Sebanyak 95 item atau buku ditemukan

Statistika Pendidikan (Konsep Sampling dan Uji Hipotesis)

Buku ajar ini disusun agar pembaca mendapatkan wawasan terkait statistika pendidikan, terutama tentang konsep sampling dan uji hipotesis. Buku ajar ini memiliki beberapa perbedaan dibanding buku ajar statistika pendidikan yang lain. Pertama, buku ini memiliki menyajikan tentang konsep statistika, sehingga pembaca memahami perbedaan statistik dan statistika. Penyajian bab selanjutnya akan ada pembahasan tentang variabel, data, teknik sampling, teknik penyajian data, ukuran data, serta macam-macam uji hipotesis. Perbedaan kedua, adalah penyajian yang ringkas namun jelas disertai beberapa contoh, khususnya bagi dunia pendidikan.

Buku ajar ini disusun agar pembaca mendapatkan wawasan terkait statistika pendidikan, terutama tentang konsep sampling dan uji hipotesis.

Statistika Pendidikan

Buku statistik ini berisikan ringkasan materi yang telah disusun ulang secara sistematis dari buku-buku statistika, statistik deskriptif, dan statistik induktif agar mahasiswa memiliki bekal dan kemampuan dalam menyajikan data secara baik dalam aktivitas ilmiah, khususnya dalam menyusun laporan penelitian atau laporan tugas akhir. Selain materi dan bahan ajar, buku ini juga dilengkapi dengan contoh soal dan penyelesaiannya agar mahasiswa mampu menangkap intisari keilmuan sesuai dengan capaian pembelajaran yang diharapkan, serta disediakan beberapa soal sebagai bahan latihan mandiri. Rangkuman materi juga disajikan pada akhir setiap bab sehingga diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam mengingat kembali materi-materi yang sudah dipelajarinya.

Buku statistik ini berisikan ringkasan materi yang telah disusun ulang secara sistematis dari buku-buku statistika, statistik deskriptif, dan statistik induktif agar mahasiswa memiliki bekal dan kemampuan dalam menyajikan data secara baik ...

Statistika Pendidikan

Pendekatan Berbasis Kinerja

Buku teks ini disusun di tengah-tengah kegelisahan penulis tentang kurangnya pemahaman dasar tentang statistika udi bidang ilmu pendidikan di kampus tempat penulis bekerja. Statistika sebagai ilmu bantu dalam ilmu pendidikan berperan bagai pisau untuk menganalisis gejala perilaku belajar; menilai ada atau tidak adanya hubungan dan atau pengaruh satu gejala terhadap gejala lain; menganalisis hasil percobaan perlakuan dalam setting pembelajaran. Pemahaman tentang ilmu statistika adalah dasar bagi para calon guru, mengingat statistika juga mengajarkan tentang bagaimana pengukuran pendidikan harus memenuhi syarat korespondensi, kebenaran yang didukung bukti dari lapangan. Meskipun perangkat lunak pengolah data dan statistik banyak beredar, tetapi masih perlu diajarkan bagiamana jalannya proses perhitungan sehingga mahasiswa dapat mengetahui suatu pengujian hipotesis dapat diberlakukan. Perangkat lunak tidak memberikan kesempatan pemahaman seperti itu. Buku statistik yang lebih rigit juga ada, tetapi tidak bersifat praktis. Pendekatan buku-buku statistik hanya cocok untuk mahasiswa di jurusan matematika atau sekolah tinggi ilmu statistik. Mahasiswa di bidang pendidikan, membutuhkan buku statistik yang praktis, tetapi tidak mereduksi pemahaman proses pengujian. Buku teks Statistika Pendidikan: Step By Step ditulis untuk mengisi ruang kosong yang tidak dapat diisi oleh perangkat pengolah data dan buku statistika yang beredar. Buku ini dapat dianggap sebagai panduan praktis yang mudah dipahami oleh mahasiswa pendidikan. Sebagai bagian dari model pembelajaran berbasis kinerja (outcomes-based learning), buku ini dilengkapi dengan latihan-latihan praktis pengujian hipotesis: korelasi, komparasi, dan regresi, tiga jenis analisis inferensial yang banyak digunakan. Dengan pembelajaran berbasis kinerja melalui tugas terstruktur, dosen akan mampu mewujudkan prinsip mastery learning. Terakhir, tujuan dari penulisan buku ini dan dengan dijadikan buku teks untuk mata kuliah Statistika Pendidikan, juga akan mempermudah mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi dengan metode penelitian kuantitatif.

Buku teks Statistika Pendidikan: Step By Step ditulis untuk mengisi ruang kosong yang tidak dapat diisi oleh perangkat pengolah data dan buku statistika yang beredar.

Statistika Pendidikan

Buku ini disusun untuk membantu mahasiswa ataupun peneliti pendidikan dalam memahami statistika pendikan. Dalam penyusunan Buku ini, penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang dengan tulus turut membantu pelaksanaan penyusunan buku ini, disampaikan ucapan terima kasih yang mendalam. Semoga buku ini bermanfaat bagi mahasiswa dan para pembaca yang berminat mempelajari Statistika Pendidikan.

Semoga buku ini bermanfaat bagi mahasiswa dan para pembaca yang berminat mempelajari Statistika Pendidikan.

STATISTIKA PENDIDIKAN EDISI KEDUA (DENGAN STATISTIKA AL-QUR'AN)

Buku ini memiliki beberapa perbedaan dibanding buku statistika lainnya yang berbahasa Indonesia. Pertama, buku ini memiliki ruang lingkup dari konsep statistika hingga macam-macam data dan probabilitas yang terbagi menjadi dua belas bab. Bab tersebut dimulai dari statistika deskriptif, konsep dan macam-macam data, dan probabilitas. Kedua, penyajian dalam buku ini ringkas dan jelas. Dibandingkan dengan lingkup materinya, buku ini tergolong tipis, jelas dan lugas. Hal ini dapat dilihat dari beberapa hal penting dalam buku ini, seperti teori dasar statistika dan penggunaannya. Teori tersebut diharapkan cukup membekali pembaca khususnya pemula untuk memahami dan menyelesaikan persoalan-persoalan statistika dalam kehidupan sehari-hari dengan benar. Ketiga, dalam bab terakhir dalam buku ini adalah hal yang paling membedakan dari semua buku statistika yang berbahasa Indonesia, yaitu adalah materi tentang Statistika Al-Qur’an.

Buku ini memiliki beberapa perbedaan dibanding buku statistika lainnya yang berbahasa Indonesia.

STATISTIKA: Teori dan Aplikasi Pendidikan

Statistika memiliki peranan penting dalam banyak bidang, terutama dalam penelitian-penelitian ilmiah, maupun penerapannya di bidang pendidikan. Dalam banyak hal, pengolahan dan analisis data senantiasa membutuhkan penerapan metode statistik tertentu, yang mana penggunaannya memberi dasar penjelasan yang logis mengenai hubungan-hubungan yang terdapat antara variabel-variabel yang menjadi kajian.

Statistika memiliki peranan penting dalam banyak bidang, terutama dalam penelitian-penelitian ilmiah, maupun penerapannya di bidang pendidikan.

Statistika dalam Penjas Aplikasi Praktis dalam Penelitian Pendidikan Jasmani

Statistik menurut Susetyo (2010:3) adalah sekumpulan data, yang berupa bilangan atau bukan bilangan disusun dalam bentuk tabel, diagram atau grafik yang menggambarkan suatu persoalan. Misalnya saja gambaran suatu keadaan atau persoalan di lingkungan kita, mengenai statistik angka kelahiran pertahun, angka kematian, jumlah penduduk yang memiliki kualifikasi pendidikan S-1 dan lain sebagainya. Data tersebut bisa digambarkan melalui diagram atau grafik sehingga bisa memberikan kejelasan data kepada yang melihat atau yang membaca. Sejalan dengan pendapat Sudjana (1996:3) bahwa statistik dipakai untuk menyatakan ukuran sebagai wakil dari kumpulan data mengenai sesuatu hal. Data-data tersebut bisa berupa fakta, benda, manusia atau lainnya. Statistik didefinisikan dari American Statistic Association (ASA) oleh Ben-Zvi, Makar, & Garfield (2018:6) adalah ilmu pengetahuan tentang belajar suatu data, pengukuran, pengontrolan dan komunikasi terhadap hal-hal yang belum pasti. Artinya ilmu yang mempelajari tentang pengambilan suatu data hingga menyimpulkan hal-hal yang masih perlu pembuktian. Buku Statistika dalam Penjas Aplikasi Praktis dalam Penelitian Pendidikan Jasmani ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya..

Buku Statistika dalam Penjas Aplikasi Praktis dalam Penelitian Pendidikan Jasmani ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Statistika Pendidkan

Buku Statistika Pendidikan ini memberikan pemahaman metode penelitian tentang bagaimana menentukan dan memahami situasi atau fenomena atau data-data pendidikan, serta mampu menjelaskan dalam bentuk deskriptif maupun inferensia. Untuk mamaksimalkan pemahaman pembaca, maka buku ini dilengkapi dengan konsep, prinsip, prosedur, dan contoh-contoh yang variatif dalam dunia pendidikan. Dengan terbitnya buku ini, diharapkan menambah referensi dan memperkaya khasanah keilmuan dalam Metode Statistika khususnya bidang pendidikan.

Buku Statistika Pendidikan ini memberikan pemahaman metode penelitian tentang bagaimana menentukan dan memahami situasi atau fenomena atau data-data pendidikan, serta mampu menjelaskan dalam bentuk deskriptif maupun inferensia.