Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Model pengembangan karakter toleran efektif dapat meningkatkan kesadaran bertoleransi siswa. Para guru pada umumnya memiliki kompetensi untuk bisa menyampaikan pembelajaran IPS menggunakan model pengembangan karakter toleran ini. Hal ini dibuktikan oleh kenaikan prestasi hasil belajar siswa dan suasana kelas yang kondusif menyenangkan bagi siswa selama pembelajaran berlangsung. Suasana kelas yang kondusif mencerminkan bahwa perangkat pembelajaran dapat diterapkan oleh guru dengan baik dan pembelajaran menggunakan model yang dikembangkan ini menjadi lebih menarik. Keunggulan model ini adalah pada tujuan pembelajaran, di mana aspek afektif menjadi target utama, aspek kognitif dan aspek psikomotor menjadi faktor pendukung
Bagi kebanyakan wirausahawan, mendapatkan ide untuk membuka suatu bisnis tidaklah sulit. Akan tetapi, keberhasilan usaha membutuhkan lebih dari sekadar gagasan bisnis yang bagus. Suatu ide bisnis haruslah diikuti dengan melakukan analisis kelayakan untuk menentukan apakah ide tersebut dapat diubah menjadi suatu usaha yang realistis dan berkelanjutan. Analisis kelayakan (feasibility analysis) adalah proses menentukan apakah suatu ide bisnis yang baru dapat bertahan menjadi sebuah usaha yang sukses. Tujuannya adalah untuk menentukan apakah ide bisnis tersebut layak diwujudkan atau tidak. Jika ide bisnis tersebut tergolong layak, maka langkah berikutnya adalah menyusun rencana bisnis yang solid (unggul) untuk mengeksploitasi ide tersebut.
Laporan keuangan yang dimaksud adalah laporan laba rugi, neraca (laporan posisi keuangan) dan laporan arus kas. Perkiraan yang dibuat harus mencakup ...
Bahwa penyiaran Islam di Indonesia itu dilakukan dengan cara damai . 6. Bahwa
kedatangan Islam ke Indonesia itu membawa kecerdasan dan peradaban yang
tinggi dalam membentuk kepribadian bangsa Indonesia . 7. Bahwa sebuah ...
... Mataram dan Majapahit yang meninggalkan sisa - sisa peradaban yang
bercorak keagamaan Hindu dan Budha . ... di berbagai daerah di Indonesia telah
tumbuh kerajaan - kerajaan lokal yang bercorak Islam , yang memberi ciri - ciri ...
Sejarah Ringkas Penganjur Agama Islam di Sinjai , Naskah 1981 , Selayang
Pandang Sejarah Perkembangan icrajaan ... Depërtener Pendidikan dan
Kebudayaan , Muttalib Abd . Drs , Laporan Pengumpulan moto Zenin salan
Sejarah dan ...
Seperti belum lama ini 30 peserta pelatihan kewirausahaan pemuda tani dari berbagai daerah sempat magang di Pusdiklat ini . Mereka pada umumnya sangat terkesan akan penerapan teknologi tersebut . Sebagaimana diungkapkan peserta dari ...
Problem solving skill adalah keterampilan yang penting bagi manusia. Dalam kehidupannya, manusia pasti selalu berhadapan dengan masalah. Di era abad 21, keterampilan penyelesaian masalah sangat dibutuhkan. Hal ini sejalan dengan outcome pembelajaran abad 21 yang dikenal dengan keterampilan abad 21 dan sering disebut keterampilan 4C. Keterampilan yang dibutuhkan di era abad 21, yaitu: 1) berpikir kritis dan inovasi, 2) komunikasi, 3) kolaborasi, dan 4) kreativitas (Framework for 21st Century Learning, n.d.). Problem solving skill merupakan keterampilan penting yang harus dimiliki oleh siswa. Berikut ini gambar outcome pembelajaran abad 21.