Sebanyak 220 item atau buku ditemukan

PENANGGULANGAN KEMISKINAN DAN PENGELOLAAN ZAKAT, INFAQ & SEDEKAH DI INDONESIA

PENANGGULANGAN KEMISKINAN DAN PENGELOLAAN ZAKAT, INFAQ & SEDEKAH DI INDONESIA PENULIS: M. MU'IZ R. ISBN : 978-623-251-433-1 www.guepedia.com Sinopsis: Buku spesial tentang Penanggulangan Kemiskinan dan Pengelolaan Zakat, Infaq, dan Sedekah di Indonesia ini hadir untuk membahas tentang seluk beluk Kemiskinan mengenai: Pengertian, Definisi, dan Makna Kemiskinan, Konsep dan Teori Kemiskinan, Masalah Kemiskinan, Bahaya, Penyebab dan Keterkaitan Kemiskinan dengan masalah Sosial lainnya. Kemudian tentang Penanggulangan Kemiskinan buku ini juga hadir berbeda dengan menjelaskan mengenai: Perhatian Agama dalam Terhadap Penanggulangan Kemiskinan, Berbagai Kebijakan, Strategi, Program, Penanggulangan Kemiskinan yang ada di Indonesia, Mencari Modal dan Model Penanggulangan Kemiskinan Terbaik di Indonesia, dan Strategi Percepatan Penanggulangan Kemiskinan di Indonesia. Dalam bagian berikutnya, buku ini mengemukakan pembahasan tentang seluk beluk Zakat, Infaq dan Sedekah serta Optimalisasi Zakat Infaq Dan Sedekah dalam Penanggulangan Kemiskinan, mengenai: Optimalisasi Zakat Infaq dan Sedekah dalam Penanggulangan Kemiskinan, Dalam Menanggulangi Kemiskinan Zakat Lebih Menjanjikan daripada Pajak, Optimalisasi Pengelolaan Zakat Infaq dan Sedekah jalan Terbaik dalam Penanggulangan Kemiskinan, Optimalisasi Peran Badan Amil Zakat Nasional dan Daerah serta Lembaga Amil Zakat dalam Penanggulangan Kemiskinan, dan Implementasi Undang-Undang TNomor 23 Tahun 2011 entang Pengelolaan Zakat di Indonesia. Akhirnya selamat dan semangat membaca buku ini. Semoga pengelolaan Zakat, Infaq, dan Sedekah dapat dioptimalkan untuk menanggulangi Kemiskinan di Negeri yang kita cintai ini. Aamiiiiin! www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

PENANGGULANGAN KEMISKINAN DAN PENGELOLAAN ZAKAT, INFAQ & SEDEKAH DI INDONESIA PENULIS: M. MU'IZ R. ISBN : 978-623-251-433-1 www.guepedia.com Sinopsis: Buku spesial tentang Penanggulangan Kemiskinan dan Pengelolaan Zakat, Infaq, dan Sedekah ...

Islamisasi Ilmu Pengetahuan (Studi Kritis Pemikiran Syed M. Naquib Al-Attas)

Islamisasi Ilmu Pengetahuan (Studi Kritis Pemikiran Syed M. Naquib Al-Attas) PENULIS: Mustika Bintoro Tebal : 151 halaman ISBN : 978-623-7391-79-1 www.guepedia.com Sinopsis: Fenomena agama dan sains yang tidak bisa disatukan masih menjadi persoalan pelik yang tak ada ujungnya. Terlebih pada ilmu-ilmu modern-khususnya ilmu-ilmu kealaman (natural scciences)- yang dianggap sebagai pemicu lahirnya krisis teologi dan berakibat pada paham sekuler dan positivisme. Paham ini muncul karena sains modern menganut paham rasionalisme serta empirisme filosofis dan tidak dapat diterapkan dalam keilmuan Islam karena ia menolak keberadaan Tuhan. Dan lagi, islamisasi lmu pengetahuan menjadi salah satu jalan keluar dan menjadi paradigma di beberapa Universitas Islam di Indonesia beberapa tahun terakhir. Selain itu, islamisasi ilmu pengetahuan ini pun dijadikan sebagai respon terhadap ilmu pengetahuan Barat yang menurut Al-Attas-tokoh yang dijadikan objek penelitian dalam buku ini-mengandung paham sekular. Implikasi yang terjadi jika paham sekuler terus diyakini umat Islam adalah ketidakmampuan memahami alam sebagai lambang (ayat) untuk menuju realitas yang hakiki,yaitu Allah SWT. Di sisi lain,Al-Attas mengamini persamaan metodologi yang dipakai dalam sains Barat dan Islam, namun persamaan ini hanya terletak pada aspek luarnya saja dan tidak di dalamnya. Aspek dalam yang dimaksud yakni metafisika atau pengetahuan tentang realitas secara keseluruhan, termasuk realitas non fisik yang diakui kebenarannya. Al-Attas menghubungkan metafisika dan dunia fisik-materi sebagai basis keilmuan dari teori islamisasi ilmu pengetahuannya. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Islamisasi Ilmu Pengetahuan (Studi Kritis Pemikiran Syed M. Naquib Al-Attas) PENULIS: Mustika Bintoro Tebal : 151 halaman ISBN : 978-623-7391-79-1 www.guepedia.com Sinopsis: Fenomena agama dan sains yang tidak bisa disatukan masih menjadi ...

Korelasi Layanan Bimbingan Karier dengan Bahasa dan Sastra di Era Revolusi Industri 4.0

Korelasi Layanan Bimbingan Karier dengan Bahasa dan Sastra di Era Revolusi Industri 4.0 PENULIS: Dr. A. Fiptar Abdi Alam, M.Si. Rukaya, S.Pd. ISBN: 978-623-229-018-1 Penerbit : Guepedia Publisher Ukuran : 14 x 21 cm Tebal : 112 halaman Sinopsis: Sekarang di Era Revolusi Industri 4.0 berbagai tantangan yang makin menarik manakala guru menyadari bahwa para siswa abad ke-21 datang ke sekolah dengan pengalaman dan harapan yang berbeda dengan para siswa di abad ke-20, tatkala guru-guru sekarang dahulu masih menjadi siswa. Pengguna digital yang pintar, multi-media, multi-tasking ini menavigasi kehidupan sehari-hari yang sangat berbeda dengan siswa beberapa dekade yang lalu. Mereka pun belajar dengan gaya dan cara yang berbeda. Untuk itu, penumbuhkembangan minat dan motivasi belajar serta bentuk fasilitasi belajar bagi mereka pun tentu berbeda. Pendekatan dan pola interaksi yang dipraktikkan guru pun berbeda. Para siswa lebih membutuhkan guru yang terbuka, adaptif, dan akomodatif terhadap berbagai kebutuhan siswa, baik untuk penyediaan materi ajar, penggunaan model pembelajaran dan teknik penilaian, dan penciptaaan atmosfir belajar yang menantang. Persoalan pokok yang hendak dikaji dalam buku ini adalah tantangan guru dalam mewujudkan korelasi bimbingan karier dengan bahasa dan sastra di era revolusi industri 4.0, yang efektif di masa sekarang dan masa yang akan datang. Tantangan tersebut akan dapat dijawab dengan baik manakala guru memiliki pemahaman tentang karakteristik siswa di era industri 4.0. Email : guepedia@gmail•com WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Korelasi Layanan Bimbingan Karier dengan Bahasa dan Sastra di Era Revolusi Industri 4.0 PENULIS: Dr. A. Fiptar Abdi Alam, M.Si. Rukaya, S.Pd. ISBN: 978-623-229-018-1 Penerbit : Guepedia Publisher Ukuran : 14 x 21 cm Tebal : 112 halaman ...

Strategi, Kepemimpinan dan Motivasi Kerja : Teori dan Aplikasi

trategi, Kepemimpinan dan Motivasi Kerja : Teori dan Aplikasi PENULIS: Hakimi, S.STP, M.Si. ISBN : 978-623-7503-18-7 www.guepedia.com Sinopsis: Berhasil tidaknya penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan dan pelayanan publik sangat tergantung pada kualitas dan kuantitas sumber daya manusianya. Manajemen yang sering diartikan oleh para ahli sebagai proses mendayagunakan orang lain untuk mencapai suatu tujuan, hanya akan berlangsung efektif dan efisien jika para pimpinan organisasi mampu memotivasi para bawahan dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya. Organisasi pemerintahan perlu didukung oleh seorang pemimpin yang memiliki jiwa kepemimpinan dengan menunjukkan dirinya sebagai pemimpin yang profesional, adil, mempunyai strategi yang mampu menggerakkan dan memotivasi bawahan dalam rangka pencapaian tujuan organisasi. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa kecamatan adalah perangkat daerah yang langsung berhubungan dengan pelayanan kepada masyarakat, harus didukung dengan aparatur yang mempunyai semangat dan motivasi kerja yang tinggi. Sehingga peran pimpinan di kecamatan harus mampu mengarahkan dan memotivasi aparatur penyelenggara pemerintahan. Dalam buku ini dikupas strategi kepemimpinan dan motivasi kerja meliputi teori dan aplikasi pimpinan pada level kecamatan untuk memotivasi bawahannya sehingga pelayanan publik dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Buku ini hadir dan mencoba membahas berbagai permasalahan yang ada dan mencari akar penyebabnya berkaitan dengan strategi kepemimpinan dan motivasi kerja aparatur penyelenggara pemerintahan melalui kajian teori dan aplikasi di lapangan. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

trategi, Kepemimpinan dan Motivasi Kerja : Teori dan Aplikasi PENULIS: Hakimi, S.STP, M.Si. ISBN : 978-623-7503-18-7 www.guepedia.com Sinopsis: Berhasil tidaknya penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan dan pelayanan publik ...

FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM (Sejarah, Ruang Lingkup, dan Peranannya)

FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM (Sejarah, Ruang Lingkup, dan Peranannya) PENULIS: Ah. Birrul Walidain ISBN : 978-623-251-424-9 www.guepedia.com Sinopsis: Perkembangan ilmu pengetahuan telah membawa perubahan yang sangat signifikan terhadap dimensi kehidupan manusia baik dari segi ekonomi, sosial budaya, maupun dunia pendidikan. Didalam era globalisasai yang ditandai kemajuan- kemajuan penting dalam teknologi informasi dan komunikasi, mendorong terjadinya pula perubahan- perubahan dalam pembelajaran. Pendidikan agama harus dapat menumbuhkan sikap kritis, inovatif dan dinamis sehingga menjadi pendorong peserta didik untuk menguasai ilmu pengetahuan, teknologi dan demi pelaksanaan agama. Kita menyadari bahwa pelaksanaan pendidikan agama Islam di sekolah- sekolah masih belum sesuai dengan kualitas seharusnya dan apa yang diharapkan oleh masyarakat, terutama dalam hal- hal yang berkenaan dengan profesionalisasi guru agama. Beberapa tujuan mengkaji filsafat pendidikan Islam yaitu :(a) membantu para Guru menjadi paham akan persoalan-persoalan mendasar pendidikan demi profesionalismenya, (b)memungkinkan untuk mengevaluasi secara lebih baik sebagai solusi bagi persoalan persoalan pendidikan (c) membekali mereka berpikir secara aktif tentang tujuan hidup dan pendidikan, (d) memberikan bimbingan dalam pengembangan suatu sudut pandang yang konsisten secara internal sesuai dengan tujuan pendidikan. Dari penjelasan tersebut maka penulis memilih beberapa materi diantaranya tentang : Pengertian, ruang lingkup dan peranan filsafat pendidikan Islam, Sejarah perkembangan filsafat pendidikan Islam, Hakikat pendidikan Islam, manusia sebagai peserta didik, Titik singgung unsur pendidikan dalam ajaran agama, Tujuan pendidikan Islam dan tujuan risalah, Unsur-unsur empiri dalam proses pendidikan Islam, Islam universal dan Islam lokal dalam proses pendidikan Islam, Interelasi filsafat pendidikan Islam, ilmu tauhid, ilmu fiqih dan akhlak, Tinjauan filosofis tentang metode, lingkungan, dan kurikulum pendidikan Islam, Ragam pemikiran filsafat pendidikan Islam para tokoh, serta Arah baru pendidikan Islam di Indonesia. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM (Sejarah, Ruang Lingkup, dan Peranannya) PENULIS: Ah. Birrul Walidain ISBN : 978-623-251-424-9 www.guepedia.com Sinopsis: Perkembangan ilmu pengetahuan telah membawa perubahan yang sangat signifikan terhadap ...

3 Langkah Sukses SBMPTN Program Sains & Teknologi (IPA)

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) merupakan sebuah tes yang bersifat prediktif. Peserta yang lolos pada tes ini diharapkan mampu menempuh pendidikan tinggi di jurusan yang dipilihnya. Dengan tingkat persaingan yang cukup tinggi untuk bisa mendapat kursi Perguruan Tinggi Negeri (PTN), maka dibutuhkan persiapan panjang untuk menghadapinya. Kata kunci persiapan menghadapi SBMPTN adalah menyusun strategi. Ada pepatah mengatakan, memiliki strategi yang baik berarti memenangkan separuh pertempuran. Berdasar pengalaman kami dalam membimbing peserta SBMPTN, terdapat 3 Langkah Sukses menghadapi SBMPTN. Langkah 1 : Kenali Dirimu Untuk mengenali kemampuan dirimu, dalam buku ini disajikan 6 tahun paket soal asli beserta pembahasannya, mulai dari tahun 2009 hingga 2014. Untuk menambah referensi belajar, juga disertakan buku sekolah elektronik (BSE). Langkah 2 : Kenali Musuhmu Tiga musuh utama peserta SBMPTN adalah peta persaingan, pola pemunculan soal, dan passing grade. Pembahasan dan analisa ketiganya tersaji lengkap dalam buku, program CD dan Aplikasi Android. Langkah 3 : Kenali Medan Tempurmu Sebelum menghadapi SBMPTN, ada baiknya mengenali dan mencoba merasakan kondisi tes yang sesungguhnya. Dalam buku ini tersaji 5 buah alat uji, yang terdiri dari 3 paket prediksi lengkap dengan pembahasannya dan 2 paket simulasi. Alat uji tersebut dikemas dalam bentuk software berbasis PC dan android sehingga dapat digunakan dimanapun dan kapanpun tanpa batasan dimensi waktu dan ruang, karena semua berada dalam genggaman.

Kewirausahaan 1 1 17. Permintaan 1 18. Penawaran 1 1 19. Harga Keseimbangan 1 20. Kelangkaan 1 21. Kebijakan Ekonomi 1 1 1 2 1 22. Pengangguran 1 23.

Studi Kelayakan Pendampingan UMKM (Perjalanan Klinik Bisnis Tebing Tinggi)

Studi Kelayakan Pendampingan UMKM (Perjalanan Klinik Bisnis Tebing Tinggi) PENULIS: Umar Putra ISBN : 978-623-7503-78-1 www.guepedia.com Sinopsis: Assalamu’alaikum, Penulis lahir di Binjai pada tanggal 4 Nopember 1980 dari pasangan Alm. Aminuddin dan Almrh. Asmaniah. Penulis merupakan anak keempat dari empat bersaudara Sri Banun, Sri Erika Sari dan Sri Elvira Sari. Pendidikan dasar penulis tempuh di SD Negeri INPRES 027688 Binjai , SMP Negeri 1 Binjai, SMU Negeri 1 Binjai. Pada Tahun 1999, penulis menamatkan pendidikan di SMU Negeri 1 Binjai dan tahun tersebut lulus test Program Minat dan Prestasi (PMP) di Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara Jurusan Ekonomi Pembangunan. Pada Tahun 2003, penulis menamatkan pendidikan jenjang sarjana. Pada Tahun 2004 sampai 2010 penulis menjadi Pegawai Pemasaran PT.Indosat, TBK dengan unit kerja Galeri Indosat Kisaran. Pada tahun 2010 sampai 2012 penulis menjadi Kepala Cabang PT. Bimbingan Belajar Primagama Kisaran. Kemudian pada tahun 2012 sampai 2014 penulis bergabung dengan Entrepreneurship Development Program (EDP) sebagai konsultan bisnis di beberapa UMKM di Kota Medan. Tahun 2014, penulis mengikuti Program Pascasarjana di Universitas Negeri Medan di Program Studi Ilmu Ekonomi dan menamatkan pada tahun 2016 dengan predikat “Dengan Pujian”. Tahun 2016 s.d saat ini, penulis menjadi dosen tetap di Universitas Al Azhar, Medan dan mengajar di Program Studi Manajemen. Bidang pakar untuk mata kuliah adalah evaluasi proyek, studi kelayakan bisnis, metodologi penelitian dan ekonomi manajerial. Penulis juga mengajar di kampus lain yaitu STIE Mikroskil, Universitas Islam Sumatera Utara dan Universitas Asahan sebagai dosen tidak tetap. Buku Berjudul Studi Kelayakan Pendampingan UMKM (Perjalanan Klinik Bisnis Tebing Tinggi) dibiayai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Direktorat Jendral Penguatan Riset dan Pengembangan Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Tahun 2018 sesuai dengan Kontrak Penelitian Nomor : T/44/L1.3.1/PT.01.03/2019. Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Wahyu Ario Pratomo, M.Ec, Fahmi Natigor, M.Acc, Ak, Ami Dilham, M.Si, Haroni Doli H.Ritonga, M.Si yangt telah memberikan inspirasi untuk bekerjsama dan menyelesakan buku ini dan hormat buat dosen, guru dan orang tua saya Alm,. Jhon Tafbu Ritonga, M.Ec atas inspirasi yang luar biasa serta untuk istri tercinta Syafrida Damanik, ST, MT dan ananda M. Faiz Aliy Yazli serta M. Faiq Yasyfi Hanan. Kasih terndah untuk kalian semua. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Studi Kelayakan Pendampingan UMKM (Perjalanan Klinik Bisnis Tebing Tinggi) PENULIS: Umar Putra ISBN : 978-623-7503-78-1 www.guepedia.com Sinopsis: Assalamu’alaikum, Penulis lahir di Binjai pada tanggal 4 Nopember 1980 dari pasangan Alm.

KUMPULAN OPINI ISLAM

KUMPULAN OPINI ISLAM PENULIS: RIMA SEPTIANI ISBN : 978-623-7503-83-5 www.guepedia.com Sinopsis: Buku ini ditulis dalam rangka menyadarkan umat akan problematika yang terjadi saat ini. Tulisan di dalam buku ini memuat kumpulan berita yang dianalisis berdasarkan kacamata Islam. Sebagaimana yang dipahami, bahwa Islam merupakan agama sekaligus ideologi ynag mempunyai solusi kehidupan. Ketiadaan Islam sebagai ideologi, menyebabakan kita selama ini diterpa berbagai persoalan kehidupan, akibat penerapan sistem kapitalisme–sekularisme yang meniadakan peran agama dalam pegurusan kehidupan. Dengan begitu, umat akan sadar bahwa Islam adalah sesuatu yang wajib diperjuangkan saat ini. Mengemban dakwah Islam merupakan tugas mulia yang Allah perintahkan kepada kita semua. Menyebarkan pemikiran Islam di tengah-tengah masyarakat, agar seluruh umat paham bahwa penerapan Islam secara Kaffah dalam bentuk negara akan mengundang kemaslahatan bagi dunia dan akhirat. Itulah sebenarnya esensi Islam rahmatan lil ‘alamain. Penyebaran opini Islam, merupakan salah satu bentuk dakwah yang dilakukan saat ini. Baik itu disebarkan melalui media cetak maupun media online. Terlebih, kecanggihan teknologi merupakan kemudahan yang diberikan Allah SWT yang mesti kita manfaatkan. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

KUMPULAN OPINI ISLAM PENULIS: RIMA SEPTIANI ISBN : 978-623-7503-83-5 www.guepedia.com Sinopsis: Buku ini ditulis dalam rangka menyadarkan umat akan problematika yang terjadi saat ini.

Konsep Pemikiran Edward L. Thorndike Behavioristik

Penulis : Efendi,S.Pd.I Hal : 212 ISBN : 978-602-6481-01-6 Sinopsis : Adapun kajian tentang belajar itu sendiri, terdapat berbagai pendekatan yang digunakan oleh para ahli pendidikan, di antaranya ada yang mengkaji bagaimana belajar efektif, belajar aktif, belajar yang menyenangkan, teori belajar dan sebagainya. Ruang lingkup kajian tentang teori belajar, terjadi banyak perbedaan pendapat di kalangan para pakar Kita ambil contoh konsep tentang benar dan salah. Aliran behavioristik memandang benar dan salah itu bergantung pada reinforcement (penguat) positif maupun negatif. Artinya jika ada stimulus dan setelah direspon ternyata menimbulkan keenakan, maka tingkah laku itu dikatakan benar, dan jika respon tersebut menimbulkan reinforcement negatif, maka perbuatan tersebut salah. Analisis Komparatif Teori Belajar behavioristik Perspektif Edward L. Thorndike dan Al-Ghazali yang berusaha mengkaji tentang teori belajar behavioristik (tingkah laku). Baik yang klasik maupun kontemporer dengan tidak mengabaikan konsep yang telah ditawarkan oleh pemikir Edward L. Thorndike. Sehingga mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang konsepsi belajar menurut pemikir islam yaitu Al-Ghazali. Sebelum menganalisis lebih jauh tentang teori belajar dalam Islam maupun Barat, peneliti mencoba menganalisis konsep pengetahuan dan konsep manusia dalam pandangan Barat maupun Islam. Sebab kedua konsep tersebut memiliki implikasi yang besar terhadap teori belajar. Dengan kata lain, konsep dan teori belajar erat kaitannya dengan konsep pengetahuan dan manusia. Karena konsep dan teori tersebut berpijak pada asumsi dasar atau pandangan para ahli psikologi tentang konsep pengetahuan sebagai obyek belajar dan manusia sebagai subyek belajar.

Penulis : Efendi,S.Pd.I Hal : 212 ISBN : 978-602-6481-01-6 Sinopsis : Adapun kajian tentang belajar itu sendiri, terdapat berbagai pendekatan yang digunakan oleh para ahli pendidikan, di antaranya ada yang mengkaji bagaimana belajar efektif ...

OPTIMALISASI STRATEGI PEMBELAJARAN

Strategi pembelajaran adalah salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Komponen-komponen pendidikan dan pengajaran diatur sedemikian rupa sehingga memiliki fungsi yang optimal dalam mencapai tujuan pengajaran dan pendidikan. Strategi pembelajaran juga memberikan alternatif terhadap proses pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di kelas. Semua sumber belajar, baik manusia maupun sarana dan prasarana dirancang dan direncanakan untuk membantu proses belajar para siswa. Untuk dapat melaksanakan tugasnya secara profesional, seorang guru dituntut dapat memahami dan memliki keterampilan yang memadai dalam mengembangkan berbagai strategi pembelajaran yang efektif, kreatif dan menyenangkan. Mencermati upaya reformasi pembelajaran yang sedang dikembangkan di Indonesia, para guru atau calon guru saat ini banyak ditawari dengan aneka pilihan strategi pembelajaran, yang kadang-kadang untuk kepentingan penelitian (penelitian akademik maupun penelitian tindakan) sangat sulit menermukan sumber-sumber literarturnya. Namun, jika para guru (calon guru) telah dapat memahami konsep atau teori dasar pembelajaran yang merujuk pada proses (beserta konsep dan teori) pembelajaran, maka pada dasarnya guru pun dapat secara kreatif mencobakan dan mengembangkan strategi pembelajaran tersendiri yang khas, sesuai dengan kondisi nyata di tempat kerja masing-masing, sehingga pada gilirannya akan muncul strategi-strategi pembelajaran versi guru yang bersangkutan, yang tentunya semakin memperkaya khazanah strategi pembelajaran yang telah ada.

Strategi pembelajaran adalah salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan.