Sebanyak 38355 item atau buku ditemukan

Ilmu Lingkungan

Konsep Lingkungan, Ekologi, Manusia, Sumber Daya Alam, Pencemaran Lingkungan, Etika Lingkungan, Pembangunan Berkelanjutan, Pemasaran Global Dan Kajian Lingkungan Hidup Strategis.

Konsep Lingkungan, Ekologi, Manusia, Sumber Daya Alam, Pencemaran Lingkungan, Etika Lingkungan, Pembangunan Berkelanjutan, Pemasaran Global Dan Kajian Lingkungan Hidup Strategis.

LINGKUNGAN DUNIA USAHA DI INDONESIA

Buku Lingkungan Dunia Usaha di Indonesia merupakan buah hasil usaha untuk melengkapi dan menunjang pembelajaran LDUI (Lingkungan Dunia Usaha di Indonesia). Buku ini membahas peluang usaha, risiko usaha, usulan usaha, lingkungan dunia usaha, bentuk usaha, perijinan usaha, yang secara khusus terjadi di Indonesia. Pada bagian akhir ditutup dengan kisah inspiratif wirausaha yang berhasil dalam skala internasional.

FUNGSI PEMASARAN DALAM PERUSAHAAN. Pengertian Pemasaran : seluruh system yang berhubngan dengan kegiatan yang bertujuan untuk merencanakan dan menentukan harga, mempromosikan dan mendiskusikan barang/jasa yang dapat memuaskan konsumen.

Riset Aksi untuk Perbaikan Tata Kelola dan Nilai Tambah Hutan dan Lingkungan

Riset konvensional sering tidak membawa perubahan nyata di rtingkat tapak maupun kebijakan. Keadaan ini membawa pesimisme apakah riset bisa mengubah keadaan. Pesimisme berpotensi mengurangi dana riset yang tersedia, terutama bagi donor dan pemerintah yang menginginkan perubahan cepat dan terukur. Riset aksi adalah jawabannya. Skema riset aksi memastikan outcome riset terpantau pada saat riset dilakukan. Riset aksi memastikan transformasi sosial, ekonomi, dan politik. Riset aksi menjadikan mitra masyarakat lokal, petani, industri dan dunia usaha, lembaga swadaya masyarakat, serta pemerintah sebagai peneliti dengan melakukan aksi interaktif untuk membawa perubahan. Riset aksi sejalan dengan teori perubahan yang disusun dalam riset. Buku ini menyajikan makna riset aksi, teori perubahan, revolusi mental dalam riset, serta ragam contoh riset aksi dalam bidang kehutanan, industri, dan lingkungan.

Pemasaran lahan dilakukan melalui informasi dari mulut-ke-mulut, mengutus tim pemasaran ke daerah yang punya pembeli potensial dan melalui jaringan perantara/makelar tanah. Lahan yang diperjual belikan didukung dokumen pendukung ...

Panduan Praktis Agribisnis Kelapa Sawit Rakyat Berwawasan Lingkungan

(dengan Potensi Produksi 42 Ton/Hektar/Tahun)

Keberhasilan sektor perkebunan kelapa sawit dengan pola PIR (PERKEBUNAN INTI RAKYAT) pada tahun 1980an mendorong para pemodal baik yang skala kecil maupun besar ramai-ramai menginvestasikan modalnya ke budidaya tanaman kelapa sawit seperti di daerah SUMATERA, KALIMANTAN, SULAWESI dan PAPUA. Pada tahun 1979 areal perkebunan kelapa sawit luasnya 260.939 hektar terdiri dari perkebunan rakyat seluas 3.125 hektar (1,2%) perkebunan besar Negara seluas 176.408 hektar (67,6%) dan perkebunan besar swasta seluas 81.406 hektar (31,2%), kemudian berkembang menjadi 7.992.202 hektar pada tahun 2009, terdiri dari perkebunan rakyat seluas 3.498.425 hektar (43,77%),perkebunan besar Negara seluas 608.580 hektar (7,62%) dan perkebunan besar swasta seluas 3.885.197 hektar (48,6%). Pada tahun 1012 meningkat lagi menjadi 9.230.000 hektar dengan luas perkebunan besar Negara masih tetap 608.580 hektar (6,59%), selebihnya adalah perkebunan besar swasta dan perkebunan rakyat. Pada saat ini perkebunan kelapa sawit di Indonesia telah mencapai 10,5 juta hektar.

Pengangkutan Produksi dan Pemasaran Hasil 13.15.1.Pengangkutan Produksi Kecepatan pengangkutan sampai ke pabrik adalah suatu keharusan dalam menjaga 2 kepentingan yang berbeda sekaligus yakni kualitas minyak bagi pabrik penerima dan ...

Pemanfaatan Black Soldier Fly (Hermetia illucens) untuk Meningkatkan Nilai Tambah Ekonomi dan Lingkungan

Buku ini ditulis agar dapat dijadikan bahan bacaan bagi para mahasiswa, peneliti, birokrat dan masyarakat luas yang tertarik dengan serangga BSF sebagai salah satu penyedia protein hewani dan juga sebagai penyedia pupuk organik. Hasil diskusi terkait status dan manfaat BSF dibahas secara mendalam dan terstruktur dalam tiga kali webinar forum DGB IPB yang dihadiri lebih dari 900 peserta.

Keterpaduan usaha secara • Seluruh bagian atau tahapan produksi, pengolahan hasil keseluruhan dan pemasaran BSF berada dalam area yang sama atau berdekatan. • Sarana transportasi dalam rangka pemasaran hasil tersedia dan dapat dilakukan ...

Kajian Lingkungan Hidup Strategis RTRW Magelang

Laporan akhir ini bertujuan agar di dalam revisi Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Magelang tetap mempertimbangkan aspek pembangunan berkelanjutan, hasil dari Kajian Lingkungan Hidup Strategis dapat diintegrasikan dengan Revisi RTRW melalui upaya-upaya mitigasi ke dalam proses perencanaan pembangunan.

Strategi pengembangan pusat pelayanan yang mampu menjadi pusat pemasaran hasil komoditas Daerah meliputi : a. mengembangkan peran PKL, PKLp dan PPK sebagai kawasan perkotaan tempat pemasaran komoditas perdagangan dan mampu memasarkan ...

Pengelolaan Lingkungan Berkelanjutan

Perkembangan dunia dewasa ini sungguh mengkhawatirkan. Seluruh dunia, termasuk Indonesia, terancam oleh double pandemik, yakni Pandemi Corona dan Pandemi Ekonomi. Sebenarnya kedua pandemi tersebut adalah turunan atau konsekuensi dari satu malapetaka dunia, yakni bahwa banyak pemimpin dunia kurang menyadari parahnya ancaman climate change yang sekarang sudah menjelma menjadi climate crisis. Sesungguhnya turunan climate crisis tadi bukan hanya kedua pandemi itu, tetapi cepat begeser menjadi malapetaka biodiversitas, kelangkaan air minum, dan krisis kelaparan global. Pada gilirannya timbullah krisis politik dalam bentuk penafikan kewibawaan pemerintahan yang dianggap tidak sanggup mengatasi krisis-krisis tersebut. Gambaran suram ini memerlukan penelaahan dan jalan keluar yang menyeluruh, yang tepat guna, namun sekaligus menjangkau keberlanjutan dan merasuk ke masa depan. Mendapat berkah kita membaca Karya Agung (Magnus Opus) Prof. Jatna berupa buku yang sangat tebal, yang mengaitkan masalah dan krisis tersebut dalam satu rangkaian pengertian. Patut kita ucapkan salut kepadanya karena memberikan gambaran yang jernih dan gamblang mengenai saling hubungan antardaerah, disiplin, dan unsur, baik dari segi asal-muasalnya maupun kemungkinan penyelesaian masalahnya. Paparan ditampilkan secara komprehensif tanpa melepaskan detil maupun konteksnya dalam keberlanjutan maupun gambaran global. Saya yakin masyarakat banyak dan terutama mereka yang dalam posisi menentukan, dapat mengambil manfaat dan diberi referensi dari hal penting yang dipaparkan di buku ini, karya besar Prof Jatna Supriatna, yang sama-sama kita banggakan. (Prof. Rachmat Witoelar, Mantan Menteri Lingkungan Hidup periode 2004-2009, Profesor di Griffith University, Australia dan advisor, Institute for Sustainable Earth and Resources, UI) Karya besar Prof. Jatna Supriatna ini sangat membanggakan bagi kita, sivitas akademi Universitas Indonesia. Beliau telah mengupas masalah lingkungan dari berbagai sektor dan ekosistem di Indonesia, termasuk di dalamnya usulan-usulan penyelesaiannya serta kesinambungan di era Pembangunan Berkelanjutan. Dalam salah satu bab buku ini, beliau menuturkan bahwa masalah lingkungan adalah masalah kita semua, demikian juga keberlanjutannya. Oleh karena itu, semua masalah lingkungan harus diketahui, dimengerti, dan dicari penyelesaiannya. Keberlanjutan pengelolaan lingkungan merupakan suatu keharusan seperti yang diharapkan oleh kita semua, dan sudah dicanangkan oleh pemerintah sesuai dengan komitmen Indonesia pada dunia dengan dibuatnya Peraturan Presiden yang mengadopsi program PBB, yaitu untuk melaksanan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (atau SDGs). Buku ini akan menginsipirasi banyak mahasiswa maupun pegiat dan pemerhati lingkungan agar berinovasi dalam membangun Indonesia berwawasan lingkungan, khususnya dalam era SDGs ini. Selamat kepada Prof. Jatna Supriatna yang telah membuat banyak buku dan juga makalah ilmiah yang berkaitan dengan masalah lingkungan dan konservasi di Indonesia. (Prof. Dr. re.nat Abdul Haris, Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Universitas Indonesia)

Pemasaran Pariwisata yang Bertanggung Jawab Pemasaran memegang perananan penting dalam mengembangkan industri pariwisata. Tentunya dalam pelaksanaannya diperlukan tanggung jawab dan etika yang benar. Apalagi dengan maraknya eco-tourism, ...

Manajemen Sumber Daya Alam dan Lingkungan

Penekanan utama dari materi buku ini adalah penjelasan mengenai konsep dan aplikasi mengenai bagaimana kita harus menghemat sumber daya alam tak terbarukan (unrenewable resource) dan mengoptimalkan pengelolaan sumber daya alam terbarukan secara seimbang, lestari dan berkelanjutan agar manfaatnya dapat dinikmati generasi sekarang dan yang akan datang. kata kuncinya adalah ”peduli dan hematlah aku, jagalah keseimbangan dan kelestarianku, agar kesejahteraan manusia dapat kupenuhi secara berkelanjutan".

... jaringan pemasaran, penguatan informasi serta promosi dan kerjasama pemasaran di dalam negeri dapat berjalan dengan baik. C. Pengembangan Kawasan Konservasi Perairan Konservasi merupakan upaya perlindungan, pelestarian 173 ...

Budaya masyarakat di lingkungan kawasan industri rotan, Desa Tegalwangi, Kabupaten Cirebon, Propinsi Jawa Barat

Impact of rattan home industry on socio-cultural changes in Tegalwangi Village, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat Province.

Impact of rattan home industry on socio-cultural changes in Tegalwangi Village, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat Province.

Valuasi Ekonomi dan Penilaian Kerusakan Sumber Daya Alam dan Lingkungan

Buku ini menyajikan prinsip-prinsip, metode, dan contoh aplikasi valuasi ekonomi dan penilaian kerusakan SDAL. Dilengkapi dengan studi literatur terkini, buku ini menyajikan berbagai metode valuasi ekonomi seperti contingent valuation method (CVM), choice experiment (CE), hedonic price, travel cost method, productivity approach, benefit transfer, dan masih banyak lagi. Buku ini juga dilengkapi dengan beberapa contoh analisis dengan menggunakan STATA dan tools lainnya untuk memberikan contoh nyata dalam penerapannya.

Teknik ini kemudian diadopsi di ranah pemasaran pada tahun 1970an. Di ranah pemasaran teknik ini dikenal dengan istilah conjoint analysis yang merupakan gabungan dari kata considered dan jointly yang pertama kali dikenalkan oleh Green ...