Sebanyak 102 item atau buku ditemukan

Filsafat pendidikan Islam

tinjauan pemikiran al-Attas dan relevansinya dengan pendidikan di Indonesia

Thoughts of Syed Muhammad Naquib al-Attas on philosophy of Islamic education and its relevance to education in Indonesia.

Pendalaman Ilmu Tafsir di PTAI Non Tafsir

Buku ini mengupas bagaimana pendalaman ilmu tafsir di Perguruan Tinggi Islam non tafsir

Buku ini mengupas bagaimana pendalaman ilmu tafsir di Perguruan Tinggi Islam non tafsir

Gerakan ekonomi perempuan sebagai basis ekonomi rakyat

sebuah refleksi pengalaman lapang

Women as enterpreneurs and their role in economic development, Indonesia; collection of articles.

Women as enterpreneurs and their role in economic development, Indonesia; collection of articles.

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multietnik

Buku ini memaparkan tentang keunikan kondisi suatu sekolah dengan keragaman etnik dan budaya, namun dibalut dengan toleransi yang tinggi terhadap seluruh anggota warga sekolah sehingga menghasilkan proses pendidikan yang nyaman dan lingkungan yang harmonis serta keberhasilan dalam pendidikan agama Islam yang diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. #Pembelajaran #Pendidikan #Agama #Islam #Berbasis #Multietnik #Mahfud #Abdul #Mujib #Agus #Kurniawan #Yuyun #Yunita #Deepublish

Al-Islam Studi Al-Qur’an (Kajian Tafsir Tarbawi)

Ilmu sudah menjadi kata Indonesia sehari-hari, Dalam bahasa Jawa juga dikenal dengan istilah ngelmu. Keduannya berasal dari kata yang sama, ilm kata yang berasal dari bahasa Arab. Dalam pengertian seharihari, yang pertama berkaitan dengan pengetahuan umum, sedangkan yang kedua dengan soal-soal kebatinan. Tapi, apakah “ilmu” yang padanannya dalam bahasa Inggris adalah science, dalam bahasa Jerman wissenschaft dan dalam bahasa Belanda wetenschaf itu? Jawabannya ternyata tidak satu. Pada umumnya, ilmu didefinisikan sebagai jenis pengetahuan, tapi bukan sebarang pengetahuan, melainkan pengetahuan yang diperoleh dengan cara-cara tententu berdasarkan kesepakatan di antara para ilmuan. Ilmu ini pada umumnya dibagi menjadi tiga bidang: ilmu-ilmu pasti dan alam, ilmu-ilmu sosial, dan humaniora. Di antara ketiganya, yang benarbenar diakui paling “ilmiah” atau benar-benar science adalah yang pertama, walaupun dalam tradisi Jerman umpamanya, yang disebut wissenschaft termasuk juga sastra dan sejarah. Pandangan di atas tampak juga di Indonesia. Sebagian orang, terutama dari kalangan ilmu-ilmu eksakta dari ITB dan IPB, karena tidak puas dengan terjemahan yang ada, menerjemahkan science dengan “sains” dan bukannya “ilmu pengetahuan” seperti yang lazim berlaku.

PENDIDIKAN. I. Ayat ا فِ اوهقفتلَ ةفئاط مهنم ةقرف كُ نم رفن لاولف ةفكَ اورفنلَ نونمؤملا نكَ امو نيلد نورذيح مهلعل مهلَإ اوعجر اذإمهموق اورذنلَو Artinya: “Tidak sepatutnya bagi mu'min itu pergi ke medan perang semuanya, mengapa tidak ...

Laporan Sub Proyek Monitoring/Evaluasi Beasiswa

surat keputusan Menteri P. & K. no. 0192/K/1975 (sampai dengan tanggal 31 Maret 1976).

surat keputusan Menteri P. & K. no. 0192/K/1975 (sampai dengan tanggal 31 Maret 1976). Indonesia. Direktorat Pembinaan Sarana Akademis. Sub Proyek Monitoring/Evaluasi Beasiswa.

Fiqh Indonesia dalam tantangan

Implementation of fiqh, Islamic law in Indonesia; collection of articles.

Dalam kitab al - Risalah diceritakan , di waktu ia ( Imam Syafi'i ) ditanya apakah itu ijtihad , ia menjawab : " Ijtihad itu adalah kiyas “ . Dalam perkembangannya , Imam al - Ghazali , seorang ahli Usul - Fiqh dalam kalangan Syafi'i ...