Sebanyak 19126 item atau buku ditemukan

Catatan dari Balik Gerbang Sekolah untuk Para Guru

Catatan dari balik gerbang sekolah untuk para guru Penulis : Mahir Martin Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-407-128-3 Terbit : Januari 2022 www.guepedia.com Sinopsis : Bagi seorang guru, sekolah adalah rumah kedua tempatnya bernaung, bekerja, berkarya, dan berpikir merenungi segala peristiwa yang terjadi di dalam kehidupan. Dari balik gerbang sekolah itu ada kesenangan, kegembiraan, kekhawatiran, dan bahkan kesedihan. Semua peristiwa memiliki kesan tersendiri yang terkadang begitu berharga untuk dipikirkan dan diambil hikmahnya. Hikmah yang mungkin bagi sebagian orang tak memiliki makna, tetapi bagi kita yang mencoba memahaminya akan memberikan warna baru dalam kehidupan. Buku yang berjudul "Catatan dari Balik Gerbang Sekolah untuk Para Guru" ini berisi kompilasi catatan refleksi penulis selama menjalani perannya sebagai seorang guru yang mencoba mendidik murid-muridnya dengan baik. Pada setiap catatan yang dituliskan, penulis mencoba merefleksikan peristiwa-peristiwa yang terjadi di balik gerbang sekolah, baik dari dalam kelas maupun luar kelas. Setiap catatan dibumbui dengan opini, ulasan, dan penjelasan sehingga pembaca kelak akan lebih memahami apa sebenarnya hikmah yang bisa diambil dari setiap peristiwa tersebut. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Catatan dari balik gerbang sekolah untuk para guru Penulis : Mahir Martin Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-407-128-3 Terbit : Januari 2022 www.guepedia.com Sinopsis : Bagi seorang guru, sekolah adalah rumah kedua tempatnya bernaung, ...

PTK Dan Manfaatnya Bagi Guru

Buku yang berjudul PTK dan Manfaatnya Bagi Guru disusun untuk memberikan pengetahuan tentang konsep penelitian tindakan kelas, sistematika penulisan, trik melakukan PTK, manfaatnya bagi guru dalam hal meningkatkan profesionalitas, dan tujuan PTK untuk meningkatkan kualitas proses dan produk pembelajaran. Permasalahan yang kerap terjadi di lapangan diantaranya: mahasiswa (bukan guru) melakukan PTK di kelas orang lain, terdapat guru yang mungkin belum pernah melakukan PTK di kelasnya sendiri, atau bahkan guru yang ingin melakukan PTK namun terhambat karena minimnya wawasan mengenai PTK secara teoritis dan praktik. Sementara PTK merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan profesionalisme guru, bahkan hal tersebut telah menjadi program pemerintah dan instansi pendidikan sedari lama. Dengan demikian, buku ini ditulis untuk menjembatani permasalahan yang terjadi dan harapan yang ingin dicapai mengenai pelaksanaan PTK dan profesionalisme guru. Materi yang disajikan pada buku ini terdiri dari 8 bab, yaitu: (1) Konsep Penelitian Tindakan Kelas; (2) PTK dan Profesionalisme Guru; (3) Kedudukan PTK dalam Penelitian Lain; (4) Sistematika PTK; (5) Pendahuluan di dalam PTK; (6) Landasan Teori di dalam PTK; (7) Desain dan Model Penelitian Tindakan Kelas; dan (7) Pengumpulan dan Analisis Data Pada PTK. Materi-materi tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi teoritis maupun praksis bagi para pembaca, baik pembaca yang berprofesi guru maupun bukan guru.

Buku yang berjudul PTK dan Manfaatnya Bagi Guru disusun untuk memberikan pengetahuan tentang konsep penelitian tindakan kelas, sistematika penulisan, trik melakukan PTK, manfaatnya bagi guru dalam hal meningkatkan profesionalitas, dan ...

Minda Guru Indonesia: Pandemi Corona, Disrupsi Pendidikan, dan Kreativitas Guru

Hampir seluruh sektor kehidupan di penjuru negeri “lumpuh” akibat pandemi COVID-19. Pendidikan menjadi salah satu sektor yang patut diberi atensi yang besar. Bagaimanapun, sektor pendidikan di sebuah negara harus tetap hidup sebagai bekal untuk membangun bangsa. Salah satu pemeran penting agar pendidikan bangsa ini tetap hidup adalah guru. Buku ini ditulis oleh para guru nusantara dengan ide-ide menarik tentang cara menghidupkan pembelajaran di masa pandemi. Buku ini tentu wajib dibaca oleh para guru untuk menambah kreativitas dalam mengajar di masa-masa sulit–karena pembelajaran yang menyenangkan membuat peserta didik lebih mudah dalam menerima ilmu.

Hampir seluruh sektor kehidupan di penjuru negeri “lumpuh” akibat pandemi COVID-19. Pendidikan menjadi salah satu sektor yang patut diberi atensi yang besar.

Surat Kabar Guru Belajar Edisi Khusus: #TerusBelajar Daerah Trenggalek

Surat Kabar Guru Belajar spesial ini merupakan hasil kerjasama dengan Yayasan Lari Nusantara dalam program NusantaRun 8. Berisi tentang praktik baik perubahan pembelajaran setelah mengikuti program #TerusBelajar Sekolah Merdeka Belajar. Surat Kabar Guru Belajar spesial ini terdiri dari empat edisi berbeda yang berasal dari 5 daerah di Jawa Timur.

Surat Kabar Guru Belajar spesial ini merupakan hasil kerjasama dengan Yayasan Lari Nusantara dalam program NusantaRun 8. Berisi tentang praktik baik perubahan pembelajaran setelah mengikuti program #TerusBelajar Sekolah Merdeka Belajar.

GURU ABAD 21 “Perilaku dan Pesona Pribadi”

Dalam konteks kekinian, guru menjadi fokus utama dari kritik-kritik atas ketidakberesan sistem pendidikan, namun pada sisi lain guru juga menjadi sosok yang paling diharapkan dapat mereformasi tataran pendidikan. Guru menjadi mata rantai terpenting yang menghubungkan antara pengajaran dengan harapan akan masa depan pendidikan/sekolah yang lebih baik. Pesatnya persaingan pendidikan di tataran global, semua pihak perlu menyamakan sikap untuk mengedepankan peningkatan mutu pendidikan.“Today’s students are tomorrow’s Leaders”. Siapkah Anda menjadi guru yang mampu menghasilkan pemimpin-pemimpin masa depan? Tuntutan profesionalisme guru tentu harus terkait dan dibangun melelui penguasaan kompetensi-kompetensi yang secara nyata dalam menjalankan dan menyelesaikan tugas-tugas dan pekerjaannya sebagai guru. Kompetensi-kompetensi penting jabatan guru tersebut salah satunya adalah kompotensi profesional, yaitu kompetensi pada bidang substansi atau bidang studi (kurikulum), kompetensi bidang pembelajaran (menguasai materi pelajaran), teknik dan metode pembelajaran, sistem penilaian, pendidikan nilai dan bimbingan. Dengan demikian, diperlukan langkah-langkah dalam upaya untuk mengembangkan kepribadian dan meningkatkan kompetensi serta profesionalisme guru. Guru abad 21 harus menguasai banyak pengetahuan (akademik, pedagogik, sosial dan budaya), mampu berpikir kritis, tanggap terhadap setiap perubahan, dan mampu menyelesaikan masalah. Guru tidak boleh hanya datang ke sekolah melulu untuk mengajar saja. Kemampuan untuk mengelola kelas saja tidak cukup lagi. Guru diharapkan bisa menjadi pemimpin dan agen perubahan, yang mampu mempersiapkan anak didik untuk siap menghadapi tantangan global di luar sekolah.

Dalam konteks kekinian, guru menjadi fokus utama dari kritik-kritik atas ketidakberesan sistem pendidikan, namun pada sisi lain guru juga menjadi sosok yang paling diharapkan dapat mereformasi tataran pendidikan.

The Transformation of Initial Teacher Education

The Changing Nature of Teacher Training

Tracing the development of initial teacher education since the large-scale expansion of the teaching profession after the Second World War to the present day, The Transformation of Initial Teacher Education explores the changing nature of teacher training. Examining the growth of the ‘teaching industry’, this book addresses key issues including: the return to an apprentice model the growing importance of schools in initial teacher training the continuing decline in the role played by higher education an examination of the broader socio-economic context of increased marketisiation a reconsideration of the international political factors driving the reform process; and interviews with prominent individuals who have been involved with the development of policy Considering the ideas and ideals that have permeated teacher education and how these have shaped the experiences of trainees on a variety of programmes across a broader international context, this book examines the future of teacher education and the changing nature of teaching, providing essential insight for trainee teachers, school staff and any academics involved in teacher education.

Examining the growth of the ‘teaching industry’, this book addresses key issues including: the return to an apprentice model the growing importance of schools in initial teacher training the continuing decline in the role played by ...

Teacher's Professional Development

Assessment, Training, and Learning

A central aspect of teachers’ professional knowledge and competence is the ability to assess students’ achievements adequately. Giving grades and marks is one prototypical task in this context. Besides giving grades, assessments for school placements or tracking decisions belong to these tasks. Relevant students’ characteristics which influence teachers’ assessments do not only involve academic achievement but also students’ responses to different task demands as well as non-academic characteristics such as learning motivation or school anxiety. Closely associated with the investigation of teachers’ assessment competences and, more specifically, the investigation of conditions associated with high quality of assessments is the development and evaluation of teacher training programs to improve professional competences. In recent years, there has been considerable progress in the domain of professional teacher training; however, only a very limited number of studies are dedicated to the question to what extend training programs might offer valuable approaches to improve the quality of assessments and to implement high assessment competences. Another important field which is closely related to teachers’ competences concerns the question how teachers’ professional development is linked to students’ learning and learning outcomes. In recent years, the societal demand for evidence that teachers’ professional development will result in improved student learning outcomes is increasing. This volume brings together questions on assessment, training, and learning in the professional development of teachers which have not been fully discussed yet. The identification of these research gaps was the reason for dedicating a series of lectures given at the University of Luxembourg 2012 to the topic of professionalization of teachers in these domains. Therefore, this book contains contributions from outstanding international scholars in different academic disciplines to present ideas about open research questions concerning the domains of assessment, training, and learning in the professional development of teachers.

Therefore, this book contains contributions from outstanding international scholars in different academic disciplines to present ideas about open research questions concerning the domains of assessment, training, and learning in the ...

Contemporary Pedagogies in Teacher Education and Development

As with most dynamic activities that are based on social and cultural contexts and rely on interactions, education is a complex and often ambiguous endeavor. Despite this complexity, scholars and educators are often required to find ways of defining and explaining what "good" teaching is and to incorporate these conclusions into teacher education. This book contains eight scholarly articles from various countries around the world and offers unique and up-to-date perspectives on relevant practices and pedagogies for teachers' professional education and development. In this international book, it is argued that there is a significant inspiration and enrichment to be gained by investigating the policies and practices of teacher education systems from all over the world.

This book contains eight scholarly articles from various countries around the world and offers unique and up-to-date perspectives on relevant practices and pedagogies for teachers' professional education and development.