Sebanyak 27 item atau buku ditemukan

PARADIGMA TEORI KOMUNIKASI DAN PARADIGMA PENELITIAN KOMUNIKASI

Dalam masyarakat intelektual banyak digunakan bermacam-macam paradigma dalam memahami ilmu pengetahuan ilmiah, seperti adversarial paradigm dalam memahami ilmu hukum, judgemental paradigm dalam memahami ilmu olahraga, religious paradigm dalam memahami kehidupan beragama dan sebagainya. Buku ini akan membahas Wacana Kalangan Intelektual terhadap plus-minus paradigma penelitian komunikasi. Buku ini merupakan hasil analisis wacana dari wacana kalangan intelektual, wacana intelektual dikumpulkan dengan cara mengutif/mengcopy pendapat/pemikiran dan ide kalangan intelektual kampus/pakar di bidangnya yang ditulis atau disampaikan dalam bentuk teks, yang terdiri dari teks mata kuliah dan materi seminar yang dipublikasikan melalui, blog-blog google Indonesia. Wacana yang dianalisis untuk penelitian analisis wacana ini dibatasi pada paradigma penelitian komunikasi saja. Menurut Moleong (Dasar dasar Manajemen, 1993: 30), terdapat bermacam-macam paradigma penelitian, tetapi yang mendominasi ilmu pengetahuan adalah scientific paradigm (paradigma ilmiah) dan naturalistic paradigm atau paradigma alamiah. Paradigma ilmiah bersumber dari pandangan positivisme, dimana aliran ini berangkat dari keinginan mencari faktor-faktor untuk menjelaskan sebab akibat dari gejala sosial dengan mengabaikan keadaan subyektif individu. Artinya mereka melihat gejala dan faktor sosial yang mempengaruhi

digunakan sebagai acuan untuk menganalisis fenomenafenomena yang muncul dalam dunia Komunikasi. Robert Craig seorang pakar Komunikasi mendefinisikan Komunikasi sebagai ilmu yang harus memadai untuk menjelaskan semua tentang pertukaran ...

Teori Komunikasi Individu Hingga Masa

buku ini mendaraskan teori komunikasi dalam rangkaian perbincangan sistematis dan komprehensif. Di awal perbincangan akan dipaparkan berbagai teori komunikasi dan individu serta peran komunikasi dalam kehidupan seseorang. Perbincangan tentang pesan, mulai dari perancangan, interpretasi, sampai strategi penyampaiannya dibahas di bagian selanjutnya. Dan sebagai penutup rangkaian perbincangan tersebut dihadirkan paparan berkaitan dengan komunikasi dalam kelompok hingga komunikasi pada level massa. Buku persembahan penerbit prenadaMedia -PrenadaMedia-

buku ini mendaraskan teori komunikasi dalam rangkaian perbincangan sistematis dan komprehensif.

Teori Komunikasi Kontemporer

Seorang akademisi (dosen dan mahasiswa), praktisi ilmu komunikasi harus memahami secara jelas tentang bagaimana teori komunikasi dapat diimplementasikan dalam kehidupan nyata sesuai dengan paradigma yang dilihatnya. Memahami teori komunikasi baik yang kualitatif maupun kuantitatif akan memberikan warna bagi kehidupan seorang peneliti komunikasi dalam merangkai sebuah fenomena atau kejadian dari berbagai sudut pandangnya. Namun kita harus menyadari keterbatasan dari teori. Interaksi komunikasi terdiri atas banyak cara pandang, dan teori hanya menjelaskan sebagian dari kehidupan sosial yang kompleks. Buku ini dibuat dengan suatu keinginan penulis, agar pembaca bisa memahami pentingnya teori komunikasi yang dikaji baik secara ilmiah melalui pendekatan objektif dan pendekatan interpretif yang kini menjadi banyak perhatian bagi para kaum akademisi maupun praktisi ilmu komunikasi. Buku Persembahan Penerbit PrenadaMedia

berkomunikasi” daripada “mengapa manusia berkomunikasi”. Dari perspektif agama dengan mudah dapat dijawab bahwa Tuhanlah yang mengajari manusia untuk berkomunikasi, dengan menggunakan akal dan kemampuan berbahasa yang dianugerahkannya.

Teori Komunikasi Individu Hingga Massa Ed Revisi

Sebagai individu, manusia tak bisa lepas dari lingkungan yang mengelilinginya. Interaksi antara dirinya dan lingkungan sekitar--baik dengan orang lain maupun dengan alam--terjadi secara instingtif; perwujudan dirinya sebagai makhluk sosial. Dan dalam proses tersebut, komunikasi memainkan perannya sebagai jembatan yang menghubungkan satu ujung ke ujung yang lain, sebagai penyampai pesan dan makna dari satu sumber ke sumber yang lain. Dari kacamata tersebut, buku ini mendaraskan teori komunikasi dalam rangkaian perbincangan sistematis dan komprehensif. Di awal perbincangan akan dipaparkan berbagai teori komunikasi dan individu serta peran komunikasi dalam kehidupan seseorang. Perbincangan tentang pesan, mulai dari perancangan, interpretasi, sampai strategi penyampaiannya dibahas di bagian selanjutnya. Dan sebagai penutup rangkaian perbincangan tersebut dihadirkan paparan berkaitan dengan komunikasi dalam kelompok hingga komunikasi pada level massa. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Mereka melihat komunikasi sebagai topik utama dalam setiap penelitian mereka. Perhatian mereka yang intensif terhadap aspek komunikasi di bidang mereka masing-masing berhasil memunculkan ilmu komunikasi sebagai salah satu disiplin ilmu ...

Pengantar Teori Komunikasi 2

Berkomunikasi dengan persepsi semacam ini di dalam benak mungkin akan menyebabkan beberapa orang Amerika keturunan Meksiko untuk mengakomodasinya secara negatif. Akomodasi berlebihan biasanya menyebabkan pendengar untuk memersepsikan ...

Buku Ajar Teori-Teori Komunikasi

Buku ajar Teori-Teori Komunikasi ini berisi rangkuman berbagai teori-teori komunikasi dari para ahli ilmu komunikasi. Selain itu buku ajar ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan bahan-bahan pembelajaran mahasiswa khusus di lingkungan Prodi. Ilmu Komunikasi Universitas Muhamadiyah Buton. Buku Ajar ini lebih awal melakukan pembahasan tentang Konsep Dasar Komunikasi yang berisi tentang Uraian konsep-konsep dasar komunikasi antarmanusia dipaparkan mengenai pengertian komunikasi dan pemahaman dasar mengenai komunikasi sebagai tindakan satu arah (linear), komunikasi interaksi, dan komunikasi transaksional, dan Tinjauan Dasar Dan Pemetaan Teori Komunikasi yang berisi tentang Tinjauan dasar untuk mengantarkan pemahaman mahasisiwa dalam penelitian objektif dan subjektif. Selanjutnya masuk pada bahasan tentang teori-teori dalam ilmu komunikasi, yaitu: Teori Penetrasi Sosial, Teori Pengurangan Ketidakpastian, Teori Pertukaran Sosial, Teori Penilaian Sosial, Model Kemungkinan Elaborasi, Teori Kultivasi, Teori Agenda Setting, Teori Spiral Kebisuan, Teori Uses And Gratifications, Teori Ekologi Media, Teori Pelanggaran Pengharapan, Teori Manajemen Kecemasan/Ketidakpastian Buku Ajar Teori-Teori Komunikasi ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak

Dalam proses komunikasi proses penyandian (encoding) dan penyandian-balik (decoding) bersifat spontan dan simultan di antara pihak yang terlibat proses komunikasi. Beberapa definisi yang dapat digunakan untuk memahami komunikasi sebagai ...

Teori Komunikasi Massa dan Perubahan Masyarakat

Perkembangan zaman yang semakin pesat menjadikan perubahan di masyarakat, bukan hanya sandang pangannya, tapi juga komunikasi dengan sesama. Baik itu individu dengan individu, individu dengan komunitas, atau komunitas dengan komunitas. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mengharuskan teori komunikasi mengikuti media dan teknologi yang ada, tujuannya agar bisa mewadahi dan sejalan dengan perubahan yang ada. Komunikasi massa adalah proses penyusunan sebuah pesan oleh seorang atau sekelompok orang atau organisasi yang besar lalu mengirimkannya melalui berbagai media kepada khalayak luas. Kehadiran media komunikasi modern sebagai dampak makin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi cenderung mengubah masyarakat dan mengaburkan batasan antara komunikasi antar pribadi atau komunikasi interpersonal tradisional dan komunikasi massa. Buku berjudul Teori Komunikasi Massa dan Perubahan Masyarakat ini terbagi menjadi 4 Bagian: Pengaruh Media Massa dalam Lingkup Masyarakat, Media Massa Dalam Teknologi dan Peradaban, Tingkah Laku Masyarakat dalam Bersosialisasi. Buku ini adalah kumpulan tulisan dari Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Ilmu Komunikasi.

Buku berjudul Teori Komunikasi Massa dan Perubahan Masyarakat ini terbagi menjadi 4 Bagian: Pengaruh Media Massa dalam Lingkup Masyarakat, Media Massa Dalam Teknologi dan Peradaban, Tingkah Laku Masyarakat dalam Bersosialisasi.

Teori komunikasi Interpersonal Disertai Contoh Fenomena Praktis

Buku ini secara khusus membahas tentang pemahaman teori komunikasi interpersonal. Uraian dan pembahasan dalam buku ini disajikan dengan gamblang, mudah dipahami, dan disertai contoh fenomena praktis untuk menjawab pemahaman tentang teori komunikasi yang selama ini dikeluhkan para mahasiswa. Buku ini mendeskripsikan secara detail mulai dari tokoh pemikir teori, asumsi teori, dan contoh fenomena praktis agar para pembaca dapat secara langsung menikmati hadirnya fenomena praktis yang secara langsung dikaitkan dengan teori komunikasi interpersonal. Berbagai macam teori yang ada, seperti Teori Interaksi Simbolik (Symbolic Interactionism Theory), Teori Manajemen Makna Terkoordinasi (Coordinated Management of Meaning Theory), Teori Kebohongan Antarpribadi (Interpersonal Deception Theory), dan berbagai teori lainnya disajikan secara komprehensif dan sistematis. Buku ini adalah karya akademik yang sungguh bermanfaat bagi para mahasiswa, akademisi, dan masyarakat umum yang mempelajari teori komunikasi, khususnya komunikasi interpersonal. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Sifat Suatu Hubungan Bergantung pada Bagaimana Kedua Pihak Menafsirkan Rangkaian Komunikasi. 4. Semua komunikasi mengandung aspek simetris dan komplementer. Asumsi yang pertama menjelaskan bahwa seseorang tidak dapat tidak berkomunikasi ...

Teori Komunikasi Umum dan Aplikasinya

Penulisan buku ini diperuntukkan bagi para mahasiswa yang mengambil program studi Ilmu Komunikasi, sekaligus ingin mengetahui lebih jauh perbedaan antarteori dan aplikasinya. Komunikasi sebagai salah satu fenomena sosial di masyarakat sering kali mengalami banyak masalah. Komunikasi dikatakan sebagai “budaya tertua” karena sejak manusia hadir di dunia proses komunikasi sudah dilaksanakan. Buku ini mengulas teori komunikasi secara umum, disertai dengan pengaplikasian teori-teori yang dibahasnya. -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- Buku ini membahas tentang teori-teori komunikasi pada umumnya yang mudah dipahami dan disampaikan dengan sederhana dan disertai contoh. Bagi para pembaca yang belum mengenal tentang komunikasi serta teori-teorinya, sebaiknya membaca dan memiliki buku ini. Semoga buku ini dapat memperkaya khazanah ilmu pengetahuan bagi para pembaca. Maju terus dunia ilmu, semoga buku ini bermanfaat bagi bangsa dan masyarakat Indonesia. Prof. Dr. Dadang Suganda, M.Hum. Ketua Komisi Pengembangan Akademik, Senat Akademik Universitas Padjadjaran Buku ini mengajak pembaca untuk memahami komunikasi dan ilmu komunikasi yang merupakan inti fenomena sosial penggerak peradaban. Penggambaran fenomena komunikasi dalam buku ini menjadi semakin menarik karena penulis menggambarkannya dengan dinamis dalam kemasan bahasa yang renyah. Letkol Inf Dr. Harlansyah, M.Si. Perwira Menengah di Kodam III Siliwangi dan Dosen Ilmu Komunikasi/Humas di beberapa universitas di Bandung Buku inilah yang membantu saya untuk lebih mengerti dalam mengaplikasikan bagaimana berkomunikasi antarpribadi atau kelompok yang tepat sasaran. Buku ini ditulis dengan tata kata yang jelas dan mudah dipahami. Membaca buku ini menambah pengetahuan yang saya perlukan dalam pekerjaan saya. Ismail Basari, S.T. South East Asia HSE&S Manager Akzo Nobel Decorative Paints

Proses Komunikasi Kelompok 5. Kepemimpinan dalam Kelompok 6. Teori-Teori Komunikasi ... 29 34 53 54 56 59 BAB III KOMUNIKASI ORGANISASI ............................................ 1. Pengertian dan Pentingnya Komunikasi Organisasi ...