Sebanyak 3513 item atau buku ditemukan

KAPITA SELEKTA PENDIDIKAN ISLAM

Pada masa awal penulis mempersiapkan buku ini, tema yang tertuang dalam buku ini merupakan rangkuman penulis pada waktu menyampaikan mata kuliah kapita selakta pendidikan Islam sebagai mata kuliah yang harus disampaikan kepada mahasiswa calon pendidik di lembaga pendidikan Islam. Orientasi mata kuliah ini adalah memberikan wawasan kepada mahasiswa calon pendidik, agar mereka senantiasa meng-update pengetahuan tentang pendidikan terutama pendidikan Islam, sehingga dapat memberikan wawasan dan pengetahuan dalam mencari solusi dan alternatif dalam pengelolaan pendidikan Islam

Pada masa awal penulis mempersiapkan buku ini, tema yang tertuang dalam buku ini merupakan rangkuman penulis pada waktu menyampaikan mata kuliah kapita selakta pendidikan Islam sebagai mata kuliah yang harus disampaikan kepada mahasiswa ...

ILMU & aplikasi pendidikan

Khedevi Ismail , pada 1868 , mengeluarkan ketetapan untuk mengintegrasikan madrasah dan kuttab ke dalam sistem ... tradisional Islam dalam gelombang modernisasi yang diterapkan para penguasa di masing - masing negara tersebut .

Madrasah Dan Profesionalisme Guru Dalam Arus Dinamika Pendidikan Islam Di Era Otonomi Daerah

Di Indonesia, negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam, madrasah seperti halnya juga pondok pesantren memiliki peran yang tidak bisa diabaikan hingga kini. Secara historis, madrasah merupakan lembaga pendidikan formal pertama yang lahir dari kesadaran kritis kalangan umat Islam di awal abad ke-20M. Kesadaran kritis tentang ketertinggalan umat Islam Tanah Air di tengah cengkeraman kuat kolonialisme Belanda dan ketatnya penetrasi zending Kristen melahirkan madrasah sebagai lembaga penting pembangunan kehidupan umat Islam.ÊNamun dalam perkembangannya, madrasah menemukan beragam tantangan yang tidak sedikit. Mulai dari dinamika keilmuan yang menuntutnya mempertahankan sikap adaptif atas perkembangan zaman hingga perhatian pemerintah yang dinilai sangat jauh dibanding perhatian yang diberikannya pada sekolah-sekolah umum. Terlepas dari beragam tantangan yang dihadapi, madrasah tetap berjalan dan mempertahankan kontribusinya dalam kehidupan masyarakat Muslim di Tanah Air hingga kini. Buku ini merupakan kompilasi tulisan Kang Dede yang pernah dipresentasikan atau dipublikasikan di sejumlah kesempatan. Karena itu, jika ditemukan kesamaan atau pengulangan, karya ini tidak dimaksudkan sebagai self-plagiarism. Alih-alih demikian, karya ini merupakan bagian dari ikhtiar kontekstualisasi sekaligus penegasan gagasan tentang perlunya pengembangan madrasah dan penguatan profesionalisme guru sebagai bagian penting dalam pengembangan pendidikan di Tanah Air. *** Persembahan penerbit Kencana (PrenadaMedia)

Khusus untuk pendidik, diperkuat lagi dengan UU Nomor 14 Tahun 2005 yang meregulasi profesionalisme guru dan dosen, karena keduanya merupakan unsur utama pendidikan. Pada akhirnya, visi menjadi bangsa mandiri, maju adil dan makmur akan ...

Pondok pesantren & pendidikan kewarganegaraan di daerah minoritas Muslim

On civic education in Islamic religious training centers in Indonesia; collection of articles.

On civic education in Islamic religious training centers in Indonesia; collection of articles.

PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM; Reinterpretasi Berbasis Interdisipliner

Buku ini merupakan pengantar atau kajian awal bagi siapa pun yang hendak mengembangkan Pendidikan Agama Islam (PAI) dari berbagai sudut pandang; filsafat, psikologi, sosiologi, dan institusi. Tujuannya adalah agar pendidikan Agama Islam dapat berkembang secara dinamis di tengah krisis kebangsaan yang multidimensi. Sungguh pun demikian, bukan berarti pengembangan PAI bisa dilakukan secara serampangan. Yakni, mengadopsi segala hal yang datang dari “luar” tanpa seleksi yang cermat. Bagaimanapun, PAI masih dihadapkan pada permasalahan dan kenyataan yang kompleks. Di antaranya persoalan normatif-ideologi, perbedaan kondisi alam, ekonomi, sosio-kultural, dan kesiapan semua pihak terutama masyarakat dalam menghadapi perubahan-perubahan. Bisa dikatakan, pengembangan sistem pendidikan Islam akan banyak menyentuh dimensi-dimensi normatif-ideologis, filosofis, psikologis,sosiologis, historis, kultural, ekonomi, dan bahkan kebijakan politik. Dalam usaha mengatasi persoalan-persoalan di atas, penulis mencoba memberikan tawaran-tawaran gagasan tentang pengembangan PAI dari berbagai perspektif. Selain itu, penulis berharap buku ini bisa menjadi titik tolak dan landasaran yang kokoh bagi pelaksana Pendidikan Agama Islam, pengembang, dan penentu kebijakan pendidikan dalam mengembangkan serta menyelenggarakan program PAI, baik di sekolah-sekolah, madrasah, pesantren maupun di perguruan tinggi.

45 Pada Pasal 32 Ayat 1 UU Sisdiknas 2003 dikatakan “Pendidikan khusus merupakan pendidikan bagi peserta didik yang memiliki tingkat kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran karena kelainan fisik, emosional, mental, sosial, ...

Pendidikan Kewarganegaraan & Pendidikan Anti Korupsi

Buku Pendidikan Kewarganegaraan & Pendidikan Anti Korupsi hadir untuk melengkapi pembelajaran dalam mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan dan Pendidikan Anti Korupsi Buku secara garis besar, buku ini berisi tentang Pendidikan Wawasan Kebangsaan, Demokrasi, Hukum, Multikultural, dan Kewarganegaraan Dan Pendidikan

Buku Pendidikan Kewarganegaraan & Pendidikan Anti Korupsi hadir untuk melengkapi pembelajaran dalam mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan dan Pendidikan Anti Korupsi Buku secara garis besar, buku ini berisi tentang Pendidikan Wawasan ...

Pendidikan Pancasila

Upaya Internalisasi Nilai - Nilai Kebangsaan

Buku ini merupakan bahan bacaan bagi mahasiswa untuk matakuliah Pendidikan Pancasila. Sengaja disebut sebagai bahan bacaan, karena nilai - nilai yang ada dalam Pancasila tidak bisa direduksi dalam rumusan-rumusan baku, melainkan harus digali terus menerus melalui bacaan - bacaan dan pengalaman konkret di lapangan. Dengan upaya ini nilai-nilai Pancasila yang diterima oleh generasi bangsa menjadi sesuatu yang hidup. Buku ini dapat menembah referensi bagi mahasiswa dan dosen pancasila.

Buku ini merupakan bahan bacaan bagi mahasiswa untuk matakuliah Pendidikan Pancasila.