Sebanyak 1 item atau buku ditemukan

Optimalisasi Reputasi Perusahaan Melalui Kinerja Layanan Hotel Di Industri Hospitalitas

Penerbit Selaras Media Kreasindo

Reputasi perusahaan menggambarkan posisi perusahaan yang berbeda atau lebih unggul dari pesaing. Keunggulan daya saing merupakan hasil dari kinerja produk atau perusahaan. Kinerja suatu produk/layanan jika memenuhi nilai bagi pelanggan memberikan reputasi bagi perusahaan. Pada produk jasa, nilai akan terpenuhi apabila manajemen suatu perusahaan memiliki komitmen manajemen pada mutu layanan dan layanan staf yang berorientasi pada pelanggan (Customer Orientation to Service Employee/COSE). Manajemen yang berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang bermutu pada pelanggan, akan memberikan dukungan pada setiap kebutuhan pengembangan layanan yang menyertai produk perusahaan, agar produk selalu memenuhi harapan pelanggan yang terus berkembang seiring perkembangan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan MCSQ, COSE, nilai pelanggan, kinerja layanan dan reputasi hotel; menganalisis pengaruh MCSQ, COSE, dan nilai pelanggan terhadap kinerja layanan; menganalisis pengaruh MCSQ, COSE, dan nilai pelanggan terhadap reputasi hotel; menganalisis pengaruh kinerja layanan terhadap reputasi hotel dan menganalisis pengaruh MCSQ, COSE, dan nilai pelanggan terhadap reputasi hotel melalui kinerja layanan pada Hotel Bintang 4 di Kota Bandung. Populasi penelitian adalah tamu hotel yang menginap di hotel Bintang 4 di Kota Bandung berjumlah 2.536, dengan berpedoman Slovin diperoleh jumlah sampel sebanyak 189 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis deksriptif statistik dan structural equation modeling.

Reputasi perusahaan menggambarkan posisi perusahaan yang berbeda atau lebih unggul dari pesaing.