Sebanyak 15342 item atau buku ditemukan

STUDI KELAYAKAN BISNIS

Studi kelayakan bisnis adalah proses evaluasi yang dilakukan untuk menentukan apakah suatu ide atau rencana bisnis layak dijalankan. Proses ini mencakup analisis terhadap berbagai aspek penting, seperti pasar, teknis, manajerial, keuangan, legalitas, dan lingkungan. Melalui studi ini, pemilik bisnis dapat menilai potensi permintaan pasar, kelayakan operasional, kemampuan manajemen, proyeksi keuntungan, serta kepatuhan terhadap regulasi yang berlaku. Tujuan utamanya adalah untuk memberikan gambaran yang jelas tentang peluang dan risiko bisnis, sehingga dapat membantu pengambil keputusan merancang strategi yang lebih efektif dan mengurangi potensi kerugian. Buku Studi Kelayakan Bisnis ini membahas komprehensif mengenai prosedur analisis yang mendalam terkait kelayakan suatu usaha atau bisnis. Buku ini membahas berbagai faktor penting yang harus dievaluasi sebelum memulai suatu usaha, seperti analisis pasar, teknis, manajerial, keuangan, legalitas, dan lingkungan yang meliputi AMDAL. Dengan pendekatan yang sistematis, buku ini mengajak pembaca untuk memahami tahapan praktis dalam menilai potensi pasar, kesiapan operasional, serta dampak finansial dari suatu usaha. Buku ini sangat relevan bagi mahasiswa, calon pengusaha, serta praktisi bisnis yang ingin memperkuat kemampuan mereka dalam merencanakan dan mengevaluasi peluang bisnis secara lebih terstruktur dan terukur.

... kelayakan bisnis = Business feasibility study . CV . Sentosa Deli Mandiri . Indriyani , S. ( 2016 ) . Analisis pengaruh inflasi dan suku bunga terhadap pertumbuhan ekonomi di indonesia tahun 2005-2015 . Jurnal Manajemen Bisnis ...

KONTRIBUSI EKONOMI SYARIAH TERHADAP PEMBANGUNAN EKONOMI

Kontribusi ekonomi syariah dalam pembangunan ekonomi dapat dilihat melalui peningkatan inklusi keuangan, penciptaan lapangan kerja, dan pengurangan kemiskinan, yang merupakan tujuan utama dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan. Selain itu, ekonomi syariah juga mendorong investasi yang berorientasi pada kemaslahatan bersama dan memperkuat ketahanan ekonomi masyarakat melalui pengelolaan zakat, infak, sedekah, dan wakaf. Dengan demikian, ekonomi syariah tidak hanya sebagai sistem keuangan alternatif tetapi juga sebagai instrumen penting yang mendukung pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dan adil bagi seluruh masyarakat.

... Monetary System (Menuju Sistem Moneter yang Adil), Islam and the Economic Challenge (Islam dan Tantangan Ekonomi), The Future of Economics ... Islam dengan ekonomi kapitalisme 22 | Kontribusi Ekonomi Syariah.

EKONOMI PEMBANGUNAN ISLAM

... Islamic Monetary Economics and Finance, 5(2), 321–340. https://doi.org/10.21098/jimf.v5i2.1065 Yulianti, R. T. (2010) ... Moneter Dan Perbankan, 2(1), 23–46. https://doi.org/10.21098/bemp.v2i1.190 Fauzan. (2015). MEWUJUDKAN EKONOMI ...

EKONOMI MONETER: Teori Pengantar

EKONOMI MONETER: TEORI PENGANTAR SINOPSIS Buku ini menyajikan pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip dasar ekonomi moneter yang relevan dengan dinamika perekonomian modern. Dengan pendekatan yang sistematis, buku ini mengupas teori-teori kunci yang membentuk dasar ilmu moneter, termasuk pengaruh kebijakan moneter terhadap inflasi, suku bunga, dan stabilitas ekonomi. Topik-topik yang dibahas meliputi evolusi sistem moneter, analisis peran lembaga keuangan, instrumen-instrumen moneter, dan pengaruh jumlah uang beredar terhadap perekonomian. Selain teori dasar, buku ini menyoroti peran bank sentral dalam stabilisasi ekonomi serta merinci bagaimana instrumen kebijakan moneter digunakan untuk mencapai target makroekonomi seperti pertumbuhan ekonomi, stabilitas harga, dan pengurangan pengangguran. Dengan menggabungkan contoh-contoh nyata dari berbagai negara, pembaca dapat memahami bagaimana teori moneter diaplikasikan dalam konteks global dan lokal. Ditulis untuk mahasiswa dan praktisi ekonomi, buku ini mengedepankan aspek aplikasi praktis dari konsep-konsep yang dibahas, termasuk dampak dari hubungan antara inflasi dan pertumbuhan, serta peran sistem moneter ganda yang mencakup bank syariah dan konvensional. Dengan bahasa yang mudah dipahami dan analisis yang tajam, buku ini diharapkan dapat menjadi pegangan utama dalam memahami ekonomi moneter kontemporer serta landasan yang kuat bagi mereka yang ingin mendalami kebijakan ekonomi dan keuangan.

... monetary system , vol . 8. International Institute of Islamic Thought ( IIIT ) , 1985 . [ 17 ] W. A. Khan , M ... Islam : a study in Islamic political economy . Routledge , 2005 . [ 19 ] I. Toutounchian , Islamic money and banking ...

Teori Portofolio dan Analisis Investasi Syariah

Buku ini yang berjudul “Teori Portofolio dan Analisis Investasi Syariah” hadir sebagai wujud perhatian kami terhadap perkembangan teori investasi yang berbasis syariah, yang kian dibutuhkan seiring meningkatnya kesadaran masyarakat untuk berinvestasi sesuai prinsip-prinsip Islam. Investasi syariah adalah bidang yang terus mengalami perkembangan pesat, khususnya di Indonesia yang merupakan negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia. Di tengah pesatnya pertumbuhan produk keuangan syariah, pemahaman yang mendalam tentang teori portofolio dan analisis investasi syariah menjadi semakin penting bagi akademisi, praktisi, serta mahasiswa yang berkecimpung dalam bidang ekonomi dan keuangan syariah. Buku ini diharapkan dapat menjadi referensi utama yang memberikan pemahaman komprehensif mengenai dasar-dasar teori portofolio, manajemen risiko, serta penerapan investasi yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.

... Islamic Vision of Development in the Light of Maqasid al-Shariah. Islamic Research and Training Institute (IRTI). El-Gamal, M. A. (2006). Islamic Finance: Law, Economics, and Practice. Cambridge University Press. Elton, E. J., Gruber ...

RELASI AGAMA DAN SAINS DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Wacana tentang relasi-integrasi agama dengan sains sudah muncul sejak awal abad ke-20. Ada yang setuju, ada yang menentang, ada pula yang mengambil jalan moderat dari para ilmuwan Islam. Pada perkembangannya, relasi antara agama dan sains ini memunculkan banyak perdebatan, baik dikalangan agamawan maupun ilmuwansaintis-sendiri; bagaimana bentuk ideal dari relasi antara agama dan sains menjadi topik utama perdebatan. Hingga kini, relasi-integrasi-multidimensi agama dan sains masih sebatas wacana yang “dicita-citakan”. Dalam tataran praksisnya, relasi tersebut belum menemukan bentuknya yang paling ideal, sehingga belum memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi keberlangsungan hidup umat manusia. Hadirnya buku ini dimaksudkan agar dapat memberikan sumbangsih terkait diskursus integrasi keilmuan pada dunia pendidikan. Selama ini, kajian tentang gagasan integrasi keilmuan yang diangkat oleh cendekiawan muslim masih banyak berkutat pada aspek teoritis filosofis saja. Belum begitu mengarah pada tataran praktis implementatif institusional dan tersistem dalam sebuah kurikulum pada lembaga pendidikan. Sehingga hadirnya buku ini diharapkan bisa menginspirasi kepada pengelola lembaga pendidikan untuk bisa berinovasi dalam melakukan modernisasi lembaga pendidikannya secara holistik dan terintegratif dengan menjadikan al-Qur'an sebagai basis konstruksi ilmu pengetahuan. Diawali dari telaah sejarah terkait keilmuan perspektif barat dan Islam hingga masa keemasan, masa dikotomi dan masa kebangkitan yakni dimulai dari munculnya gagasan (ide) dan wacana tentang relasi antara agama dan sains (integrasi keilmuan) dan perdebatannya dikalangan cendekiawan muslim baik yang ada di luar dan dalam negeri dan munculnya tawaran-tawaran model integrasi keilmuan oleh cendekiawan-cendekiawan muslim Indonesia. Berpijak dari semua tawaran yang dikemukakan tersebut, model Trensains yang dijelaskan dalam buku ini mendeklarasikan diri sebagai salah satu madzhab integrasi keilmuan pada lembaga pendidikan di Indonesia. Ide Trensains ini diawali dengan tinjauan Teoretik filosofis yakni berdasarkan filsafat sains Islam baik secara ontologi, epistemologi dan aksiologi yang menjadikan al-Qur'an sebagai basis konstruksi ilmu pengetahuan. Hingga pada tataran praktis implementatif dan tersistem pada kurikulum hingga implementasi pembelajarannya baik di kelas maupun di luar kelas secara holistik.

Wacana tentang relasi-integrasi agama dengan sains sudah muncul sejak awal abad ke-20.

Pendidikan Agama Islam Di Era Disrupsi

Pendidikan agama Islam di era disrupsi beserta dampaknya di Indonesia menjadi kajian menarik saat ini. Adanya pergeseran paradigma belajar dengan online learning serta munculnya generasi millenia menjadi perhatian tersendiri di dunia pendidikan.. Era disupsi dengan pemanfaatan teknologi dijadikan syarat dasar. Namun pondas utama dari pendidikan agama islam adalah keteladanan yang tidak dapat terganti dengan keanggihan teknologi manapun. Melalui buku ini, kajian mendasar mengenai pendidikan agama islam di era disrupsi dibahas dalam 9 bab, sehingga dapat menjadi panduan yang komprehensif baik bagi akademisi maupun praktisi. Diharapkan buku ini dapat menjadi sarana penting untuk mempertimbangkan tindakan-tindakan stategis apa yang sesuai dijadikan model, startegi, serta kebijakan dalam pengajaran pendidikan agama islam khususnya di era disrupsi saat ini.

Pendidikan agama Islam di era disrupsi beserta dampaknya di Indonesia menjadi kajian menarik saat ini.

Filsafat Pendidikan Islam Jilid I

Buku Filsafat Pendidikan Islam ini membahas secara lebih dalam mengenai konsep pendidikan Islam yang tidak hanya berlandaskan Al-Qur’an dan As-Sunah, namun Islam juga menghendaki adanya keterlibatan umat dalam mengawal perkembangan dan kebenaran suatu ilmu. Buku ini menguraikan metode-metode dalam pendidikan Islam hingga evaluasi dalam pendidikan Islam yang sangat penting guna memecahkan segala permasalahan dalam pendidikan berlandaskan norma-norma yang berlaku dalam agama Islam. Islam sebagai agama dan sekaligus sebagai sistem peradaban mengisyaratkan pentingnya pendidikan. Sebagai induk ilmu pengetahuan, filsafat banyak berperan dalam memberikan alternatif-alternatif atau membantu memecahkan masalah dan memberikan pengarahan dalam dunia pendidikan, salah satunya dalam pendidikan Islam.

Buku Filsafat Pendidikan Islam ini membahas secara lebih dalam mengenai konsep pendidikan Islam yang tidak hanya berlandaskan Al-Qur’an dan As-Sunah, namun Islam juga menghendaki adanya keterlibatan umat dalam mengawal perkembangan dan ...

Program Inovatif untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan dan Pengembangan Karakter Siswa SD

Buku "Program Inovatif untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan dan Pengembangan Karakter SD" membahas berbagai program inovatif yang dirancang khusus untuk meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat Sekolah Dasar (SD) serta pengembangan karakter siswa. Dengan pendekatan yang komprehensif dan praktis, buku ini menyajikan strategi-strategi yang dapat diterapkan oleh pendidik, calon pendidik, kepala sekolah, dan pemangku kepentingan lainnya untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif dan menyenangkan. Buku ini tidak hanya memberikan panduan praktis bagi para pendidik, tetapi juga menginspirasi mereka untuk terus berinovasi demi masa depan pendidikan yang lebih baik. Dengan program-program yang diuraikan dalam buku ini, diharapkan kualitas pendidikan di tingkat SD dapat meningkat secara signifikan, dan karakter siswa dapat terbentuk dengan baik, mempersiapkan mereka untuk tantangan masa depan.

... Sekolah Dasar. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(2), https://doi.org/10.24252/auladuna.v6i2a10.2019 196. Jannah, A. (2023). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal ...

Pendidikan dan Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar

Globalisasi telah menggeser pendidikan dari upaya mencerdaskan bangsa menjadi komoditas, sehingga nilai kebangsaan dan moralitas sering kali diabaikan. Indonesia menghadapi tantangan besar dari perubahan ini, yang menjadikan pendidikan lebih pragmatis dengan fokus pada penguasaan ilmu (scientia) tanpa memperhatikan nilai-nilai kebangsaan. Filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dengan prinsip “trikon” (kontinyu, konvergen, konsentris) diyakini mampu mengatasi distorsi dalam pendidikan, menekankan internalisasi budaya agar peserta didik berkembang secara utuh dan tetap terhubung dengan identitas bangsa. Kurikulum Merdeka diimplementasikan untuk mengoptimalkan potensi siswa melalui pendekatan yang fleksibel. Guru diberikan keleluasaan memilih materi yang sesuai kebutuhan siswa, diharapkan menjadi penggerak untuk menciptakan lingkungan belajar inklusif dan adaptif terhadap teknologi. Prinsip Sekolah Ramah Anak juga diterapkan, memastikan hak siswa dalam lingkungan yang aman dan bebas kekerasan serta diskriminasi, sekaligus mendorong partisipasi aktif siswa. Buku Pendidikan dan Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar mengupas penerapan Kurikulum Merdeka di jenjang dasar sebagai respons terhadap tantangan global. Konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara menjadi dasar buku ini, menggarisbawahi kemandirian dan pembentukan karakter sesuai nilai kebangsaan. Buku ini mencakup program sekolah ramah anak, profil pelajar Pancasila, dan pembelajaran sosial-emosional berbasis digital, serta pembelajaran berdiferensiasi yang menyesuaikan dengan kebutuhan siswa. Sebagai panduan lengkap, buku ini membantu pendidik memahami dan menerapkan Kurikulum Merdeka untuk membangun generasi yang berkarakter dan siap menghadapi tantangan global.

... Islam & Pendidikan , 14 ( 2 ) , 92–97 . Nasution , M. K. ( 2017 ) . Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Peningkatkan Hasil Belajar Siswa . Jurnal Ilmiah ... sekolah dasar / madrasah ibtidaiyah . Jurnal Ilmiah. Merdeka di Sekolah Dasar.