemimpinan pendidikan abad 21 adalah sebuah pendekatan baru dalam memimpin dan mengelola sekolah atau lembaga pendidikan yang mengacu pada tantangan dan perubahan yang terjadi pada abad 21.

Teknologi Pembelajaran dan Persoalan-Persoalan Pembelajaran di Indonesia di Era Pandemi Covid-19

Buku ini dipersiapkan terutama untuk mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Teknologi Pembelajar, karena sepanjang pengalaman penulis mengajar mata kuliah ini dapat menjadi sumber literasi tentang pemanfaatakn aplikasi-aplikasi digital pada pembelajaran e-learning pada masa pandemi ini. Buku ini terdiri dari sepuluh bab terkait dengan Mengenal Mata Kuliah TEP pada aspek Apa Pengertian Teknologi Pendidikan, Landasan Teknologi Pendidikan, Falsafah Teknologi Pendidikan, Bagaimana Visi, Misi, dan tujuan Teknologi Pendidikan, apa itu Konsep Teknologi Pendidikan, Bagaimana Kawasan Teknologi Pendidikan serta Mengembangkan Desain Pembelajaran Daring Inovatif, kreatif dan Menyenangkan berbasis Teknologi Pembelajaran agar belajar anak menjadi bermakna dalam mengembangkan kompetensinya di era industry 4.0 Garudhawaca.

... evaluasi, belajar kolaborasi atau mandiri. 2. Implementasi E-Learning Sistem ... (PAI) di Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang,” Indonesian Journal ... Pembelajaran dan Persoalan-Persoalan Pembelajaran di Indonesia di Era Pandemi Covid ...

BUKU AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PERGURUAN TINGGI

This book is a comprehensive guide that reviews various aspects of Islamic religious education in the tertiary environment. By combining theological understanding and philosophical views, this book invites readers to reflect on the role of religion in academic and social life. This book consists of 11 chapters Chapter 1 discusses the importance of Islamic religious education in higher education as a foundation for forming a generation with noble character and broad insight. This chapter also discusses the goals and challenges of Islamic religious education in the context of modern education. Chapter 2 explores the concept of the "Godly Man", which emphasizes the importance of the human relationship with God in the search for the meaning of life. This chapter invites readers to reflect on the essence of human existence within the framework of Islamic spirituality. Chapter 3 discusses how Islam can guarantee happiness in life. By exploring Islamic moral and ethical principles, this chapter illustrates how adherence to religious teachings can bring peace and happiness. This book also includes several other chapters, including Integration of Faith-Islam-Ihsan, Building a Quranic Paradigm, Grounding Islam in Indonesia, Integration of Pluralism-Multiculturalism and Tolerance for Unity, and several others. This book is not just a textbook, but is also a call to explore the deep meaning of Islamic teachings and apply them in everyday life. This book will help readers understand the important role of religion in shaping character, morals and ethics in the context of modern higher education.

This book is a comprehensive guide that reviews various aspects of Islamic religious education in the tertiary environment.

Kekuasaan Negara dalam Pembentukan Hukum (Legal Drafting dari Sudut Pandang Hukum Tata Negara dan Hukum Admnistrasi Negara)

Buku yang berjudul Kekuasaan Negara dalam Pembentukan Hukum (Legal Drafting dari Sudut Pandang Hukum Tata Negara dan Hukum Admnistrasi Negara) merupakan karya dari Dr. Teuku Saiful Bahri Johan, S.H., M.Si. Buku ini didesain sebagai Ilmu Pengetahuan bagi Mahasiswa dan Masyarakat serta Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai Pemegang otoritas Kekuasaan Nergara dalam pembentukan Hukum di Indondsia, selain itu juga akan sangat bermanfaat bagi para Penggiat Perancangan atau legal drafter peraturan perundang-undangan terutama terhadap Undang-Undang dan Peraturan Daerah (Provinsi/Kabupaten/Kota) di seluruh Indonesia. Substansi buku ini lebih menekan pada sisi legal drafting yang dilihat dari dua sisi baik dari sisi Ilmu Hukum Tata Negara (HTN) dan sisi Ilmu Hukum Admnistrasi Negara (HAN). Buku yang menekankan pada Ilmu Perancangan atau legal drafting ini lebih sebagai kegiatan praktek hukum yang menghasilkan suatu produk hukum yang baik sesuai dengan kaidah-kaidah peraturan perundang-undangan yang akan dilakukan oleh eksekutif (Pemerintah dan Pemerintah Daerah) meupun oleh legislatif (DPR, DPD, dan DPRD). Jadi buku ini lebih menitik beratkan pada ilmu bagaimana cara pembentukan Peraturan Perundang-undangan berupa “pengkon-sepan” atau “perancangan” berupa Naskah Akademik serta Draf Awal Undang-Undang atau Peraturan Daerah yang sesuai dengan kaidah-kaidah dan ketentuan-ketentuan (pedoman) serta asas-asas berdasarkan teori perancangan peraturan perundang-undangan. Buku ini terdiri dari beberapa pembahasan, diantaranya: · Kekuasaan Negara dalam Pembentukan Hukum · Pembentukan Hukum dan Peraturan Perundangan-undangan · Teori Pembentukan Hukum dan Peraturan Perundangan-undangan · Jenis dan Hierarki Peraturan Perundangan-undangan · Perumusan Norma Hukum dalam Peraturan Perundangan-undangan · Asas dan Perilaku Hukum dalam Peraturan Perundangan-undangan · Sinkronisasis dan Hormanisasi dalam Pembentukan Peraturan Perundangan-undangan · Legal Drafting Perancangan Produk Peraturan Perundangan-undangan · Teknik Perancangan dan Penyusunan Peraturan Perundangan-undangan · Penggunaan Bahasa Hukum dalam Perumusan Peraturan Perundangan-undangan · Model dan Mekanisme Pembentukan Peraturan Perundangan-undangan · Pentingnya Naskah Akademik Pada Perancangan Peraturan Perundangan-undangan · Sistematika Materi Muatan dan Lampiran Naskah Akademik Peraturan Perundangan-undangan. Spesifikasi Buku : Kategori : Hukum Penulis : Dr. Teuku Saiful Bahri Johan, S.H.,M.Si. E-ISBN : 978-623-124-508-3 Ukuran : 15.5x23 cm Halaman : x, 412 hlm Tahun Terbit : 2022 Penerbit Deepublish adalah penerbit buku yang memfokuskan penerbitannya dalam bidang pendidikan, terutama pendidikan tinggi (universitas dan sekolah tinggi). E-book ini tersedia juga dalam versi cetak. Dapatkan buku-buku berkualitas dengan pilihan terlengkap hanya di Toko Buku Online Deepublish : deepublishstore.com

Buku yang berjudul Kekuasaan Negara dalam Pembentukan Hukum (Legal Drafting dari Sudut Pandang Hukum Tata Negara dan Hukum Admnistrasi Negara) merupakan karya dari Dr. Teuku Saiful Bahri Johan, S.H., M.Si. Buku ini didesain sebagai Ilmu ...

Perbandingan Hukum Tata Negara

Filsafat, Teori, dan Praktik

Perbandingan Hukum Tata Negara (Comparative Constitutional Law), merupakan pendekatan kajian hukum yang sangat penting bagi pemerhati dan calon Sarjana Hukum karena mampu mencandra aspek ius constituendum (hukum yang seharusnya) yang tentunya sangat berguna dalam ikhtiar reformasi hukum di Indonesia. Namun, sayangnya literatur hukum tata negara dalam bahasa Indonesia kurang mengelaborasi isu perbandingan hukum. Buku ini menjawab kekurangan referensi dalam ranah perbandingan hukum secara umum dan perbandingan hukum tata negara pada khususnya. Buku ini setidaknya memiliki 2 (dua) keistimewaan. Pertama, buku ini memberi perspektif filosofis yang sangat kuat karena sejatinya, salah satu ‘jalan metodologis’ filsafat hukum adalah lewat perbandingan hukum dan vice versa, sebagaimana telah dilakukan oleh filsuf Yunani Aristoteles, ahli hukum Prancis Baron Montesquieu, dan Alexis de Tocqueville. Kedua, buku ini berperspektif inter-disipliner atau socio-legal yang menginsyafi bahwa kajian-kajian teks hukum yang bersifat normatif-doktrinal juga memerlukan tambahan perspektif dari ilmu-ilmu di luar ilmu hukum, semisal politik ketatanegaraan yang kental dalam buku ini. Dengan kata lain, buku ini berargumen bahwa kajian hukum (legal research) dan kajian-kajian nonhukum dapat saling melengkapi (complementary).

Perbandingan Hukum Tata Negara (Comparative Constitutional Law), merupakan pendekatan kajian hukum yang sangat penting bagi pemerhati dan calon Sarjana Hukum karena mampu mencandra aspek ius constituendum (hukum yang seharusnya) yang ...

Pengembangan Evaluasi Pembelajaran

Buku "Pengembangan Evaluasi Pembelajaran" adalah panduan komprehensif yang membahas berbagai aspek kunci dalam merancang, mengimplementasikan, dan meningkatkan evaluasi pembelajaran di lingkungan pendidikan. Dengan mendalam, buku ini menguraikan peran krusial evaluasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan memberikan wawasan tentang bagaimana mengembangkan instrumen evaluasi yang efektif. Pembaca akan dibimbing melalui perjalanan eksplorasi konsep-konsep dasar evaluasi pembelajaran, mulai dari perencanaan hingga analisis hasil. Buku ini menekankan pentingnya pengembangan instrumen evaluasi yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, gaya mengajar, dan karakteristik siswa. Penggunaan studi kasus dan contoh praktis memberikan pandangan langsung tentang penerapan teori-teori evaluasi dalam konteks pendidikan sehari-hari.

Buku "Pengembangan Evaluasi Pembelajaran" adalah panduan komprehensif yang membahas berbagai aspek kunci dalam merancang, mengimplementasikan, dan meningkatkan evaluasi pembelajaran di lingkungan pendidikan.

Kepemimpinan Pendidikan Modern

Buku ini hadir dalam rangka memahami konsep manajemen oleh seorang pemimpin dalam perilaku menjadi seorang leader yang futuristik dan modern karena buku ini didasarkan pada penelitian terhadap materi-materi dari perkuliahan meliputi: Konsep dan Definisi Kepemimpinan, Karakteristik Kepemimpinan, Syarat Dan Prinsip-Prinsip Kepemimpinan, Kepemimpinan Dan Manajemen, Kepemimpinan Dalam Pendidikan, Kepemimpinan Sekolah Yang Sukses, Kepemimpinan Dalam Peningkatan Mutu Sekolah, Kepimpinan Pendidikan Pada Konteks Yang Multikultural Dan Menantang, Konteksasi Kepemimpinan Pada Lembaga Pendidikan Negeri, Kontestasi Kepemimpinan Pada Lembaga Pendidikan Swasta. Buku ini disusun sebagai bahan/materi mata kuliah Kepemimpinan Pendidikan Modern untuk membantu mahasiswa sebagai peserta kuliah tersebut sehingga mereka dapat mengimplemantasikan ilmu konsep manajemen pendidikan dalam memimpin, berperilaku, bersikap dan lainnya, agar proses pembelajaran lebih optimal.

Buku ini disusun sebagai bahan/materi mata kuliah Kepemimpinan Pendidikan Modern untuk membantu mahasiswa sebagai peserta kuliah tersebut sehingga mereka dapat mengimplemantasikan ilmu konsep manajemen pendidikan dalam memimpin, berperilaku ...

BUKU AJAR MEDIA DAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN

Seorang guru ketika akan melaksanakan proses belajar mengajar di kelas, selain pemilihan model, strategi, metode, tentunya harus direncanakan dan dipersiapkan pula dengan matang terkait pemilihan media pembelajaran yang akan digunakan. Karena dengan pemilihan media pembelajaran yang tepat akan mempermudah dalam menyampaikan materi pelajaran, meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik, menjadikan pengalaman belajar lebih bermakna dan mudah dipahami yang pada akhirnya akan mempermudah juga dalam pencapaian tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan. Terdapat banyak pilihan ragam media pembelajaran yang bisa dimanfaatkan oleh guru, baik yang sifatnya media by design (media rancangan) atau media by utilization (media jadi yang merupakan komoditi perdagangan dan terdapat di pasaran). Pembahasan materi dalam buku ini meliputi ruang lingkup media teknologi pembelajaran, perkembangan media pembelajaran, dasar pertimbangan pemilihan media pembelajaran, pengembangan dan evaluasi media pembelajaran, media grafis, media audio, media proyeksi, media tiga dimensi dan multimedia, media pembelajaran berbasis komputer, membuat media pembelajaran berbasis komputer satu tatap muka. Pemaparan yang lugas dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami disertai dengan contoh gambar, mudah mudahan akan mempermudah pembaca dalam memahami materi yang ada di buku ini. Buku ini disusun untuk memenuhi kebutuhan informasi para mahasiswa dalam mata kuliah Media dan Teknologi Pembelajaran serta menjadi referensi tambahan yang bisa dinikmati oleh para dosen/pengampu mata kuliah Media dan Teknologi Pembelajaran khususnya di lingkungan fakultas tarbiyah baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta.

... PEMBELAJARAN SEMESTER Mata Kuliah Media dan Tekonologi Pembelajaran PAI Pengesahan Kode MK Kode : PAI.MKU.5.19 ... evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran PAI ( Pendidikan Agama Islam ) KU.10 Menunjukkan kemampuan ...