Sebanyak 5316 item atau buku ditemukan

Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMP/MTs Kelas 8

Pada tahun 2013, pemerintah memberlakukan kurikulum 2013 sebagai acuan penyelenggaran sistem pendidikan di sekolah yang ada di Indonesia. Diberlakukannya kurikulum 2013 bertujuan untuk menggantikan kurikulum sebelumnya, yakni kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) yang sudah diberlakukan sejak tahun 2006. Pada perjalanannya, kurikulum 2013 mengalami revisi pada tahun 2016. Ada sejumlah perubahan pada kurikulum 2013 revisi 2016 ini. Beberapa poin penting dari kurikulum revisi ini diantaranya menggunakan metode pembelajaran aktif, proses berpikir siswa yang tidak dibatasi, penyederhanaan aspek penilaian siswa oleh guru, meningkatkan hubungan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD), serta penerapan teori 5M (mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, dan mencipta). Seiring dengan direvisinya sistem kurikulum 2013, maka setiap mata pelajaran di sekolah pun turut mengalami perubahan, tak terkecuali mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti . Buku “Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016” disusun mengacu pada standar kurikulum 2013 revisi 2016. Dalam buku ini, setiap materi disajikan sedemikian rupa sehingga mudah dipahami oleh siswa. Siswa juga diajak untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran melalui buku ini. Buku “Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016” dapat dijadikan sebagai rujukan utama mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 8 SMP sederajat yang menggunakan kurikulum 2013 revisi 2016.

Smp/Mts Kl.Viii Pai & Budi Pekerti Kurikulum 2013 Ed 2016

Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTS Kelas 7

Buku ini merupakan bahan ajar mata pelajaran PAI untuk pegangan siswa pada jenjang Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah berdasarkan Kementerian Agama Republik Indonesia 2021 dengan tujuan untuk membantu siswa dalam proses belajar PAI. Buku ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang dipergunakan dalam Kementerian Agama Republik Indonesia 2021, siswa diberanikan untuk mencari dari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersedian kegiatan pada buku ini. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah menerbitkan Buku PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMP/MTS KELAS 7. Kurikulum ini sendiri memberikan keleluasan bagi satuan pendidikan dan guru untuk mengembangkan potensinya serta keleluasan bagi siswa untuk belajar sesuai dengan kemampuan dan perkembangannya. Untuk mendukung pelaksanaan Kurikulum tersebut, diperlukan penyediaan buku teks pelajaran yang sesuai dengan kurikulum tersebut. Buku teks pelajaran ini merupakan salah satu bahan pembelajaran bagi siswa dan guru. Buku Sekolah Penggerak tingkat SMP ini disusun sebagai upaya untuk menyiapkan siswa agar menjadi peserta didik yang mewujudkan visi dan misi yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian seperti Pelajar Pancasila. Buku Teks Pelajaran sekolah penggerak dibuat berdasarkan Peta Jalan Pendidikan Nasional 2020–2035 dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan nasional. Terutama faktor perbaikan kurikulum nasional, pedagogi, dan penilaian. Detail Jumlah Halaman 272 Penerbit Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemendikbud Tanggal Terbit 22 Jul 2022 Berat 0.485 kg ISBN 9786022444343 Lebar 17.8 cm Bahasa Indonesia Panjang 25 cm

Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah menerbitkan Buku PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMP/MTS KELAS 7.

Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti untuk SMP/Mts Kelas VIII

Buku ini merupakan penjabaran dari Standar Isi Kurikulum 2013 yang menitikberatkan pada aspek sikap spiritual (Kompetensi Inti 1) dan sikap sosial (Kompetensi Inti 2). Namun demikian, agar KI-1 dan KI-2 dapat terimplementasi dengan benar, dijabarkan pula aspek pengetahuan dan keterampilan. Diharapkan buku ini mampu menggugah kepekaan peserta didik terhadap isu-isu aktual, kemudian bisa menyelesaikan masalah-masalah tersebut dengan baik. Memang, dalam buku ini tidak semua pengetahuan dan keterampilan dijabarkan secara luas. Hal ini sengaja dilakukan agar peserta didik mau mencari informasi lain sebagai pendalaman dan perluasan materi. Hal ini sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum 2013, bahwa peserta didik harus mencari tahu, bukan diberi tahu. Sudah barang tentu dalam penyusunan buku ini masih banyak kekurangan dan kekhilafan. Oleh karena itu, penulis dengan sangat ikhlas menerima kritik dan saran dari seluruh pembaca, demi kesempurnaan penyusunan buku ini pada saat mendatang.

Sudah barang tentu dalam penyusunan buku ini masih banyak kekurangan dan kekhilafan. Oleh karena itu, penulis dengan sangat ikhlas menerima kritik dan saran dari seluruh pembaca, demi kesempurnaan penyusunan buku ini pada saat mendatang.

Pendidikan agama Islam di SMP Islam terpadu

On study and teaching of Islam as an academic field in Islamic junior high school in Indonesia; collection of articles.

Pendidikan agama Islam untuk siswa SMTP

Islamic religious education of junior high school students.

Islamic religious education of junior high school students.

GRAND THEORY MODEL Sebuah Rekonstruksi Ilmu dengan Nilai-Nilai Islam Program Doktor Ilmu Manajemen

Buku ini disusun menjadi empat bagian sesuai dengan kosentrasi yang ada di Program Doktor Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Unissula Semarang. Meliputi manajemen pemasaran, manajemen strategi, manajemen sumber daya manusia dan manajemen keuangan.

Improve islamic financial literacy and optimize the islamic economy through financial technology: INPES apps. Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis, Vol. ... Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan (Fundamental Financial Management).

OVERVIEW OF ISLAMIC FINANCE

Konsep Praktis Manajemen Keuangan Syariah dan Cara Menghindari Jeratan Bunga Pinjaman Online Ilegal

Di era perkembangan teknologi saat ini, kehadiran layanan pinjaman online atau financial technology lending bukan lagi suatu adaptasi inklusi keuangan yang baru. Akan tetapi layanan pinjaman berbasis online ini, seiring perkembangannya sudah mulai banyak terjamah oleh masyarakat. Namun minimnya tingkat literasi keuangan masyarakat mengenai financial technology lending mengakibatkan sebagian dari mereka terjebak pada kubangan pinjaman online ilegal yang kemudian menjamur di masyarakat dengan mekanisme pembiayaan yang sangat merugikan, dimana bunga yang ditekan sangatlah tinggi. Dalam buku ini, penulis mencoba menjabarkan bagaimana upaya yang dibutuhkan untuk mengatasi layanan pinjaman online berkedok penipuan (ilegal) serta bagaimana melakukan manajemen utang yang tepat dan skala prioritas konsumsi berbasis islami. Karena seseorang yang terlilit utang biasanya disebabkan oleh kurang pandainya me-manage antara kebutuhan dan keinginan, sehingga jika tidak dikendalikan akan menjadi animo yang buruk untuk terus terjerat dalam utang piutang berbasis bunga salah satunya pinjaman online ilegal. Selain itu, dalam buku ini disinggung banyak mengenai layanan pinjaman online atau mekanisme pembiayaan lainnya yang berbasis syariah yang tidak menerapkan sistem bunga/ribawi, serta pengelolaan keuangan berbasis islami untuk menjadi solusi dalam menciptakan keuangan rumah tangga yang sejahtera.

Di era perkembangan teknologi saat ini, kehadiran layanan pinjaman online atau financial technology lending bukan lagi suatu adaptasi inklusi keuangan yang baru.

Ekonomi Mikro Islam

Pada pokoknya mendirikan suatu bangunan itu dmulai dengan meletakkan fondasi (foundation)) yang kuat. Di atasnya dibangun lantai dasar (ground floor). Di atas lantai dasar ditegakkan tiang-tiang penyengga (pillar). Dalam sistem rumah Jawa, pendopo di bagian tengannya ditegakkan 4 tiang utama yang disebut soko-guru (main pillar). Lalu dibangun flafon (plafond). Dan paling atas dibangun atap (roof). Pada bangunan rumah itu tentu ada pintu-pintu (door) yang merupakan ruang masuk dan keluar dan jendela (window) yang menghubungkan ruang dalam dan dunia luar. Sudah barang tentu masalahnya adalah, bagaimana menginterpretasi bangunan rumah atau gedung itu dengan bangunan ekonomi yang sifatnya abstrak. Interpretasi itu adalah material atau bahan-bahan bangunan. Dalam Ekonomi Islam, bahan bangunan itu adalah ajaran Islam yang bersumber dari al Qur’an dan Sunah serta tradisi pemikiran yang telah dikembangkan oleh para ulama, filsuf dan tindakan-tindakan para pemimpin Islam, seperti para sahabat dan pemimpin-pemimpin berikutnya yang dicatat dalam sejarah perkembangan perekonomian. Suroso Imam Djazuli dari Universitas Erlangga bahkan berpendapat bahwa hakekat Ekonomi Islam itu adalah praktek kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh Nabi dan para sahabatnya.

... Islam jika pasar dalam situasi normal. Hanbali menolak keras kebijakan ... Islamic Microeconomic, (Jakarta: Muamalat Institute, 2001), hlm. 4 4 Adiwarman A, Karim, Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam (Jakarta: PT. 170 | Ekonomi Mikro Islam.

Ekonomi Mikro Islam

Adapun tujuan penyusunan buku Ekonomi Mikro Islam ini terutama bagi pembaca untuk memenuhi kebutuhan menambah wawasan maupun bahan perkuliahan, ditambah pesatnya perkembangan informasi global di dalam dunia perekonomian, sehingga menuntut para pembaca harus bijak dalam bertindak dan cerdas dalam berfikir

Adapun tujuan penyusunan buku Ekonomi Mikro Islam ini terutama bagi pembaca untuk memenuhi kebutuhan menambah wawasan maupun bahan perkuliahan, ditambah pesatnya perkembangan informasi global di dalam dunia perekonomian, sehingga menuntut ...