Aktivitas bisnis saat ini berkembang sangat cepat dan dinamis. Dalam konteks hukum Islam, manusia memang diberi ruang kebebasan untuk mengembangkan model mu’amalah. Implikasi dari kebebasan dalam hal mu'amalah adalah kebebasan dalam inovasi pengembangan model akad dan produk. Namun demikian, pengembangan tersebut harus tetap berada pada koridor syari'at dan landasan hukum yang jelas dari perspektif fiqih. Buku Fiqih Mu'amalah Kontemporer ini membahas berbagai teori akad dan transaksi dalam mu'amalah kontemporer. Kajian dalam buku ini bersumber dari berbagai buku fiqih, baik klasik maupun kontemporer. Selain itu, kajian dalam buku ini dilengkapi dengan perspektif aturan hukum yang berlaku di Indonesia, khususnya Kompilasi Hukum Ekonorni Syariah (KHES) Lebih dari itu, kajian teoretis ini kemudian disertai dengan pembahasan praktik atau implementasi akad yang terjadi dalam Lembaga Keuangan Syariah saat ini. Kehadiran buku ini diharapkan dapat memberi tambahan wawasan kepada para intelektual, khususnya mereka yang concern terhadap kajian Fiqih Mu’amaIah. Memang sudah banyak buku dan kajian mengenai Fiqih Mu'amalah, namun buku ini berbeda. Penulis mampu mengontekskan kajian fiqih mu’amalah dalam kitab-kitab klasik dari perspektif berbagai mazhab dengan praktik mu'amalah yang berkembang saat ini. Kekayaan referensi dan ketajaman analisis yang penulis tuangkan dalam buku ini tentu akan memberi pencerahan kepada para mahasiswa, dosen dan pra praktisi dalam bidang mu’amalah kontemporer.
Banyak sumber belajar (learning resources) yang dapat dijadikan bahan kajian dalam pelaksanaan pembelajaran, baik yang berupa cetakan (hard copy) maupun bukan cetakan (soft copy) yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, namun keduanya saling melengkapi. Untuk memperkaya bahan bacaan atau referensi dalam pembelajaran, penulis sajikan sebuah buku dengan judul Pendidikan dan Profesi Keguruan dalam Membangun Sumber Daya Manusia (SDM). Pendidikan dan guru ibarat dua sisi koin yang satu sama lain saling membutuhkan dan tidak dapat dipisahkan.
Untuk memperkaya bahan bacaan atau referensi dalam pembelajaran, penulis sajikan sebuah buku dengan judul Pendidikan dan Profesi Keguruan dalam Membangun Sumber Daya Manusia (SDM).
Buku “Pengembangan Profesi Keguruan pada Era Revolusi Industri 4.0” yang ditulis oleh Novan Ardy Wiyani sangat cocok untuk dibaca para calon guru di masa mendatang, terutama bagi mahasiswa ilmu pendidikan yang tengah menempuh mata kuliah Pengembangan Profesi Keguruan. Sinopsis Buku Buku ini memberikan bekal pengetahuan dan pemahaman kepada para mahasiswa terkait dengan konsep-konsep pada profesi keguruan. Dengan bekal pengetahuan dan pemahaman tersebut kemudian mahasiswa diarahkan untuk melakukan analisis terhadap konsep-konsep tersebut dengan fakta-fakta yang ditemuinya di lapangan. Proses analisis akan lebih menarik untuk diperbincangkan ketika fakta-fakta yang dibicarakan dikaitkan dengan kompleksitas pada era revolusi industri 4.0 dalam lingkup atau bidang pendidikan. Berdasarkan hal itu maka buku ini disusun menjadi lima bagian yang satu sama lain memiliki saling keterkaitan. Bagian pertama mengkaji tentang hakikat guru. Bagian kedua mengkaji tentang pemahaman terhadap tanggungjawab, hak, dan kewibawaan guru. Bagian ketiga mengkaji mengenai kinerja guru dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Bagian keempat mengkaji mengenai profesi dan kode etik guru. Bagian kelima mengkaji tentang pemgembangan kompetensi guru di era revolusi industri. 4.0 Bagian-bagian tersebut membuat buku ini ini sangat cocok untuk dimiliki oleh mahasiswa di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) maupun di Fakultas Tarbiyah yang sedang menempuh mata kuliah Pengembangan Profesi Keguruan sebagai salah satu mata kuliah yang wajib diambil oleh para calon guru profesional.