Sebanyak 1529 item atau buku ditemukan

Ekonomi Kreatif

Ekonomi kreatif adalah sumber pertumbuhan baru ekonomi Indonesia yang diperlukan untuk mencapai target pembangunan jangka panjang. Ketersedian sumber daya manusia dalam jumlah besar dapat ditransformasikan menjadi orang-orang kreatif yang akan menciptakan nilai tambah yang besar terhadap sumber daya alam dan budaya yang melimpah ketersediaannya. Penduduk yang besar, khususnya kelas menengah yang jumlahnya terus meningkat merupakan pasar karya kreatif yang besar di dalam negeri. Pasar global untuk karya kreatif juga diperkirakan akan meningkat seiring dengan mulai membaiknya perekonomian global dan emerging market. Kombinasi ketersediaan sumber daya dan pasar yang besar ini berpontensi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif yang lebih pesat di masa datang dan menjadikan ekonomi kreatif sebagai salah satu sumber pertumbuhan baru dalam perekonomian Indonesia.

... kreatif yang masih dalam bentuk sebuah ide baru dapat dituangkan untuk memunculkan sesuatu yang baru yang inovatif dengan tujuan adanya perubahan baru yang lebih baik. Hubungan antara kreatif dan inovatif dapat ditunjukkan pada gambar ...

Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif

Buku ini dikemas dengan sederhana untuk membantu mahasiswa atau pemula agar dapat memahami tentang makna kewirausahaan dan ekonomi kreatif. Di mana sekarang ini telah terjadi pergolakan perekonomian global ke arah industri kreatif. Di mana produk dari industri kreatif biasanya memiliki ciri atau khas yang khusus sulit untuk ditiru dan memiliki suatu keunikan sehingga produk ini dapat bertahan dalam situasi perekonomian yang sedang sulit dan sangat membantu tingkat pertumbuhan ekonomi suatu negara termasuk Indonesia. Serta memiliki dampak yang luas terhadap sektor lain sehingga dapat mengangkat citra Bangsa di mata dunia.

Buku ini dikemas dengan sederhana untuk membantu mahasiswa atau pemula agar dapat memahami tentang makna kewirausahaan dan ekonomi kreatif.

Model Pembelajaran Multimodal Bermuatan Ekonomi Kreatif

Panduan Praktis Pembelajaran Multimodal di Perguruan Tinggi

Pembelajaran multimodal, yang melibatkan berbagai bentuk media seperti teks, gambar, audio, dan video, telah terbukti menjadi cara yang efektif untuk mengaktifkan berbagai saluran sensorik dan memfasilitasi pemahaman yang lebih dalam. Buku ini menawarkan alternatif pembelajaran fundamental di perguruan tinggi di mana model pembelajaran multimodal dipadukan dengan konsep ekonomi kreatif. Saat ini, pada era yang semakin kompetitif dan dinamis, perguruan tinggi perlu beradaptasi dengan cara-cara baru dalam memberikan pemahaman yang mendalam kepada mahasiswa tentang konsep ekonomi kreatif dan bagaimana mengaplikasikannya dalam praktik. Buku ini membahas langkah-demi-langkah tentang bagaimana merancang dan menerapkan model pembelajaran multimodal bermuatan ekonomi kreatif di lingkungan perguruan tinggi. Pembaca akan diberikan wawasan tentang bagaimana memilih modalitas media yang tepat untuk menyampaikan konsep ekonomi kreatif secara efektif kepada mahasiswa. Dalam setiap langkah, penekanan diberikan pada pengembangan keterampilan kritis, kreativitas, dan kemampuan mahasiswa untuk menghubungkan teori dengan aplikasi nyata. Sebagai bonus, buku ini menawarkan panduan praktis untuk mengintegrasikan prinsip-prinsip ekonomi kreatif ke dalam proyek-proyek pembelajaran, memberikan mahasiswa kesempatan untuk mengembangkan solusi kreatif untuk tantangan nyata dalam industri. Dengan demikian, buku ini tidak hanya merangsang pemahaman teoritis tetapi juga mendorong pengembangan keterampilan praktis yang diperlukan untuk sukses di dunia ekonomi kreatif yang terus berkembang. Buku ini sangat relevan bagi pendidik, dosen, dan praktisi pendidikan tinggi yang ingin menciptakan pengalaman belajar yang berdaya guna dan relevan bagi mahasiswa di era ekonomi kreatif. Dengan model pembelajaran multimodal yang menarik dan berfokus pada ekonomi kreatif, buku ini menawarkan konsep inovatif yang dapat mengubah cara pembelajaran di perguruan tinggi untuk menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan industri kreatif dengan percaya diri dan pengetahuan yang mendalam.

Buku ini membahas langkah-demi-langkah tentang bagaimana merancang dan menerapkan model pembelajaran multimodal bermuatan ekonomi kreatif di lingkungan perguruan tinggi.

EKONOMI KREATIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL

Berubahnya peta perekonomian global menempatkan kreatifitas menjadi modal utama dalam menghadapi tantangan global. Dalam konteks globalisasi, daya saing merupakan kunci utama untuk bisa sukses dan bertahan (Bahri, 2014). Daya saing ini muncul tidak hanya dalam bentuk produk dalam jumah banyak namun juga berkualitas. Kualitas produk tersebut dapat diperoleh melalui pencitraan ataupun menciptakan produk-produk inovatif yang berbeda dari wilayah lainnya, sehingga diperlukan kreativitas yang tinggi untuk dapat men- ciptakan produk-produk inovatif dan berdaya saing secara global. Berangkat dari poin inilah, ekonomi kreatif menemukan eksistensinya dan berkembang. Secara umum, ekonomi kreatif (creative economy) diartikan sebagai suatu konsep perekonomian di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas, dengan mengedepankan ide dan berbagai pengetahuan dari sumber daya manusia itu sendiri, sebagai faktor produksi yang paling utama. Dan menurut United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD), ekonomi kreatif merupakan sebuah konsep ekonomi yang berkembang berdasarkan aset kreatif yang berpotensi menghasilkan pertumbuhan dan perkembangan ekonomi. Jadi, pada dasarnya, konsep ekonomi kreatif ini lebih menge- depankan kreativitas, ide, dan pengetahuan manusia sebagai aset utama dalam menggerakkan ekonomi di suatu negara dan akhirnya bisa mendunia. Titik tekan dalam dunia ekonomi kreatif adalah ide, talenta dan kreatifitas yang menjadi unsur vitalnya (Puspitosarie, 2015). Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (2008) merumuskan ekonomi kreatif sebagai upaya pembangunan ekonomi secara berkelan- jutan melalui kreativitas dengan iklim perekonomian yang berdaya saing dan memiliki cadangan sumber daya yang terbarukan. Definisi yang lebih jelas disampaikan oleh UNDP (2008) yang merumuskan bahwa ekonomi kreatif merupakan bagian integratif dari pengetahuan yang bersifat inovatif, pemanfaatan teknologi secara kreatif dan budaya.

Berubahnya peta perekonomian global menempatkan kreatifitas menjadi modal utama dalam menghadapi tantangan global.

Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif di Indonesia

Sektor ekonomi kreatif mutlak harus mendapat perhatian. Hal ini karena sektor ini memiliki peranan penting terhadap perekonomian nasional. Namun upaya mengembangkan sektor ekonomi keratif kini dan mendatang masih menghadapi permasalahan. Pertama, penetapan 16 subsektor ekonomi kreatif belum diiringi upaya penyiapan yang sistemik, khususnya pada tataran regulasi dan infrastruktur penunjang. Artinya, sebagian besar pemerintah daerah belum menyadari keberadaan ekonomi kreatif sebagai suatu talenta baru yang dapat menghasilkan nilai tambah ekonomi dan bahkan memicu daya saing daerah.Kedua, kehadiran ekonomi kreatif sebagai wujud ide kreatif-inovatif masyarakat dan manfaat keekonomiannya, belum mampu menstimulasi pemerintah daerah khususnya untuk segera merespons melalui pengaturan dan penataan serta pengembangan usaha dan produk-produk kreatif yang mampu memberikan nilai tambah ekonomi dan nilai kemanfaatan yang dapat langsung dirasakan masyarakat.Ketiga, diversifikasi budaya dan potensi wilayah yang spesifik dan sangat variatif telah mendorong masyarakat untuk melakukan usaha-usaha dan menghasilkan produk-produk kreatif. Hanya saja, pemerintah daerah belum melakukan upaya yang dapat terjangkau untuk mengangkat keunggulan, budaya, dan karakteristik wilayahnya, sehingga dapat menstimulasi lahirnya kewirausahaan lokal yang berkontribusi bagi pertumbuhan perekonomian daerah dan turut memicu daya saing daerah, bahkan nasional.

Sektor ekonomi kreatif mutlak harus mendapat perhatian.

EKONOMI KREATIF : Inovasi, Peluang, dan Tantangan Ekonomi Kreatif di Indonesia

Buku "Ekonomi Kreatif : Inovasi, Peluang, dan Tantangan Ekonomi Kreatif di Indonesia" adalah sebuah sumber pengetahuan yang komprehensif dan mendalam tentang sektor ekonomi kreatif di Indonesia. Buku ini menjelaskan definisi dan ruang lingkup ekonomi kreatif, memastikan pemahaman yang kuat tentang konsep ini. Selain itu, buku ini membawa pembaca dalam perjalanan sejarah perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia, merinci peran sektor ini dalam pertumbuhan ekonomi negara, serta mengidentifikasi sektor ekonomi kreatif yang beragam. Inovasi, pelaku utama, dan risiko investasi di sektor ini juga menjadi fokus penting, sementara dampak ekonomi kreatif pada masyarakat dianalisis secara rinci. Buku ini juga menjelajahi bidang-bidang ekonomi kreatif yang khusus, seperti kuliner dan desain. Buku ini merangsang pemikiran pembaca tentang peran dan dampak ekonomi kreatif di Indonesia. Sebagai sumber referensi yang komprehensif, buku ini memungkinkan pembaca untuk memahami betapa pentingnya sektor ekonomi kreatif dalam kerangka ekonomi nasional serta bagaimana hal ini akan membentuk masa depan Indonesia.

Buku "Ekonomi Kreatif : Inovasi, Peluang, dan Tantangan Ekonomi Kreatif di Indonesia" adalah sebuah sumber pengetahuan yang komprehensif dan mendalam tentang sektor ekonomi kreatif di Indonesia.

Lembaga Ekonomi dan Keuangan Syariah

Buku ini merupakan pegangan wajib bagi mahasiswa ekonomi dan syariah. Pada bab awal diuraikan Islam sebagai rahmat bagi seluruh alam pemikiran, dilanjutkan dengan peta pemikiran ekonomi islam yang terdiri dari transaksi bisnis yang halal dan haram. Dengan landasan tersebut, kemudian dibahas konsep operasional lembaga ekonomi dan keuangan syariah di indonesia satu persatu, mulai dari perbankan syariah, lembaga keuangan mikro syariah, sampai pada lembaga ekonomi syariah seperti lembaga zakat dan wakaf. diharapkan pembaca dengan cepat memperoleh informasi dan pemahaman yang lengkap mengenai operasional lembaga keuangan dan ekonomi yang ada di indonesia.

... Islamic Economy,Paper Subaitted for the 4th International Conference on Islamic Economics and Banking, Loughborough ... Moneter yang Adil, (terjemahan), Yogyakarta: PT. Dana Bhakti Prima Yasa, 1997. M. Najmuddin Zuhdi, Imron Rosyadi ...

Menuju Kesejahteraan Berkelanjutan Pemahaman Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Klasik, Neoklasik, Islam, Green Economy, dan Blue Economy

Pertumbuhan ekonomi telah menjadi pusat perhatian para pemikir ekonomi, pembuat kebijakan, dan masyarakat umum selama berabad- abad. Dalam buku ini, kita akan merenungkan bagaimana pemikiran klasik seperti Adam Smith dan David Ricardo membentuk landasan teoritis pertumbuhan ekonomi yang pertama. Kita juga akan menjelajahi perdebatan antara pendekatan klasik dan neo-klasik serta bagaimana teori Keynes mempengaruhi pandangan kita tentang peran pemerintah dalam mengelola ekonomi. Namun, perkembangan ekonomi modern tidak hanya tentang pertumbuhan yang tidak terbatas. Buku ini juga akan membahas paradigma baru dalam ekonomi yang menekankan pentingnya keberlanjutan, yakni konsep pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dalam jangka panjang. Selain itu, kita akan membahas peran ekonomi biru, yang melibatkan pemanfaatan sumber daya laut secara berkelanjutan, serta ekonomi hijau yang berfokus pada solusi ramah lingkungan untuk pertumbuhan ekonomi.

... Monetary System," yang menyoroti permasalahan keuangan Islam dan mencoba menggabungkan prinsip-prinsip Islam dalam sistem moneter global yang ada 2. Muhammad Taqi Usmani (Lahir pada Tahun 1943) ... Islam, Green Economy, dan Blue Economy.

Pengantar Ilmu Ekonomi Islam

Buku Pengantar Ilmu Ekonomi Islam ini mengkaji tentang Islam sebagai jalan hidup, manusia dan ekonomi dalam perspektif Islam, konsep dasar ekonomi Islam, paradigma ekonomi Islam, sistem kapitalisme dalam perspektif Islam, sistem sosialisme dalam perspektif Islam, sistem ekonomi Islam, konsep harta dan kepemilikan dalam Islam, fungsi uang dalam perspektif ekonomi Islam, aktivitas ekonomi dalam perspektif Islam, kebijakan fiskal dalam ekonomi Islam, dan kebijakan moneter dalam ekonomi Islam. Besar harapan semoga melalui washilah buku ini para pembaca mampu menambah khazanah keilmuan secara komprehensif berkaitan dengan ilmu ekonomi Islam yang orientasinya ialah falah (al-hayatu at-thayyibah fi ad-daraini). Lebih dari itu, semoga buku ini dapat berkontribusi positif terhadap literasi ekonomi Islam di Indonesia.

... Monetary Policy An Islamic Economy. Money and Banking in Islam (Jeddah: International Centre for Research in Islamic Economics,. Hubara, Z. A., Nurrahma, S. A., & Jannah, N. (2021). Penerapan Kebijakan Moneter Islam pada Sistem ...

Pengantar Ekonomi Moneter Islam

Sejalan dengan kemajuan zaman perkembangan ilmu pengetahuan adaian suatu keniscayaan, tak terkecuali ilmu ekonomi Islam khususnya Ekonomi Moneter. Tuntutan terhadap dinamis dalam upaya menciptakan perekonomian yang stabil pula. Dalam hal ini sistem moneter merupakan salah satu kunci keberhasilan ekonomi suatu negara. Melatarbelakangi fenomena perkembangan perbankan syarian saat tni yang berkembang begitu pesat tidak hanya di Indonesia tetapi juga di dunia, secara otomatis membutuhkan pemahaman konsep dan instrumen moneter dalam pengembangan kebijakan moneter. Buku ini hadir untuk menjadi salah satu referensi dalam menambah literasi kajian Ekonomi Moneter Islam dari sisi teori dan implementasinya. Mekanisme Ekonomi Islam yang melarang adanya penerapan bunga dalam sistem ekonominya, menjadi penting sekali untuk memahami bagaimanakah konsep dasar Ekonomi Moneter Islam dan penerapannya dalam menjaga perekonomian yang stabil? Lalu, bagaimanakah uang dalam perekonomian dimaknai dan dikendalikan dalam kerangka Ekonomi Islam? Selebihnya, bagaimanakah kebijakan Moneter diimplementasIkan dalam mekanisme dual banking system? Oleh karena itu, buku Pengantar Ekonomi Moneter Islam ini menyajikan tentang Pengantar Ekonomi Moneter Islam, Teori Moneter Islam, Pemaknaan Uang Pendekatan Moneter Islam. Bank dan Pasar Uang dalam Kerangka Ekonomi Moneter Islam, Kebijakan Moneter Islam dan Banking System.

... Monetary Management in an Islamic Economy. Islamic Economic Studies, Vol. 4, No. 1. Chapra, U. 2000. Sistem Moneter Islam. Jakarta: Gema Insani Press. Choudhury, M.A. 1997. Money in Islam: a Study in Islamic 114 Pengantar Ekonomi Moneter ...