Sebanyak 5316 item atau buku ditemukan

Ekonomi Digital dan Sistem Keuangan Islam - Jejak Pustaka

Sistem keuangan syariah tidak hanya fokus pada pembahasan agama dan keyakinan, akan tetapi kesejahteraan sosial masyarakat, etika, moral dan hak asasi manusia merupakan ruang lingkup pembahasan yang harus lebih serius untuk dikaji. Krisis global 2008 yang terjadi memberikan pelajaran bahwa pentingnya saling tolong menolong. Kondisi ini menyebabkan banyak negara mempraktekkan prinsip syariah agar dapat bertahan dari krisis ekonomi. Pada konteks bisnis, diperlukan adanya transparansi ii untuk menghasilkan keberlangsungan bisnis. Konsep akad dalam sistem keuangan syariah mengajarkan pentingnya transparansi agar setiap pihak tidak merasa dirugikan. Buku ini hadir untuk membahas isu dan problem tentang ekonomi digital dan sistem keuangan Islam.

... digital Islamic finance and blockchain technology . Qualitative Research in Financial Markets , 13 ( 3 ) , 328-341 . Dinar Standard ( 2020 ) , “ State of the global Islamic economy report 2020/21 " , available at : https://cdn ...

Teologi Ekonomi Islam

Teologi menjadi dasar perilaku kehidupan seseorang, teologi berhubungan erat dengan sikap atau perilaku orang-orang yang meyakininya. Konsep teologi yang diyakini oleh seseorang tersebut akan menjadi dasar bagi kehidupannya. Doktrin-doktrin teologi yang bersifat dialektik lebih diarahkan untuk mempertahankan ajaran dan memelihara kemurniannya yang bersifat teosentris, bukan untuk mendiskusikan masalah-masalah yang berkaitan dengan watak sosial dan sejarah kemanusiaan yang antroposentris. Teologi bukan hanya sekadar dogma keagamaan yang kosong tetapi menjelma sebagai ilmu tentang perjuangan politik, sosial dan ekonomi. Oleh karena itu, teologi menjadikan keimanan berfungsi secara aktual sebagai landasan etik dan motivasi tindakan manusia. Buku ini menggambarkan teologi ekonomi dalam bingkai keyakinan akidah Islam yang dapat menjadi kekuatan dan motivasi untuk membangun ekonomi berlandaskan syariah sebagai sebuah tawaran solusi agar memungkinkan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun tidak sebatas kesejahteraan ekonomi saja, melainkan mencakup permasalahan persaudaraan manusia dan keadilan sosial-ekonomi, kesucian kehidupan, kehormatan individu, harta, kedamaian dan kebahagiaan jiwa, serta keharmonisan kehidupan keluarga dan masyarakat. Semua itu terkandung dalam nilai-nilai moral ajaran Islam, menjadikan kesejahteraan kehidupan untuk meningkatkan jiwa manusia selalu bergerak menuju ridla Ilahi.

... fintech. Ekonomi Islam digital memiliki pasar yang potensial di beberapa sektor industri, mulai dari pendidikan, makanan halal, pariwisata ramah ... digital di Indonesia memiliki sejumlah peluang dan tantangan 163 BAB 12. Perbankan Syariah.

Hukum perkawinan, hukum kewarisan, hukum acara peradilan agama dan zakat menurut hukum Islam

Islamic marriage, inheritance, civil procedural laws applied at the religious courts; collection of articles.

Islamic marriage, inheritance, civil procedural laws applied at the religious courts; collection of articles.

MANUSIA DAN BUDAYA WIRAUSAHA DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Tulisan dalam buku ini disusun sebagai bentuk kepedulian terhadap masalah ketimpangan sumber daya manusia dengan kebutuhan wirausahawan. Tidak dipungkiri keberadaan usaha menjadi solusi jitu untuk membebaskan manusia dari penurunan kualitas hidup. Meski demikian, moralitas, dan pendidikan tetap bertugas menjaga produktifitas agar lebih bernilai guna, melampaui tuntutan material. Kesalehan produktifitas menjadi logika usaha yang berdimensi nilai ini. Teknologi digital yang terus berkembang juga menambah carut marut masalah bagi kelompok manusia yang belum siap berkompetisi secara global. Evolusi kerja tidak bisa dibendung lagi. Dibutuhkan terobosan potensi yang telah dimiliki manusia agar menjadi manusia yang lebih komptetitif. Islam sebagai agama penyempurna telah menegaskan bahwa manusia memiliki akal pikir yang luar biasa, dan bisa digunakan untuk mencetak ide atau kreatifitas termasuk di bidang ekonomi. Kewirausahaan juga perlu dilihat dalam kajian sosial budaya, sebab kewirausahaan menghubungkan ikatan-ikatan sosial serta kepribadian yang membangun perilaku komunitas yang sadar dengan hakikatnya sebagai manusia yang berperadaban. Produsen, konsumen, pedagang, pekerja, pemerintah, pendidik, sejatinya memiliki hubungan yang intim dalam hal kebutuhan hidup. Ketiadaan usaha menjadi momok luar biasa yang siap menghancurkan martabat manusia kapan saja. Membangun usaha tidak bisa ditunda lagi, sebagaimana tuntutan agar manusia tetap bertahan di dunia ini. Moralitas Islam membantu manusia melampaui target badaniyah tersebut melalui nilai-nilai yang bersumber pada Alquran dan menjabarkannya sesuai kodrat manusia.

Tulisan dalam buku ini disusun sebagai bentuk kepedulian terhadap masalah ketimpangan sumber daya manusia dengan kebutuhan wirausahawan.

Kepemimpinan Kepala Sekolah : Strategi Meningkatkan Etos Kerja Guru Pendidikan Agama Islam

Seorang pemimpin adalah inspirator perubahan dan visioner, yaitu memiliki visi yang jelas dalam mengelola organisasi atau sekolah yang dipegang. Secara sederhana bahwa pemimpin adalah orang yang memegang kendali terhadap semua persoalan yang tengah dihadapi, sebuah lembaga pendidikan bisa mengukur keberhasilan sangat bergantung dari cara pengelolaan seorang pemimpin. Maka dari itu, untuk mencapai keberhasilan dalam meningkatkan mutu pendidikan dibutuhkan kolaborasi dari pemimpin pendidikan atau kepala sekolah dengan guru terutama dalam meningkatkan etos kerja guru, karena proses untuk mencapai tujuan tersebut sangat dibutuhkan kekompakan visi misi, kekompakan pandangan dan kerja sama yang baik anatara kepala sekolah dengan guru. Meilhat dari beberapa rujukan refernsi buku tentang peningkatan etos kerja guru pendidikan agama islam yang kaitan langsung dengan strategi kepemimpinan kepala sekolah sangat minim ketersediaanya. Maka hadirnya buku ini sebagai salah satu solusi untuk menjawab kekurangan dari ketersediaan buku etos kerja guru pendidikan agama Islam. Buku ini akan mengupas tentang gaya, strategi dan peran kepemimpinan kepala sekolah berdasarkan fungsinya dalam meningkatkan etos kerja guru pendidikan agama islam. Di samping itu, buku ini mengupas tentang tugas dan dan tanggung jawab guru. Buku ini sangat cocok untuk kepala sekolah dan juga guru sebagai konsep dasar dalam mengelola lembaga pendidikannya untuk meningkatkan etos kerja guru pendidikan agama islam.

Buku ini akan mengupas tentang gaya, strategi dan peran kepemimpinan kepala sekolah berdasarkan fungsinya dalam meningkatkan etos kerja guru pendidikan agama islam.

Pemimpin transformasional di lembaga pendidikan Islam

menggerakkan orang melakukan perubahan kelembagaan

On leadership according to Islam and its implementation in Islamic educational institutions with reference to Indonesia.

Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMP/MTs Kelas 9

Pada tahun 2013, pemerintah memberlakukan kurikulum 2013 sebagai acuan penyelenggaran sistem pendidikan di sekolah yang ada di Indonesia. Diberlakukannya kurikulum 2013 bertujuan untuk menggantikan kurikulum sebelumnya, yakni kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) yang sudah diberlakukan sejak tahun 2006. Pada perjalanannya, kurikulum 2013 mengalami revisi pada tahun 2016. Ada sejumlah perubahan pada kurikulum 2013 revisi 2016 ini. Beberapa poin penting dari kurikulum revisi ini diantaranya menggunakan metode pembelajaran aktif, proses berpikir siswa yang tidak dibatasi, penyederhanaan aspek penilaian siswa oleh guru, meningkatkan hubungan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD), serta penerapan teori 5M (mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, dan mencipta). Seiring dengan direvisinya sistem kurikulum 2013, maka setiap mata pelajaran di sekolah pun turut mengalami perubahan, tak terkecuali mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Buku “Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas 9 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016” disusun mengacu pada standar kurikulum 2013 revisi 2016. Dalam buku karya Moh. Suyono ini, setiap materi disajikan sedemikian rupa sehingga mudah dipahami oleh siswa. Siswa juga diajak untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran melalui buku ini. Buku “Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas 9 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016” dapat dijadikan sebagai rujukan utama mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 9 SMP sederajat yang menggunakan kurikulum 2013 revisi 2016.

Smp/Mts Kelas IX Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti Kurikulum 2013 edisi revisi 2016

Pasti Bisa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMP/MTs Kelas IX

Untuk versi cetak, silakan kunjungi link: http://www.penerbitduta.com/read_resensi/2021/2/pasti-bisa-pendidikan-agama-islam-dan-budi-pekerti-untuk-smpmts-kelas-ix#.YW1DyFVBxhE Seri buku PASTI BISA merupakan buku pengayaan yang disusun berdasarkan Kurikulum 2013. Buku ini berisi materi dan soal-soal latihan untuk membantu siswa menghadapi ulangan harian dan ulangan akhir semester. Buku yang membantu siswa mempersiapkan diri agar sukses meraih nilai tinggi ini disusun dengan sistematika sebagai berikut. • Berisi ringkasan materi pelajaran sesuai Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) dalam Kurikulum 2013. • Dilengkapi contoh-contoh soal pada setiap subbab yang dibahas secara gamblang dan mudah dipahami (belajar melalui contoh). • Dilengkapi soal-soal latihan yang komprehensif di bagian akhir bab untuk menguji pemahaman materi di setiap bab. • Dilengkapi soal-soal Penilaian Hasil Belajar Semester 1 dan Penilaian Hasil Belajar Semester 2 sebagai latihan untuk menghadapi ulangan akhir semester. Seri PASTI BISA membantu mencapai kesuksesan meraih nilai tinggi pada ulangan harian dan ulangan akhir semester.

Untuk versi cetak, silakan kunjungi link: http://www.penerbitduta.com/read_resensi/2021/2/pasti-bisa-pendidikan-agama-islam-dan-budi-pekerti-untuk-smpmts-kelas-ix#.YW1DyFVBxhE Seri buku PASTI BISA merupakan buku pengayaan yang disusun ...

Blak-blakan Bahas Mapel Pendidikan Agama Islam SMP

Buku ini mengacu kepada materi mata pelajaran PAI SMP kelas 7, 8 dan 9 yang dikombinasikan dengan kisi-kisi dan soal-soal Try Out dan USBN PAI yang tercover dalam bentuk simulasi soal USBN Plus kunci jawaban dan pembahasan. Penyelesaian soal dibuat dengan metode yang sederhana disertai trik-trik khusus untuk menjawab setiap soal secara teori dan nalar. Trik-trik ini penyusun dapatkan sebagai hasil dari pengalaman mengajar dan pengamatan atas setiap soal PAI yang ada.

Buku ini mengacu kepada materi mata pelajaran PAI SMP kelas 7, 8 dan 9 yang dikombinasikan dengan kisi-kisi dan soal-soal Try Out dan USBN PAI yang tercover dalam bentuk simulasi soal USBN Plus kunci jawaban dan pembahasan.