Sebanyak 878 item atau buku ditemukan

PEMBELAJARAN SENI TARI DI INDONESIA DAN MANCANEGARA

Buku ini terdiri dari 6 BAB, mencakup metode sukses pembelajaran seni tari ABK, metode aktif learning pembelajaran seni tari di mancanegara, wawasan metode pembelajaran tari di jawa timur, jawa tengah dan jawa barat serta proses pembuatan pembelajaran karya tari di sekolah dasar.

Buku ini terdiri dari 6 BAB, mencakup metode sukses pembelajaran seni tari ABK, metode aktif learning pembelajaran seni tari di mancanegara, wawasan metode pembelajaran tari di jawa timur, jawa tengah dan jawa barat serta proses pembuatan ...

PROFIL PRODUK INOVASI

Inovasi merupakan salah satu penciri Universitas generasi ketiga yang selain dititik beratkan pada penyelenggaran pendidikan dan riset, yang tidak kalah pentingnya adalah berfokus pada pengembangan inovasi. Dalam rangka memasuki fase tersebut serta dengan status Universitas Hasanuddin (UNHAS) sebagai PTNBH, maka sejumlah perubahan signifikan telah dilakukan, termasuk organisasi. Salah satu perangkat organisasi yang memiliki peran strategis dalam pengembangan inovasi di UNHAS adalah Direktorat Inovasi dan Kewirausahaan. Melalui manajeman yang terintegrasi UNHAS berkomitmen untuk mengembangkan bisnis berbasis inovasi untuk mengoptimalkan income generating, sebagai perguruan tinggi inovasi yang merupakan penciri universitas generasi ketiga yang modern. Skema kemitraan yang dimaksud dilakukan secara silih berganti sebagai demand push (permintaan pasar) ataupun supply push (tawaran dari perguruan tinggi). Produk-produk inovasi yang dimiliki UNHAS yang merupakan buah karya dari para akademisi atau researcher-nya memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi produk yang dapat memasuki pasar dan memeberikan pilihan dan pengalaman baru bagi masyarakat. Lebih dari itu, Direktorat Inovasi dan Kewirausahaan ini juga mendapat amanah untuk mengembangkan kerjasama hilirisasi produk-produk yang dihasilkan oleh UNHAS. Dengan demikian, keberadaan direktorat ini membuat pengelolaan inovasi UNHAS menjadi lebih terintegrasi. Untuk mendukung implementasi kebijakan ini, langkah-langkah pembenahan terus dilakukan secara simultan dan bekelanjutan. Direktorat Inovasi dan Kewirausahaan bekerja mulai dari identifikasi potensi inovasi yang dihasilkan dari risetriset, melindungi hak kekayaan intelektual, mengembangkan produk-produk inovasi sampai pada proses komersialisasinya. Input dari pengelolaan inovasi ini adalah hasil-hasil riset terapan, sementara outputnya berupa income generating yang akan bermanfaat bagi pengelolaan institusi. Dalam rangka mengoptimalkan pengelolaan inovasi dan kewirausahaan tersebut, Direktorat Inovasi dan Kewirausahaan juga mengembangkan kemitraan dengan berbagai pihak. Oleh karena itu agar khalayak ataupun stakeholder mengetahui dan mendapatkan informasi yang memadai terkait aneka produk inovasi UNHAS, maka buku profil Produk Inovasi ini diterbitkan secara berkala.

Oleh karena itu agar khalayak ataupun stakeholder mengetahui dan mendapatkan informasi yang memadai terkait aneka produk inovasi UNHAS, maka buku profil Produk Inovasi ini diterbitkan secara berkala.

Inovasi Rumah Cokelat

Studi Kasus Hilirisasi Industri Cokelat di Provinsi Sulawesi Tengah

Sebagai daerah yang dikenal sebagai penghasil cokelat terbesar di Indonesia, industrialisasi coklat secara hulu-hilir harus segera diinisiasi. Rumah cokelat, merupakan inovasi Pemerintah Daerah Sulawesi Tengah kerja sama dengan Kementerian Perindustrian, sangat strategis dan bermanfaat bagi pembangunan ekonomi daerah serta mendukung Program Hilirisasi Industri cokelat di Sulawesi Tengah. Di samping kehadirannya merupakan inovasi daerah, dalam aktivitasnya pun melakukan berbagai kreativitas dan inovasi pembinaan, yakni melakukan hal-hal yang baru dan bermanfaat bagi industri kecil dan menengah cokelat. Hingga saat ini, rumah cokelat merupakan satu-satunya industri bahan setengah jadi cokelat yang ada di Daerah ini, dengan harapan ke depan rumah cokelat dapat bersinergi serta menjadi pemantik lahirnya industri cokelat skala besar dari pihak Swasta/BUMN di Provinsi Sulawesi Tengah.

Rumah cokelat, merupakan inovasi Pemerintah Daerah Sulawesi Tengah kerja sama dengan Kementerian Perindustrian, sangat strategis dan bermanfaat bagi pembangunan ekonomi daerah serta mendukung Program Hilirisasi Industri cokelat di Sulawesi ...

Technopreneurship: Strategi dan Inovasi

Dalam dunia bisnis saat ini dengan adanya teknologi tentu sangat memberikan kontribusi yang sangat besar. Apalagi dengan munculnya inovasi dalam teknologi telah membuka kesempatan dan tantangan yang baru bagi dunia bisnis. Sehingga sering sekali kita dengar istilah Teknopreneur. Technopreneurship merupakan gabungan dari kata technology dan entrepreneurship. Technopreneurship bisa dikatakan memanfaatkan teknologi yang berkembang untuk dijadikan peluang usaha atau metode untuk mengolah sesuatu agar terjadi efisiensi biaya dan waktu, sehingga dapat menghasilkan produk yang lebih berkulitas.

Alma, B. (2016) Kewirausahaan. 21st edn. Bandung: Alfabeta. Anonim (2020) Peluang Usaha. Available at: https://www.seputarpengetahuan.co.id/2020/03/peluang-usaha.html (Accessed: 7 April 2020). Basrowi (2016) Kewirausahaan Untuk ...

Manajemen Inovasi

Dunia telah berubah, sedang berubah, dan akan terus berubah. Cara kita dalam melakukan bisnis hari ini tidak akan menjadi cara kita melakukannya di masa depan. Untuk itu, inovasi perlu dilakukan agar organisasi memiliki keunggulan kompetitif yang membuatnya lebih unggul daripada pesaingnya. Inovasi yang dilakukan perlu dikelola dengan baik agar memberikan hasil yang optimal. Di sinilah peran manajemen inovasi sangat diperlukan oleh organisasi. Buku ini terdiri dari 9 (sembilan) bab, yaitu: Bab 1 Konsep Inovasi dalam Organisasi Bisnis Bab 2 Inovasi pada Usaha Kecil Bab 3 Manajemen Inovasi di Organisasi Bab 4 Ruang Lingkup Manajemen Inovasi di Organisasi Bab 5 Karakteristik Organisasi yang Inovatif Bab 6 Tantangan Mengimplementasikan Inovasi Bab 7 Peluang Bisnis Berbasis Inovasi Bab 8 Inovasi pada Usaha Baru (Startup) Bab 9 Pengembangan Inovasi dalam Organisasi

Inovasi yang dilakukan perlu dikelola dengan baik agar memberikan hasil yang optimal. Di sinilah peran manajemen inovasi sangat diperlukan oleh organisasi.

Advancing English Language Education

Advancing English Language Education Edited by Wafa Zoghbor & Thomaï Alexiou This volume contains a selection of nineteen articles that focus on skills and strategies for advancing English language teacher education in several contexts where English is taught to speakers of other language. The volume focuses on the teachers and learners as the prime participants in the learning process. The papers selected for inclusion represent the diverse backgrounds, experiences, and research interests of EFL educators and showcase contribution that document theory, research and pedagogy. The volume comprises six sections: Teacher Education and Professional Development; Young Learners; Testing and Assessment; Teaching of Writing Skills; Context-Specic Issues in EFL; Teaching, Learning, and Pedagogy Contributors: Alessandro Ursic, Alison Larkin Koushki, Athanasios Karasimos, Daria Grits, David Rear, Irshat Madyarov, Ivan Ivanov, James Milton, Laila Khalil, Larysa Nikolayeva, Mariam Al Nasser, Marianthi Serafeim, Marielle Risse, Marta Tryzna, Mher Davtyan, Michael M. Parrish, Nikita Berezin, Nour Al Okla, Peter Davidson, Richard D. Miller, Syuzanna Torosyan, Talin Grigorian, Thomaï Alexiou, Wafa Zoghbor, Zainab Rashed Aldhanhani

Advancing English Language Education Edited by Wafa Zoghbor & Thomaï Alexiou This volume contains a selection of nineteen articles that focus on skills and strategies for advancing English language teacher education in several contexts ...

PSIKOLOGI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Tersusunnya buku ini merupakan pengembangan modul pembelajaran dari Mata Kuliah Psikologi Pendidikan yang penulis ampu di beberapa program studi dan juga hasil kumpulan catatan dalam diskusi setiap sesi perkuliahan serta hasil penelitian penulis yang dilengkapi dengan referensi yang relevan. Pembahasan isi buku mengikuti pembaharuan karena adanya perubahan kurikulum dan perkembangan informasi mengenai dunia pendidikan. Melalui buku Psikologi Pendidikan Anak Usia Dini, para mahasiswa calon guru PAUD dan juga guru PAUD dapat lebih membuka dan memperluas wawasan mereka tentang psikologis anak usia dini. Selama mengasuh Mata Kuliah Psikologi Pendidikan di Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD), penulis membahasnya secara umum tentang aspek, proses, dan fenomena psikologis yang terjadi dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu, melalui buku ini penulis mencoba mengupas secara lebih khusus -meskipun masih sederhana- tentang hal-hal yang berkaitan langsung dengan psikologis anak usia dini yang terjadi dalam dan selama proses pendidikan berlangsung.

Melalui buku Psikologi Pendidikan Anak Usia Dini, para mahasiswa calon guru PAUD dan juga guru PAUD dapat lebih membuka dan memperluas wawasan mereka tentang psikologis anak usia dini.

Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Nilai Karakter

Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Nilai Karakter PENULIS: Alpansyah, Ph.D. Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-283-012-7 Terbit : Mei 2020 www.guepedia.com Sinopsis: Pesatnya kemajuan ilmu dan teknologi pada era globalisasi membawa pengaruh terhadap dunia pendidikan: pengaruh positif seperti informasi lebih mudah dan cepat, mudah untuk mengakses pelbagai peristiwa yang terjadi di berbagai belahan dunia dan pengaruh negatif terhadap tingkah laku peserta didik yang menjurus pada dekadensi moral. Atas dasar pemikiran itu, pembelajaran di sekolah perlu menekankan pada nilai-nilai karakter. Desain pembelajaran harus dilakukan melalui perancangan yang baik, pendekatan yang sesuai, dan kaidah pembelajaran. Sebelum melaksanakan pembelajaran seorang pengajar harus membuat persiapan pembelajaran. Persiapan tersebut akan menjadi panduan bagaimana kegiatan pembelajaran itu akan berlangsung: mulai dari aktivitas pendahuluan, aktivitas inti, dan terakhir akivitas penutup. Dalam buku ini dijelaskan desain pembelajaran yang dirancang dengan menerapkan Kaidah Respons Pembaca Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia (KRPDPBI) untuk memahamkan karakter kepada peserta didik. Penggunaan KRPDPBI dalam memahamkan nilai-nilai karakter telah dijalankan melalui eksperimen berdasarkan pengujian data statistik. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Nilai Karakter PENULIS: Alpansyah, Ph.D. Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-283-012-7 Terbit : Mei 2020 www.guepedia.com Sinopsis: Pesatnya kemajuan ilmu dan teknologi pada era globalisasi ...

Karakter Nasionalis Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Siswa SMA

Pembelajaran sejarah sejatinya memainkan peranan yang strategis dalam pembentukan karakter, karena sejarah sebagai pelajaran menginformasikan berbagai peristiwa yang dapat di jadikan teladan. Belajar sejarah merupakan kegiatan untuk mengurai kembali memori yang ada untuk di jadikan nilai. Belajar sejarah adalah melihat diri sendiri. Dengan melihat diri sendiri sesungguhnya pembelajar telah mengukur kemampuannya. Sehingga dengan demikian, dapat menentukan pilihan terbaik untuk dirinya. Pada tataran inilah syarat menjadi guru kehidupan dan menjadikan orang bijak. Buku ini mengulas tentang karakter nasionalisme dan pembelajaran sejarah yang dilakukan pada satuan pendidikan di tingkat Sekolah Menengah Atas. Siswa SMA merupakan generasi yang berada dalam suasana kejiwaan yang menjurus pada proses pembentukan karakter. Agar dalam proses ini tidak terjadi salah langkah, kiranya perlu hal-hal yang dapat di jadikan sebagai panduan dalam mewujudkan karakter yang terukur. Karakter nasionalisme dalam pembelajaran sejarah dimaksudkan untuk mengisi hal-hal yang dapat membentuk karakter sekaligus dapat dijadikan sebagai panduan untuk mengukur kelayakan pembelajar sebagai generasi yang berkarakter nasionalis.

Pembelajaran sejarah sejatinya memainkan peranan yang strategis dalam pembentukan karakter, karena sejarah sebagai pelajaran menginformasikan berbagai peristiwa yang dapat di jadikan teladan.

PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN HYBIRD LEARNING DALAM PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS ULUL ALBAB

Hybrid learning adalah pembelajaran kombinasi antara tatap muka, pembelajaran berbasis komputer (offline) dan pembelajaran berbasis internet (online). Melalui blended learning semua sumber belajar yang dapat memfasilitasi terjadinya belajar bagi mahasiswa dapat dikembangkan. Pembelajaran blended dapat menggabungkan pembelajaran tatap muka (face-to-face) dengan pembelajaran berbasis komputer.

Hybrid learning adalah pembelajaran kombinasi antara tatap muka, pembelajaran berbasis komputer (offline) dan pembelajaran berbasis internet (online).