Sebanyak 3194 item atau buku ditemukan

Kaidah-Kaidah Fikih untuk Ekonomi Islam

Edisi Revisi

Buku ini menjelaskan kaidah-kaidah Fikih yang digunakan dalam menyimpulan hukum-hukum sesuai pandangan Islam. Dalam syariah Islam, selain Al-Quran-Sunnah dan sumber hukum lainnya, kaidah-kaidah Fikih merupakan acuan yang paling banyak dipertimbangkan dalam menentukan sebuah hukum agar sesuai dengan pandangan syariah. Semua yang berkaitan dengan hukum Fikih atau syariah Islam harus dapat dilihat dari perspektif kaidah-kaidah Fikih, termasuk praktek-praktek perekonomian dan produk-produk perbankan syariah dengan semua varian dan inovasinya. Apabila buku-buku tentang kaidah Fikih lainnya mencakup semua bab-bab Fikih sebagai fokus pembahasannya, maka buku Kaidah-Kaidah Fikih yang ada di tangan pembaca ini adalah buku yang ditulis dan disusun untuk menjelaskan kaidah-kaidah Fikih secara khusus untuk menjelaskan permasalahan-permasalahan mu`amalah, khusunya yang berkaitan dengan praktek-praktek perekonomian. Buku ini dimulai dengan memperkenalkan pengertian kaidah Fikih, sejarah dan perkembangannya, perbedaannya dengan sejumlah disiplin Fikih lainnya, dan fungsi-fungsinya dalam syariah atau hukum Islam. Di bagian pengantar, buku ini juga memaparkan kedudukan kaidah Fikih dalam istinbath al-ahkâm (menyimpulkan hukum) serta dasar epistemologis kaidah Fikih. Kaidah-kaidah Fikih yang dibahas dalam buku ini adalah al-Qawâ`id al-Kulliyyah (Kaidah-Kaidah Pokok) dalam Fikih beserta al-Qawa`id al-Far`iyyah (Kaidah-Kaidah Cabang) dari masing-masing kaidah pokok tersebut. Setiap kadiah Fikih, baik kaidah pokok maupun kaidah cabangnya, selalu diberikan penjelasan dan contoh dari praktek-praktek ekonomi. Dari sekian banyak kaidah Fikih yang digunakan dalam hukum Fikih, penulis buku ini juga telah menyeleksi kaidah-kaidah cabang yang dapat diaplikasikan dalam praktek ekonomi Islam saja sehingga sangat memudahkan para pembacanya.

Buku ini menjelaskan kaidah-kaidah Fikih yang digunakan dalam menyimpulan hukum-hukum sesuai pandangan Islam.

Dasar-Dasar Ekonomi Islam

Konsep Dasar Ekonomi Islam, Pondasi Aksiomatik Ekonomi Islam, Asumsi Dasar Ekonomi Islam, Pemikiran Ekonomi Islam, Mazhab-Mazhab Ekonomi Islam, Konsep Konsumsi Dalam Ekonomi Islam, Konsep Distribusi Dalam Ekonomi Islam Dan Transaksi Dalam Ekonomi Islam

Konsep Dasar Ekonomi Islam, Pondasi Aksiomatik Ekonomi Islam, Asumsi Dasar Ekonomi Islam, Pemikiran Ekonomi Islam, Mazhab-Mazhab Ekonomi Islam, Konsep Konsumsi Dalam Ekonomi Islam, Konsep Distribusi Dalam Ekonomi Islam Dan Transaksi Dalam ...

Pengantar Ekonomi Islam

Fiqih Ekonomi Kontemporer, Jenis Akad Dalam Ekonomi Islam, Produksi Dalam Ekonomi Islam, Distribusi Dalam Ekonomi Islam, Konsumen Dalam Ekonomi Islam Dan Ekonomi Islam Di Indonesia

Fiqih Ekonomi Kontemporer, Jenis Akad Dalam Ekonomi Islam, Produksi Dalam Ekonomi Islam, Distribusi Dalam Ekonomi Islam, Konsumen Dalam Ekonomi Islam Dan Ekonomi Islam Di Indonesia

Etika Bisnis di Era Teknologi Digital

Buku ini membahas etika bisnis di era teknologi digital menggunakan pendekatan stakeholders. Selain membahas teori etika dan corporate governance secara umum, buku ini juga membahas corporate governance dan corporate social responsibility di era teknologi digital. Selain itu, buku ini juga membahas sharing economy, cyber ethics, dan cybercrime. Salah satu kelebihan buku ini adalah adanya aplikasi berbasis Augemented dan Virtual Reality (AR & VR) sebagai bahan pembelajaran yang merupakan hasil riset penulis. Aplikasi AR & VR ini untuk merespon perubahan gaya belajar mahasiswa dari verbal, visual ke virtual. Aplikasi AR & VRakan memberikan pengalaman virtual pada praktik bisnis. Selain itu, buku ini dilengkapi dengan kasus etika bisnis yang terjadi di Indonesia. Selanjutnya, buku ini juga mendasarkan pada berbagai hasil penelitian yang sudah dipublikasi di jurnal internasional terindeks di database bereputasi tinggi di bidang etika (misal Journal of Business Ethics) dan di bidang pendidikan berbasis komputer (misal Education and Information Technologies). Dengan demikian, selain untuk pembelajaran di kelas, buku ini juga dapat digunakan sebagai referensi penelitian. Meski demikian, buku ini disajikan dengan "pendekatan populer" dan banyak dibantu gambar untuk memudahkan pemahaman pembaca, terutama generasi milenial.

Buku ini membahas etika bisnis di era teknologi digital menggunakan pendekatan stakeholders.

Mengenal Lebih Dekat Sistem Manajemen dan Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Teori dan Praktik)

Buku ini membahas tentang runag lingkup dan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan manajemen dan tata kelola perusahaan. Banyak aspek yang disajikan dalam buki ini yang tersaji dalam 14 bab, yaitu: Bab 1. International Organization for Standardization (ISO) Bab 2. Prinsip-Prinsip ISO 9001 & 14001 Bab 3. Tahapan Persiapan dan Implementasi ISO Bab 4. Audit dan Tinjauan Manajemen ISO Bab 5. ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) Bab 6. Sistem Jaminan Halal (SJH) Bab 7. Tata Kelola Perusahaan (Good Corporate Governance) (GCG) Bab 8.Manajemen Sumber Daya Manusia Bab 9. Pengertian Perusahaan dan Model Bisnis Bab 10. Hukum Perlindungan Konsumen Bab 11. Hukum Alternatif Penyelesaian Sengketa Bab 12. Sistem Pertanggungjawaban Pidana Korporasi Bab 13. Corporate Social Responsibility Bab 14. Aksi Korporasi (Corporate Action) Penulis menyadari buku ini masih banyak kekurangan, dengan itu penulis berharap saran yang membangun dari para pembaca guna kesempurnaan buku ini.

B. 7 Prinsip Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 Gambar 2.1 Tujuh Prinsip Sistem Manajemen Mutu Terdapat 7 prinsip dalam Sistem ... Pemahaman kebutuhan saat ini dan masa depan dari pelanggan memberikan sumbangsih kepada kesuksesan ...

Pemasaran Syariah Era Digital

Buku “Pemasaran Syariah Era Digital” ini memuat informasi tentang disiplin bisnis strategis yang mengarahkan proses penciptaan, penawaran, dan perubahan value dari suatu inisiator kepada stakeholders-nya, yang dalam keseluruhan proses sesuai dengan akad dan prinsip-prinsip muamalah dalam Islam. Buku ini mencoba mengungkapkan bagaimana mengemas model pemasaran yang menarik, saling menguntungkan, up to date, berdaya saing, sarat dengan nilai-nilai, revolusioner digital, era VUCA dan memiliki profitabilitas yang tinggi serta memberikan kecepatan, ketepatan dan kemudahan pelayanan serta kepuasan kepada pelanggan.

Buku “Pemasaran Syariah Era Digital” ini memuat informasi tentang disiplin bisnis strategis yang mengarahkan proses penciptaan, penawaran, dan perubahan value dari suatu inisiator kepada stakeholders-nya, yang dalam keseluruhan proses ...

Recovery Pascapandemi

Pemasaran dan Keuangan (Menggabungkan Dua Perspektif Utama dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan)

Munculnya pandemi Covid-19 membuat seluruh dunia mau tak mau harus mampu menghadapi tantangan, termasuk bagian pemasaran dan keuangan. Namun, hal ini tidak serta-merta terjadi begitu saja. Di Indonesia, masa penuh tantangan sudah dimulai sejak tahun 1998. Tidak hanya kondisi ekonomi, namun sosial politik juga berhasil mengganggu pertumbuhan bisnis di negara ini. Tekanan mata uang asing yang sangat kuat membuat nilai tukar rupiah terdepresiasi tidak karuan. Belum lagi sektor swasta dengan potensi masalah cukup besar. Banyak di antara perusahaan tersebut yang memperoleh pinjaman dari luar negeri jangka pendek yang tidak dilindungi ancaman gejolak nilai tukar dolar. Tak sedikit pula perusahaan swasta berhasil meraup untung dengan memborong dolar Amerika, lalu menjual saat momennya pas. Krisis boleh saja terjadi, namun akan selalu ada peluang di balik momen ini. Seperti ungkapan Tiongkok yang menyebutkan bahwa selalu ada dua sisi di balik kondisi yang tengah berbahaya. Sisi pertama adalah bahaya. Sisi kedua adalah peluang. Misal, Martha Tilaar, mengeluarkan dua warna lipstik untuk menjawab Anxiety and Desire para perempuan Indonesia yang ingin cantik namun dana terbatas. Telkomsel dengan konsep kartu pre-paid, dan banyak lainnya. Peluang inilah yang nantinya membangkitkan kembali ekonomi Indonesia. Pemasar di Indonesia harus mampu melewati berbagai tantangan yang menghadang, termasuk munculnya pandemi Covid-19. Tidak boleh hanya sekadar bertahan, namun harus menciptakan strategi sebagai salah satu siasat menghadapi segala tantangan, kemudian mampu berkembang lebih besar dari sebelumnya.

Munculnya pandemi Covid-19 membuat seluruh dunia mau tak mau harus mampu menghadapi tantangan, termasuk bagian pemasaran dan keuangan.

STRATEGI PEMASARAN DAN BISNIS STARTUP

Sistematika penulisan buku ini diuraikan dalam empat belas bab yang memuat tentang perencanaan produk baru, lingkungan yang penuh persaingan, focus kepada konsumen, menetapkan cara bersaing, peningkatan pengaruh teknologi, organisasi pemasaran, strategi pemasaran start up, pengembangan program pemasaran, strategi pemasaran dan bisnis, implementasi dan pengelolaan pemasaran bisnis start up, penentuan segmentasi pasar produk, strategi memasuki pasar produk baru, proses kepuasan konsumen, serta yang terakhir tentang evaluasi dan pengujian proses pemasaran.

Sistematika penulisan buku ini diuraikan dalam empat belas bab yang memuat tentang perencanaan produk baru, lingkungan yang penuh persaingan, focus kepada konsumen, menetapkan cara bersaing, peningkatan pengaruh teknologi, organisasi ...

Ekonometrika Untuk Analisis Ekonomi, Keuangan, Dan Pemasaran Syariah (Data Cross Section)

Buku ini terdiri dari terdiri dari 12 bab yang sangat menarik untuk dibaca karena selain mengedepankan keilmuan ekonometrika, juga dapat diimplementasikan dalam bidang ekonomi, keuangan, dan pemasaran syariah. Perkembangan ekonomi, keuangan dan pemasaran syariah yang sangat pesat serta berkembangnya program studi bidang ekonomi dan keuangan Islam mengakibatkan bidang studi ini memerlukan referensi. Mengingat pembahasannya yang cukup komprehensif dan sistematis, buku ini dapat dijadikan referensi utama. Buku ini terdiri dari terdiri dari 12 bab yang sangat menarik untuk dibaca karena selain mengedepankan keilmuan ekonometrika, juga dapat diimplementasikan dalam bidang ekonomi, keuangan, dan pemasaran syariah. Perkembangan ekonomi, keuangan dan pemasaran syariah yang sangat pesat serta berkembangnya program studi bidang ekonomi dan keuangan Islam mengakibatkan bidang studi ini memerlukan referensi. Mengingat pembahasannya yang cukup komprehensif dan sistematis, buku ini dapat dijadikan referensi utama. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup #Kencana

Buku ini terdiri dari terdiri dari 12 bab yang sangat menarik untuk dibaca karena selain mengedepankan keilmuan ekonometrika, juga dapat diimplementasikan dalam bidang ekonomi, keuangan, dan pemasaran syariah.