Sebanyak 25 item atau buku ditemukan

Mengelola Kredit Secara Sehat

Bisnis kredit merupakan kegiatan utama bank. Bisnis ini memberikan keuntungan sekaligus risiko yang besar karena dapat berpengaruh pada kesehatan dan kelangsungan usaha. Sebagai lembaga intermediasi, sebagian besar dana bank berdasarkan dana masyarakat, dengan demikian pemberian kredit perbankan dibatasi ketentuan Undang-Undang dan ketentuan Bank Indonesia. Karena ketat dan dinamisnya kondisi lingkungan dan regulasi perbankan, bank perlu mempersiapkan SDM bisnis perkreditan yang handal sekaligus memahami segala aturan main yang berlaku. Buku ini membahas berbagai informasi dari organisasi perkreditan, budaya kredit, produk kredit, risiko perkreditan, proses kredit, penetapan suku bunga kredit, hukum perkreditan, pemasaran sampai pembiayaan syariah. Buku ini juga merupakan modul pembelajaran bagi para peserta yang memersiapkan diri mengikuti sertifikasi bidang kredit tingkat I untuk para credit officer.

Sebagai lembaga intermediasi, sebagian besar dana bank berdasarkan dana masyarakat, dengan demikian pemberian kredit perbankan dibatasi ketentuan Undang-Undang dan ketentuan Bank Indonesia.

Mengelola Bisnis Pembiayaan Bank Syariah (CU Cover Baru)

Perkembangan perbankan syariah di Indonesia telah menjadi tolok ukur keberhasilan pertumbuhan dan eksistensi ekonomi syariah. Dalam beberapa tahun terakhir, bank-bank syariah tumbuh sangat pesat di Indonesia. Bisnis perbankan syariah pada masa yang akan datang akan menghadapi lebih banyak tantangan. Untuk itu, bank syariah perlu menyiapkan pegawainya dalam hal peningkatan kualitas. Salah satu bidang yang sangat berperan dalam bisnis perbankan adalah bisnis pembiayaan syariah sehingga diperlukan tenaga-tenaga bidang pembiayaan yang kompeten dan mampu menghasilkan aktiva produktif yang sehat seperti yang diharapkan. Program sertifikasi kompetensi pembiayaan bank syariah sangat dibutuhkan dalam industri perbankan syariah di Indonesia. Untuk itulah diperlukan pengembangan kompetensi bagi calon-calon pegawai bidang pembiayaan syariah. Buku ini memberikan acuan minimal yang harus dimiliki pengelola pembiayaan bank syariah. Sumber utama isi buku ini adalah berbagai modul atau bahan pelatihan yang dilaksanakan oleh berbagai bank, serta praktik yang ada dalam industri perbankan syariah di Indonesia. Dengan menguasai isi buku ini, calon peserta akan mempunyai kemampuan untuk menjadi pengelola pembiayaan bank syariah.

Perkembangan perbankan syariah di Indonesia telah menjadi tolok ukur keberhasilan pertumbuhan dan eksistensi ekonomi syariah. Dalam beberapa tahun terakhir, bank-bank syariah tumbuh sangat pesat di Indonesia.

Memahami Bisnis Bank

"""Buku ini menjelaskan semua yang perlu diketahui tentang bisnis bank. Seluruh modul dalam buku ini disesuaikan dengan 17 unit kompetensi General Banking Tingkat I dalam Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia yang mencakup komunikasi di tempat kerja, perencanaan, persiapan, dan pelaksanaan kegiatan penjualan produk dan jasa perbankan, penerapan standar layanan perbankan, transaksi keuangan bank, transaksi dana bank, transaksi atas jasa pembayaran, transaksi valuta asing, transaksi jasa perdagangan, analisis kredit, administrasi kredit, jenis investasi, pemantauan transaksi sesuai aspek hukum perbankan, penggunaan sistem teknologi informasi perbankan, interpretasi laporan keuangan, identifikasi risiko perbankan, dan tindaklanjut hasil audit. Buku yang disusun oleh Pokja General Banking I Ikatan Bankir Indonesia dan Lembaga Sertifikasi Profesi Perbankan ini, merupakan referensi wajib bagi setiap calon peserta yang akan mengikuti sertifikasi General Banking Tingkat I. Ujian sertifikasi ini ditujukan bagi setiap calon pegawai, pegawai bank level Officer, atau calon pimpinan bank. Buku ini juga disertai latihan soal yang membantu pembaca memahami isi buku sekaligus mempersiapkan diri mengikuti ujian sertifikasi."""

Ikatan Bankir Indonesia. b. SKN-BI Adalah kliring kredit keluar dari bank ke bank lain, atas perintah nasabah yang menggunakan sarana elektronik, sehingga tidak dibutuhkan warkat cetakan (hardcopy).

Memahami Bisnis Bank Syariah

Bisnis perbankan syariah saat ini tumbuh cukup pesat. Hampir setiap bank besar membuka layanan berbasis syariah. Selain untuk melayani nasabah yang memerlukan perbankan syariah, secara bisnis peluang pertumbuhannya masih sangat besar. Sebelumnya, Ikatan Bankir Indonesia pernah menerbitkan buku Memahami Bisnis Bank. Buku tersebut membahas segala hal mendasar yang perlu diketahui terkait pengelolaan bank. Buku ini bisa dikatakan merupakan “versi syariah” dari buku tersebut. Pada buku ini, Ikatan Bankir Indonesia ini bertujuan memberikan informasi selengkap-lengkapnya mengenai pengelolaan bisnis bank syariah. Diharapkan buku ini dapat menjadi panduan dasar bagi setiap insan perbankan yang ingin atau sudah terlibat dalam pengelolaan bank syariah. Selain itu, diharapkan juga dapat menjadi referensi bagi masyarakat umum yang ingin memahami lebih jauh tentang bisnis bank syariah. Buku Memahami Bisnis Bank Syariah ini juga merupakan bacaan wajib bagi para peserta yang akan mengikuti sertifikasi terkait perbankan syariah yang diadakan oleh Lembaga Sertifiaksi Profesi Perbankan.

Buku Memahami Bisnis Bank Syariah ini juga merupakan bacaan wajib bagi para peserta yang akan mengikuti sertifikasi terkait perbankan syariah yang diadakan oleh Lembaga Sertifiaksi Profesi Perbankan.

Mengelola Kualitas Layanan Perbankan

Pelayanan prima sangat berhubungan erat dengan pelayanan bisnis perbankan. Ini penting untuk memberikan rasa puas dan menumbuhkan kepercayaan terhadap nasabah sehingga merasa dirinya dipentingkan atau diperhatikan dengan baik dan benar sebagaimana mestinya. Salah satu program sertifikasi kompetensi bidang perbankan di Indonesia yang masih sangat dibutuhkan dalam industri perbankan adalah funding and services. Modul Funding and Services ini merupakan kelanjutan dari modul-modul yang sudah diterbitkan terdahulu. Modul ini menjadi acuan minimal yang harus dimiliki oleh calon teller, atau customer service, atau funding o cer bank. Sumber utama dari modul ini adalah dari SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia), berbagai modulmodul atau bahan pelatihan yang dilaksanakan oleh berbagai bank, serta praktik yang ada dalam industri perbankan Indonesia. Dengan menguasai modul ini calon peserta akan mempunyai kemampuan dalam batas minimal untuk menjadi teller, customer services dan funding o fficer bank.

Salah satu program sertifikasi kompetensi bidang perbankan di Indonesia yang masih sangat dibutuhkan dalam industri perbankan adalah funding and services.

Strategi Sukses Binis Bank

Sebagai kelanjutan dari dua buku yang sudah terbit, yaitu Memahami Bisnis Bank dan Mengelola Bank Komersial, buku ini ditujukan untuk membantu para pembaca mengelola bank secara sukses. Sebagai materi sertifikasi General Banking III, buku ini diharapkan juga dapat membekali para pimpinan bank tingkat wilayah. Secara spesifik, buku ini memandu para bankir mempelajari keterampilan dan keahlian yang diperlukan untuk mengelola bank dan mencapai kesuksesan bisnis. Topik yang dibahas di buku ini mencakup: teknik komunikasi dan negosiasi yang efektif, pengelolaan sumberdaya manusia, manajemen strategis perbankan, kemampuan berpikir strategis dan analisis, kepemimpinan, strategi penjualan dan pemasaran, dasar hukum dan tata-kelola yang baik, manajemen risiko, ekonomi makro dan mikro, serta aplikasi sistem komputer.

FDR digunakan untuk bank syariah, sedangkan LDR untuk bank umum. ... Plan,
Do, Check dan Act. Peraturan Bank Indonesia Rencana Bisnis Bank, dokumen
tertulis yang menggambarkan rencana kegiatan usaha bank jangka pendek (
satu ...

Pedoman dan Strategi Audit Intern Bank

Sistem pengendalian intern yang efektif merupakan dasar bagi kegiatan operasional bank yang sehat dan aman. Sistem itu membantu direksi dan dewan komisaris menjaga aset bank, menjamin tersedianya pelaporan keuangan dan manajerial yang dapat dipercaya, meningkatkan kepatuhan bank terhadap ketentuan dan peraturan perundang-undangan, serta mengurangi risiko terjadinya kerugian, penyimpangan, dan pelanggaran aspek kehati-hatian. Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan auditor intern yang memiliki pengetahuan memadai mengenai pengendalian intern dan berbagai aspeknya. Dalam hal ini, auditor intern tidak hanya menjalankan fungsi assurance, tetapi juga fungsi konsultasi, yaitu sebagai konsultan, sehingga auditor intern mampu memberikan nilai tambah pada proses bisnis bank. Buku Pedoman dan Strategi Audit Intern Bank merupakan kelanjutan dari buku yang telah diterbitkan oleh IBI berjudul Memahami Audit Intern Bank dan Memahami Supervisi Audit Intern Bank. Buku ini diterbitkan untuk memberikan acuan minimal yang harus dimiliki oleh calon manajer audit. Dengan menguasai buku ini, calon manajer audit dapat meningkatkan kualitas dan kompetensi sumber daya manusia di bidang audit intern bank, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh industri perbankan, pengguna tenaga kerja, institusi pendidikan dan pelatihan, lembaga sertifikasi profesi, badan yang berwenang di bidang sertifikasi, serta Kementerian Ketenagakerjaan. Selain itu, buku ini diharapkan dapat menjadi salah satu upaya meningkatkan kompetensi bankir di Indonesia secara keseluruhan.

Buku Pedoman dan Strategi Audit Intern Bank diterbitkan untuk memberikan acuan minimal yang harus dimiliki oleh calon audit manager sehingga diharapkan dengan menguasai buku ini calon audit manager dapat memiliki kemampuan dalam batas ...

Memahami Audit Internal Perbankan

Terpenuhinya secara baik kepentingan bank dan masyarakat penyimpanan dana merupakan bagian dari misi Audit internal bank. Audit internal bank harus dapat menempatkan fungsinya di atas berbagai kepentingan untuk memastikan terwujudnya bank yang sehat, berkembang secara wajar dan dapat menunjang perekonomian nasional. Pekerjaan audit internal harus mencakup seluruh aspek dan unsur kegiatan bank yang secara langsung ataupun tidak langsung diperkirakan dapat mempengaruhi tingkat terselenggaranya secara baik kepentingan bank dan masyarakat. dalam hubungan ini, selain pemeriksaan dan penilaian atas kecukupan dan efektivitas struktur pengendalian internal dan kualitas pelaksanaannya, juga mencakup segala aspek dan unsur dari organisasi bank sehingga mampu menunjang analisis yang optimal dalam membantu proses pengambilan keputusan oleh manajemen. Modul Audit Internal ini merupakan kelanjutan dari beberapa modul yang telah diterbitkan oleh IBI dalam bidang perbankan. Isi modul ini terbagi menjadi lima bagian yaitu Banking Knowledge, Banking Product and Regulation, Bank Accounting, Principles and Processes of Internal Audit, dan Audit Engagement and Follow Up Monitoring. Penyusunan materi ini dilakukan oleh tim penyusun yang berasal dari kalangan auditor internal perbankan. Modul ini diharapkan dapat menjadi salah satu materi pelatihan untuk uji kompetensi bidang audit internal dan sumber pengetahuan tentang kompetensi pimpinan bidang audit internal, di samping menjadi salah satu upaya program peningkatan kompetensi bankir di Indonesia secara keseluruhan.

Bank yang kegiatan usahanya berdasarkan prinsip bunga (Bank Konvensional) diperkenankan untuk mengubah kegiatan usahanya berdasarkan Prinsip Syariah, namun bank syariah tidak diperkenankan mengubah diri menjadi konvensional.

Memahami Audit Intern Perbankan (Ed. Revisi)

Terpenuhinya secara baik kepentingan bank dan masyarakat penyimpan dana merupakan bagian dari misi audit intern bank. Audit intern bank harus dapat menempatkan fungsinya di atas berbagai kepentingan untuk memastikan terwujudnya bank yang sehat, berkembang secara wajar, dan dapat menunjang perekonomian nasional. Pekerjaan audit intern harus mencakup seluruh aspek dan unsur kegiatan bank yang secara langsung ataupun tidak langsung diperkirakan dapat memengaruhi tingkat terselenggaranya kepentingan bank dan masyarakat secara baik. Dalam hubungan ini, selain pemeriksaan dan penilaian atas kecukupan dan efektivitas struktur pengendalian intern dan kualitas pelaksanaannya, juga mencakup segala aspek dan unsur dari organisasi bank sehingga mampu menunjang analisis yang optimal dalam membantu proses pengambilan keputusan oleh manajemen. Modul audit intern bank ini merupakan kelanjutan dari beberapa modul yang telah diterbitkan oleh IBI dalam bidang perbankan. Isi modul ini terbagi menjadi lima bagian, yaitu banking knowledge, banking product and regulation, bank accounting, principles and processes of intern audit, dan audit engagement and follow up monitoring. Penyusunan materi ini dilakukan oleh tim penyusun yang berasal dari kalangan auditor intern perbankan. Modul ini diharapkan dapat menjadi salah satu materi pelatihan untuk uji kompetensi bidang audit intern dan sumber pengetahuan tentang kompetensi bidang audit intern, di samping menjadi salah satu upaya program peningkatan kompetensi bankir di Indonesia secara keseluruhan.

Bank yang kegiatan usahanya berdasarkan prinsip bunga (bank konvensional) diperkenankan untuk mengubah kegiatan usahanya berdasarkan prinsip syariah, namun bank syariah tidak diperkenankan mengubah diri menjadi konvensional.