
Manajemen kepegawaian negara
bahan pembelajaran diklat prajabatan golongan III.
Organization and management of civil service employees in Indonesia.
Organization and management of civil service employees in Indonesia.
Organization and management of civil service employees in Indonesia.
Apa yang membuat perusahaan bisa eksis di era global, pasar yang dinamis, serta pergolakan bisnis yang kompetitif? Sebaliknya apa yang membuat startup suatu produk tidak bisa bertahan lama setelah mel
Selengkapnya...
buku Program Manajemen Pembelajaran Daring Berbasis Partisipasi Orang Tua ini. Sesuai dengan judulnya, buku ini adalah semacam pedoman yang bias dimanfaatkan oleh lembaga profesional untuk kegiatan pe
Selengkapnya...
Perkembangan ilmu dan teknologi dewasa ini mempunyai arti penting dalam dunia pendidikan. Masyarakat semakin sadar akan kelanjutan menempuh pendidikan jenjang yang lebih tinggi, terutama bagi dosen, g
Selengkapnya...
Buku ini merupakan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis berkaitan dengan tugas guru dalam memberikan penilaian terhadap proses dan hasil belajar peserta didik. Alasan penulis melakukan p
Selengkapnya...
Buku ini merupakan pengalaman faktual penulis di dunia akademik dalam membimbing penyusunan skripsi, tesis dan disertasi, masih ditemukan kegalauan dan kebingungan dalam memahami dan melaksanakan pene
Selengkapnya...
Development of integrated Islamic school in Indonesia.
Pembelajaran pendekatan Teaching Factory bentuk pembelajaran yang dilakukan langsung di tempat praktik tidak di dalam kelas, dan praktik yang dilakukan berorientasi pada produksi seperti di industri n
Selengkapnya...
Pentinnya peran guru dalam pengelolaan pemebelajaran sudah tidak perlu lagi di perdebatkan. Amanat Undang-Undang sudah menegaskan itu bahwa Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik
Selengkapnya...
Buku ajar ini penulis tulis sebagai salah satu rujukan bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah agar dengan mudah untuk mengetahui serta memahami tentang pengelolaan kelas di sekolah dasar
Selengkapnya...
Sebagai praktisi dan pembelajar manajemen, khususnya setelah berkarya secara profesional selama setengah abad, telah sampailah saya kepada tiga renungan; Pertama. Jalan hidup saya jarang sampai kepada
Selengkapnya...
Organization and management of civil service employees in Indonesia.
Organization and management of civil service employees in Indonesia.
Apa yang membuat perusahaan bisa eksis di era global, pasar yang dinamis, serta pergolakan bisnis yang kompetitif? Sebaliknya apa yang membuat startup suatu produk tidak bisa bertahan lama setelah meluncur di pasar? Ya, jawaban untuk kedua pertanyaan itu adalah inovasi. Inovasi yang bernilai akan mengantarkan perusahaan untuk mampu bersaing dalam lingkungan yang turbulen, sehingga merupakan senjata yang ampuh untuk meraih keunggulan kompetitif. Hal yang penting dalam sebuah inovasi adalah manajemen inovasi. Suatu perusahaan boleh punya berbagai fasilitas modern dan terbaik, atau hebat dengan Sumberdaya Manusia (SDM) yang kreatif dan inovatif. Namun jika tidak ‘dimanajemen’ dengan baik, ide-ide inovatif itu akan gagal mencapai targetnya. Inovasi yang efektif adalah inovasi yang sederhana namun terfokus dan bertujuan, dan sebaliknya inovasi yang komplek dan mencoba mentransformasi secara menyeluruh seringkali tidak berhasil. Karena itu manajemen inovasi menjadi bagian penting, dan strategi implementasinya menjadi rahasia menarik bagi setiap perusahaan. Buku ini mengulas mulai dari konsep inovasi, serta hal-hal yang berkaitan erat dengan kemampuan inovasi, seperti pembelajaran organisasi dan manajemen pengetahuan. Tidak terkecuali juga dilengkapi dengan hasil-hasil kajian tentang inovasi baik pada industri besar maupun industri kecil. Buku ini juga membahas inovasi ramah lingkungan (green innovation) yang marak diperbincangkan.
Karena itu manajemen inovasi menjadi bagian penting, dan strategi implementasinya menjadi rahasia menarik bagi setiap perusahaan.
buku Program Manajemen Pembelajaran Daring Berbasis Partisipasi Orang Tua ini. Sesuai dengan judulnya, buku ini adalah semacam pedoman yang bias dimanfaatkan oleh lembaga profesional untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat di lembaga pendidikan khususnya sekolah yang konsern pada peningkatan mutu pembelajaran berbasis partisipasi orang tua.
buku Program Manajemen Pembelajaran Daring Berbasis Partisipasi Orang Tua ini.
Perkembangan ilmu dan teknologi dewasa ini mempunyai arti penting dalam dunia pendidikan. Masyarakat semakin sadar akan kelanjutan menempuh pendidikan jenjang yang lebih tinggi, terutama bagi dosen, guru maupun pegawai. Jenjang pendidikan yang ditempuh adalah Strata Satu (S1) ke jenjang Strata Dua (S2), Strata Dua (S2) ke jenjang Strata Tiga (S3). Faktual dilapangan masih ditemukan mahasiswa semester akhir pada jenjang Strata dua (S2) dan Strata tiga (S3) yang merasakan kegalauan dalam penyusunan tesis dan disertasi. Buku Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) merupakan solusi bagi mahasiswa yang sedang melakukan penelitian pengembangan (Research & Development). Buku ini secara garis besar berisi praperencanaan penelitian, perencanaan penelitian, pelaksanaan penelitian, dan penyusunan laporan penelitian, serta publikasi penelitian. Buku ini juga memberikan panduan, prosedur serta contoh bagi mahasiswa yang sedang menyusun tesis dan disertasi dari pengalaman penulis yang pernah lakukan.
Perkembangan ilmu dan teknologi dewasa ini mempunyai arti penting dalam dunia pendidikan.
Buku ini merupakan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis berkaitan dengan tugas guru dalam memberikan penilaian terhadap proses dan hasil belajar peserta didik. Alasan penulis melakukan penelitian dan menuliskan buku ini dilatarbelakangi oleh masih adanya pendidik yang mengalami kendala dalam melakukan penilaian pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013. Penilaian pembelajaran dalam Kurikulum 2013 memang dapat dikatakan cukup kompleks, penilaian ini meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik yang dalam pelaksanaannya pendidik harus memahami betul tahapan-tahapan dan teknik penilaian yang tepat untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan.
Buku ini merupakan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis berkaitan dengan tugas guru dalam memberikan penilaian terhadap proses dan hasil belajar peserta didik.
Buku ini merupakan pengalaman faktual penulis di dunia akademik dalam membimbing penyusunan skripsi, tesis dan disertasi, masih ditemukan kegalauan dan kebingungan dalam memahami dan melaksanakan penelitian pengem-bangan (Research & Developement). Buku “Best Practices Penelitian Pengembangan (Research & Development) Bidang Manajemen Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)” merupakan solusi bagi mahasiswa, peneliti, dosen yang sedang melakukan penelitian pengembangan (Research Development) atau R & D khususnya di Bidang Manajemen Pendidikan IPA. Buku ini juga dapat digunakan sebagai literartur perkuliahan metodologi penelitian bidang Manajemen Pendidikan IPA atau pendidikan IPA maupun bidang ilmu lainnya. Buku ini secara garis besar memberikan contoh secara kongkret bagi peneliti dan pembaca mengenai langkah-langkah setiap tahapan penelitian pengembangan (Research Development). Contoh kongkret penelitian pengembangan (Research Development) yang pernah penulis lakukan. Garis besar isi buku ini adalah: Pendahuluan, penelitian pengembangan, Tahap studi pendahuluan /need asses-ment, tahap pengembangan, tahap pengujian, penyu-sunan instrumen penelitian pengembangan dan dua contoh penelitian pengembangan bidang Manajemen Pendidikan IPA dan pendidikan IPA yang pernah dilakukan penulis.
Buku ini merupakan pengalaman faktual penulis di dunia akademik dalam membimbing penyusunan skripsi, tesis dan disertasi, masih ditemukan kegalauan dan kebingungan dalam memahami dan melaksanakan penelitian pengem-bangan (Research & ...
Development of integrated Islamic school in Indonesia.
Development of integrated Islamic school in Indonesia.
Pembelajaran pendekatan Teaching Factory bentuk pembelajaran yang dilakukan langsung di tempat praktik tidak di dalam kelas, dan praktik yang dilakukan berorientasi pada produksi seperti di industri nyata. Penyelenggaraan model ini memadukan sepenuhnya antara belajar dan bekerja, tidak lagi memisahkan antara tempat penyampaian teori dan praktik. Metode pembelajaran dual system merupakan metode yang mengintegrasikan dua lingkungan utama dalam setiap kegiatan peserta didik, yakni lingkungan sekolah dan lingkungan perusahaan (industri). Secara fundamental, dual system bertujuan untuk menempatkan peserta didik dalam situasi nyata di tempat kerja secara menyeluruh. Instrumen Pembelajaran Pendekatan Teaching Factory Manajemen Usaha Restoran ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.
Instrumen Pembelajaran Pendekatan Teaching Factory Manajemen Usaha Restoran ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.
Pentinnya peran guru dalam pengelolaan pemebelajaran sudah tidak perlu lagi di perdebatkan. Amanat Undang-Undang sudah menegaskan itu bahwa Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Dalam upaya menggapai amanat undang-undang itu guru perlu memahami ilmu pengetahuan. Salah satu yang harus di milki Guru adalah kemampuan mengelola kelas atau manajemen kelas. Pentingnya Pengelolaan/ manajemen kelas dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan guru atau wali kelas dalam mendayagunakan seuruh potensipotensi di dalam kelas yang terdiri dari: pemberian kesempatan yang seluas-luasnya pada setiap personal untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang kreatif dan terarah sehingga waktu, dana dan fasilitas (sarana dan prasaranan) yang tersedia dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisien . Sebagai seorang leader sekaligus manajer di dalam kelas guru hendaknya memilki keterampilan dalam menciptakan iklim kelas yang nyaman guna menunjang anak untuk meraih keberhasilan/ prestasi belajar melalui kegiatan-kegiatan belajar- mengajar yang efektif. Sebagai seorang leader di kelas, guru memberikan motivasi kepada peserta didik serta menanamkan nilai-nilai kebaikan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila yang harus diyakini dan diaplikasikan oleh peserta didik di lingkungannya seharihari baik di sekolah, di rumah maupun di masyarakat. Namun yang menjadi pertanyaan besar kita adalah sudahkan Guru memliki kemapuan pengelolaan/ manajemen Kelas? Buku ini hadir untuk memberikan jawaban akan pertanyaan itu. Buku ini membahas berbagai aspek tentang pengelolaan kelas yang baik. Mulai dari 1) Perencanaan peserta didik, 2) Penerimaan peserta didik baru, 3) Orientasi sekolah, 4) Pengelompokan peserta didik, 5) Pembinaan disiplin peserta didik, 6) Evaluasi hasil belajar peserta didik, 7) Sistem tingkat, jurusan, mutasi dan drop out, dan 8) Penyelenggaraan layanan khusus. Buku ini diperuntukkan bagi mahasiwa Fakultas Kependidikan, Guru, Kepala Sekolah dan pengambil kebijakan dalam pendidikan serta semua orang yang tertarik akan pembahasan mengenai penigkatan kualitas pendidikan.
Dasar-Dasar Ilmu Administrasi. Jakarta: Ghalia Indonesia. Danim, S, dan Danim, Y. (2010). Administrasi Sekolah dan Manajemen Kelas. Bandung: Pustaka Setia. Daryanto, H.M. (2013). ... Bimbingan Konseling. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Buku ajar ini penulis tulis sebagai salah satu rujukan bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah agar dengan mudah untuk mengetahui serta memahami tentang pengelolaan kelas di sekolah dasar.
C. Sarana dan Prasarana Ruang Kelas Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana Sekolah menyatakan ...
Sebagai praktisi dan pembelajar manajemen, khususnya setelah berkarya secara profesional selama setengah abad, telah sampailah saya kepada tiga renungan; Pertama. Jalan hidup saya jarang sampai kepada yang saya rencanakan. Akan tetapi, hampir seluruh jalan hidup saya selalu berujung ke tempat-tempat di mana saya dibutuhkan. Dan saya tidak menyesal (no regret). Kedua. Saya telah menyimpulkan bahwa manajemen dan manajemen sajalah yang dapat menciptakan nilai tambah bagi kemakmuran sebuah negara-bangsa. Ketiga. Organisasi, bahkan negara sekalipun, hanya akan sebaik pemimpinnya. Akan tetapi pemimpin hanya akan sebaik orang-orang yang dipilihnya dan diberdayakannya. Akhirnya saya sepakat dengan Peter F. Drucker, sahabat dan guru manajemen sejagat, bahwa sesungguhnya tidak ada negara miskin atau terbelakang. Yang ada adalah negara-negara yang tidak terkelola dengan baik (under managed) dan, saya tambahkan tidak memiliki kepemimpinan yang efektif.
Sebagai praktisi dan pembelajar manajemen, khususnya setelah berkarya secara profesional selama setengah abad, telah sampailah saya kepada tiga renungan; Pertama.