Sebanyak 643 item atau buku ditemukan

Pembelajar & pelayan: Di sekitar iman, teknologi, pendidikan, dan pelayanan gerejawi

On theology and Christian living in community development in Indonesia; festschrift in honor of Jonathan Parapak, former director of Indosat, a state-owned corporation.

On theology and Christian living in community development in Indonesia; festschrift in honor of Jonathan Parapak, former director of Indosat, a state-owned corporation.

MOTIVASI, KOMPETENSI, DAN PENGUASAAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA KEPUASAN KERJA DAN KINERJA DOSEN

Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan di bidang akademisi. Untuk memudahkan pembaca dalam memahaminya, penulis menyusun buku ini dalam menjadi 5 BAB. Dengan adanya buku ini, diharapkan dapat membantu proses pembelajaran dalam memperluas dan memperdalam pengetahuan untuk melakukan pengkajian pada bidang akademisi. Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan buku ini masih terdapat beberapa kekurangan dan masih perlu penyempurnaan. Oleh Karena itu, penulis sangat mengharapkan kritik dan saran dari berbagai pihak demi perbaikan selanjutnya.

Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan di bidang akademisi.

Ekstraksi Lemon (Citrus Limon) Menggunakan Teknologi Ultrasound Assisted Extraction untuk Peningkatan Imunitas Ibu Nifas

Pentingnya dalam menjaga imunitas tubuh, terutama pada ibu nifas. Ibu nifas secara fisiologis mengalami inflamasi, inflamasi yang terjadi pada ibu berdampak secara langsung pada kehidupan bayinya. Antibodi ibu juga dapat memengaruhi kemampuan neonatus untuk meningkatkan respons imun yang disebut sebagai interferensi antibodi ibu. Imunitas pada ibu nifas dinilai penting karena berhubungan dengan kualitas hidup sang ibu. Komponen utama pertahanan pertama bayi terhadap berbagai patogen yang dapat mereka temui adalah antibodi ibu yang ditransfer secara pasif melalui ASI. ASI memperluas pengaruh kekebalan ibu ke periode pascanatal. Imunologi yang paling banyak di dalam komponen dalam ASI adalah antibodi. Sehingga penting dalam meningkatkan imunitas ibu nifas demi kesejahteraan ibu dan bayi pada periode menyusui. Flavonoid diketahui dapat meningkatkan aktivitas proliferasi limfosit secara in vitro, sehingga berpotensi sebagai agen imunomodulator. Buah lemon diketahui memiliki kandungan flavonoid yang dapat menghasilkan anti-virus, imunomodulator, dan antioksidan. Konsumsi air lemon yang memiliki efek meningkatkan sistem imun tubuh dalam melawan virus dan bakteri. Flavonoid juga diketahui memiliki antioksidan karena kemampuan senyawa fenolik untuk membentuk ion fenoksida dengan mendonorkan H+ion dan kemudian mengikat radikal bebas. Teknik ekstraksi kandungan lemon yang ada masih bersifat tradisional, sehingga dapat menghilangkan beberapa zat penting dalam tanaman. Untuk itu, perlu sebuah metode optimasi ekstraksi lemon yang komprehensif agar kandungan nutrisi tidak banyak hilang. Teknologi machine learning terbukti telah banyak digunakan untuk proses optimasi salah satunya Ultrasound Assisted Extraction (UAE). Pemanfaatan Ultrasound Assisted Extraction (UAE) sebagai teknologi ekstraksi memiliki kelebihan dalam mempercepat waktu produksi, menghemat energi, meningkatkan kualitas bahan, dan mempercepat proses kimia. Buku ini hadir untuk memberi pengetahuan mengenai khasiat lemon untuk meningkatkan imunitas. Penulis membahas mulai konsep dasar masa nifas, pengertian imunitas, buah lemon, teknik ekstraksi lemon menggunakan teknologi Ultrasound Assisted Extraction. Buku ini sangat cocok untuk para dosen, mahasiswa, dan praktisi yang tertarik menggunakan teknologi kesehatan.

Pentingnya dalam menjaga imunitas tubuh, terutama pada ibu nifas.

Berita ilmu pengetahuan dan teknologi

Hadir dalam Ekspose dan Pameran LIPI 1989 ini antara lain para pengusaha industri , wakil dari perbankan , wakil dari Badan Usaha Milik Negara , para pejabat instansi pemerintah serta anggota Komisi X DPR RI .

PERPUSTAKAAN BERKEMBANG Perkembangan Dalam Informasi Budaya dan Teknologi Perpustakaan, Kepustakawan dan Perannya - Jejak Pustaka

Buku Perpustakaan Berkembang diterbitkan sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan informasi bagi para pembaca untuk mengetahui dunia perpustakaan. Tujuannya untuk mengetahui pustakawan sebagai penyedia informasi, pengembangan keterampiilan pustakawan, perpustakaan dalam perannya melestarikan nilai budaya bangsa, perkembangan perpustakaan dan dampaknya bagi sosial budaya, dan peran perpustakaan dalam menciptakan budaya literasi.

Sebagai contoh dalam dunia bisnis perbankan saat ini, keunggulan maupun keberhasilan sebuah bank terutama perbankan swasta banyak sekali didukung oleh teknologi informasi. Penggunaan teknologi informasi dalam setiap aktivitas lembaga ...

APMOL: MEDIA TEKNOLOGI GEOMETRI MOLEKUL BERBASIS AUGMENTED REALITY DAN JMOL

Perkembangan sains dan teknologi pada masa perkembangan pendidikan 2005-2010 berdasarkan UNESCO Science Report 2010, menyatakan kunci kesuksesan suatu bangsa tergantung kepada sumber daya manusia dalam menguasai saintek (Sari, 2012). Penguasaan pendidikan sains menciptakan peserta didik yang berpikir kritis, kreatif, logis, dan berinisiatif, dan merupakan sebagai wadah untuk lebih mengenal diri sendiit dana lam dalam mengatasi segala isu yang ada dimasyarakat. (Permanasari, 2016) Hasil studi PISA (Program of International Student Assessment) pada tahun 2018, menunjukkan bahwa pendidikan sains baru menduduki peringkat 70 dari 78 negara. Indonesia membutuhkan perbaikan dalam berbagai aspek, salah satunya dengan penerapan metode visual thinking dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan, salah satunya dalam ilmu kimia. Siswa STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) menganggap ilmu kimia menjadi pelajaran yang paling sulit dipahami (Johnstone 2000: 9). Kesulitan dalam mempelajari ilmu kimia terkait pada ciri ilmu kimia itu sendiri, karena memiliki gambaran abstrak, sifat yang beruntun, dan perkembangan yang sangat pesat, serta merupakan penyederhanaan dari berbagai ilmu lainnya (Sirhan 2007 : 2). Pemahaman tidak hanya didapatkan di kelas maupun percobaan di laboratorium, dibutuhkan animasi dalam bentuk 2D atau 3D untuk mendeskripsikan fenomena secara molekuler (Irwansyah, et al. 2018: 1). Kemampuan imajinatif pelajar masih terbatas dan sulit untuk mendapatkan bayangan mengenai partikel seperti atom dalam menyusun zat (Cai, Wang, and Chiang 2014 : 31). Kurangnya kemampuan visual yang dialamai siswa dalam memahami konsep molekul dalam menggambarkan pada tingkat submikroskopik. Materi geometri molekul membutuhkan visualisasi yang baik, dalam memahaminya. Geometri molekul mempelajari bahaiman suatu atomatom dalam membentuk molekul. Geometri molekul merupakan konsep abstrak dengan contoh konkrit. Konsep geometri molekul sukar diajarkan baik di dalam kelas maupun di laboratorium, sehingga penggambaran secara molekular menggunakan animasi-animasi dibutuhkan dalam menjelaskan konsep tersebut Augmenter Reality (AR) merupakan perkembangan dari Virtual Reality (VR). Tidak seperti VR, AR menyediakan hubungan yang tidak terbatas untuk pengguna yang menggabungkan dunia nyata dan dunia maya. Kamera dibutuhkan sebagai jembatan antara dunia virtual dan nyata. Kamera akan mendeteksi markers (penanda) dan kemudian menyajikan adegan yang dikenal dari markers dan menampilkan objek virtual yang terkait pada layar perangkat yang digunakan (Cai, Wang, and Chiang 2014 : 31). Augmented Reality merupakan media teknologi yang dipakai dalam pembelajaran misalnya dalam pembelajaran kimia. Pembelajaran kimia pada konsep abstrak dengan contoh konkrit tidak mudah dilakukan baik di kelas ataupun di laboratorium. Meskipun fenomena dalam konsep dapat diamati secara visual, tetapi untuk penjelasan lebih lanjut, diperlukan animasi untuk menggambarkan fenomena tersebut secara molekuler. Fenomena molekuler yang dimaksud adalah model visualisasi objek 3D yang menggambarkan suatu struktur baik secara fisik maupun kimia sebagai seberapa kuat ikatan antar atom, atau menggambarkan ikatan antara molekul dan lain sebagainya dan memiliki informasi yang jelas dan tepat yang terkandung dalam suatu alat atau sering disebut media pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan selain untuk membangun visualisasi di tingkat molekuler juga mampu beradaptasi dengan materi baik berupa kata-kata, gambar, atau animasi. Penggunaan media sebagai alat bantu dalam pembelajaran sudah menjadi hal yang sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran baik di luar maupun di dalam kelas. Dan media tersebut sering digunakan oleh banyak orang seperti penggunaan Microsoft PowerPoint, dan media konvensional lainnya, namun teknologi tersebut hanya teknologi menempatkan peserta didik sebagai elemen pasif dalam proses pembelajara. Teknologi yang lebih maju diperlukan untuk menghasilkan proses pembelajaran yang interaktif. Salah satu teknologi yang paling berkembang Augmented Reality. Teknologi AR sendiri dapat diimplementasikan secara luas di berbagai media pembelajaran, baik sebagai aplikasi di smartphone, dalam pemberian suatu produk, bahkan media cetak seperti buku, majalah, atau surat kabar, sehingga memudahkan pengguna dalam hal alat dan fasilitas karena orang dapat menghasilkan media pembelajaran yang sangat menarik dengan biaya yang murah. Salah satu keunggulan AR teknologi yang dapat digunakan dalam pembelajaran yang mampu memberikan visualisasi 3D dan dapat digunakan dalam smartphone berbasis android yang berbeda digunakan oleh siswa. Dengan dua fitur dasar ini, AR dapat digunakan dalam pembelajaran kimia yang membutuhkan visualisasi yang baik, sehingga konsep kimia menjadi dipahami sama utuhnya dengan konsep geometri molekul, yaitu bentuk geometri molekul terdiri dari ruang tiga dimensi atom dalam molekul. (Irwansyah et al., 2018: 1) Augmented Reality dapat dimanfaatkan untuk memudahkan pemahaman terutama dalam geometri molekul maupun memahami komposisi zat. Pada pemahaman ilmu kimia ada beberapa metode yang digunakan dalam menggambarkan bentuk molekul, antaranya 2-D drawing, dash wedge drawings, handheld models, dan computer models. Pemanfaatan augmented reality dengan computer models memberikan peningkatan pada nilai siswa (Setiahadi, Setyati, and Setiawan 2017 : 85). APMOL merupakan media teknologi yang peneliti tawarkan dalam pembelajaran Geometri Molekul sebagai media yang mengkonkretkan sesuatu yang abstrak, yang sangat dibutuhkan saat ini dan yang akan datang dalam menjawab kesulitan belajar. Buku ini disusun sebagai bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang penelitian.

Perkembangan sains dan teknologi pada masa perkembangan pendidikan 2005-2010 berdasarkan UNESCO Science Report 2010, menyatakan kunci kesuksesan suatu bangsa tergantung kepada sumber daya manusia dalam menguasai saintek (Sari, 2012).

Ilmu pengetahuan, teknologi & pembangunan bangsa

menuju dimensi baru pembangunan Indonesia

Application of science and technology on national development, and impact on socio-economic conditions in Indonesia; collected articles.

Tapi tidak bergulir , dalam arti , ti- dak ada inisiatif dari perbankan pemerintah atau swasta na- sional untuk siap mendukung penjaulan produk BPIS de- ngan fasilitas kredit dari bank kita . Kendati demikian , tidak berarti BUMNIS rugi ...

Pengambilan keputusan dan adopsi teknologi budidaya udang

Pattern of decision making on the implementation of shrimp culture technology in Indonesia.

Tabel 20 menunjukkan bahwa 80 % responden pembudiaya mendapat kesulitan dalam mengakses modal ke perbankan . Sedangkan 20 % responden menyatakan agak sulit untuk mendapatkan modal dari perbankan . Keadaaan ini tidak Tabel 20.

Tiga pilar pengembangan wilayah, sumberdaya alam, sumberdaya manusia, teknologi

Analysis of rural technology, natural and human resources related to the regional development system in Indonesia; collection of articles.

Pembinaan dan pengembangan potensi SDM ( kewirausahaan , kemampuan , dan ketrampilan SDM ) . Pembinaan dan pengembangan permodalan . ( 2 ) . Kelompok Kerja Pembinaan dan Pengembangan Infrastruktur ( Pokja Binbang Infrastruktur ) ...

Research di Indonesia: Bidang teknologi dan industri

Selama mahasiswa dilatih di - tempat2 pendidikan jang tak ada research - nja , maka sardjana jang akan dihasilkan tidak akan memuaskan . Pendidikan ahli2 jang kemudian akan berketjimpung dalam alam research dan ahli2 jang disebut ...