Buku yang berisikan rangkaian makalah studi kasus hasil dari perkuliahan Etika Profesi yang dikemas menjadi bunga rampai. Karena diajarkan di program studi Sistem Informasi, maka studi kasus yang ada didalamnya bersesuaian dengan tinjauan Sistem Informasi yang menjadi keunikan buku ini. Setiap studi kasus dilengkapi dengan landasan teori dan pembahasan secara subyektif yang menjadikan hasil dari buku dapat dijadikan referensi bagi para akademisi maupun para praktisi di bidang manajemen ataupun bidang sistem informasi.
Kata dasar “pembelajaran” adalah belajar. Dalam arti sempit, pembelajaran dapat diartika sebagai suatu proses atau cara yang dilakukan agar seseorang dapat melakukan kegiatan belajr, sedangkan belajar adalah suatuproses perubahan tingkah laku karena interaksi individu dengan lingkungan dan pengalaman. Perubahan tingkah laku tersebut bukan karena pengaruh obat-obatan atau zat kimia lainnya dan cenderung bersifat permanen. Istilah “pembelajaran” (instruction) berbeda dengan istilah “pengajaran” (teaching). Kata “pengajaran” lebih bersifat formal dab hanya ada didalam konteks dosen dengan peserta didik di kampus. Sedangkan kata “pembelajaran” tidak hanya ada dalam konteks dosen dengan peserta didik di kampus secaraformal, akan tetapi juga meliputi kegiatan-kegiatan belajar peserta didik di luar kampus yang mungkin saja tidak dihadiri oleh dosen secara fisik. Kata “pembelajaran” lebih menekankan pada kegiatan belajar peserta didik secara sungguh-sungguh yang melibatkan aspek intelektual, emosional dan sosial, sedangkan kata “pengajaran” lebih cenderung pada kegiatan mengajar dosen di kelas. Dengan demikian, kata “pembelajaran” ruang lingkupnya lebih luas daripada “pengajaran”. Dalam arti luas, pembelajaran adalah suatu proses atau kegiatan yang sistematis dan sistemik, yang bersifat interaktif dan komunikatif antara pendidik (dosen) dengan peserta didik., sumber belajar dan lingkungan untuk menciptakan suatu kondisi yang memugkinkan terjadinya tindakan belajar peserta didik, naik di kelas maupun di luar kelas, dihadiri dosen secara fisik atau tidak, untuk menguasai kompetensi yang telah ditentukan. Buku Buku Mata Ajar Evaluasi Pendidikan ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.
Buku ini dimulai dengan memberikan pemahaman tentang pengertian sistem, pengantar sistem informasi dan konsep dasar sistem infromasi. Selanjutnya, dibahas kaitan Sistem Informasi Manajemen dengan Penggunaan Teknologi Informasi dalam E-Business. Pertama, bagi para manajer puncak, dan menengah yang ingin mendalami teori dan menerapkan sistem informasi manajemen, baik untuk kepentingan manajemen umum maupun manajemen bidang fungsional. Kedua, bagi mereka yang sedang belajar manajemen dan mempersiapkan diri untuk menduduki posisi manajerial di masa yang akan datang. Ketiga, bagi para peminat dan pemerhati perkembangan teknologi informasi pada umumnya, khususnya teknologi komputer dan perangkat lunaknya, sebagai bahan perbandingan. Buku ini disusun dengan segala keterbatasan sumber dan pengalaman, yang mungkin belum lengkap bagi pemerhati Sistem Informasi Manajemen. Pendekatan penyusunan buku ini adalah ilmu manajemen sehingga terdapat kelemahan dari sisi pengetahuan teknologi informasi. Semoga buku ini tetap berguna bagi mereka yang ingin mempelajari sistem informasi manajemen yang belum mengetahui teknologi informasi secara mendalam.
... naskah - naskah Buton dapat ditemukan di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ( PNRI ) . Naskah - naskah Buton tercatat dalam katalog Naskah Aneka Bahasa . 3. MASYARAKAT Selain di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ( PNRI ) ...