Sebanyak 38352 item atau buku ditemukan

Modul Profesionalisasi Guru PAUD

Buku Materi Ajar (BMA) PAUDP17116 Profesionalisasi Guru PAUD ini mendiskusikan ciri-ciri dan status profesi PAUD; kode etik profesi guru; ciri-ciri professional pendidik PAUD; tela’ah permasalahan dan upaya pengembangan profesi anak usia dini; konsep dan jenis-jenis kompetensi guru pendidik PAUD; menata lingkungan belajar dan keterampilan fisik AUD; peningkatkan keterrampilan sosial dan komunikasi AUD; pembangunan konsep diri positif dan memberikan bimbingan pada AUD; keterampilan alam meningkatkan keterlibatan keluarga dan mengelola program.

Permasalahan guru yaitu salah satu masalah pendidikan yang harus mendapatkan perhatian besar. Guru memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Peran seorang guru yaitu baik sebagai pendidik, model, pengajar, ...

SKGB 003: DISIPLIN POSITIF

Kesadaran & Disiplin Kita seringkali terlalu cepat menuntut kedisiplinan, tapi terlalu lambat menumbuhkan kesadaran pada anak. Sadar atau tidak, kita sebagai pendidik seringkali banyak dan sering menuntut anak-anak untuk berdisiplin. Hari pertama masuk kelas, kita sudah berharap anak- anak tahu dan paham peraturan. Karena itu kita menuntut mereka untuk berperilaku sesuai aturan.Kita menuntut anak-anak seolah anak adalah robot yang sekali diberi instruksi akan langsung jalan. Kita seringkali abai dan tidak sabar membangun kesadaran anak-anak tentang pentingnya berdisiplin. Anak-anak itu manusia sebagaimana juga kita yang butuh waktu untuk belajar mengembangkan suatu perilaku. Kita, anak-anak maupun pendidik, belajar bila apa yang dipelajari relevan dengan kebutuhan dan kehidupan kita. Kita belajar bisa merasa berdaya untuk melakukan tindakan. Kisah-kisah guru pada Surat Kabar Edisi Ketiga ini menceritakan berbagai upaya menumbuhkan kedisiplinan dari kesadaran dalam diri anak. Disiplin bukan karena patuh pada perintah, takut kena hukuman atau mengejar ganjaran. Disiplin yang tumbuh dari kesadaran anak-anak kita. Itulah Disiplin Positif. Dengan disiplin positif, anak-anak akan lebih mencintai belajar, lebih tangguh menghadapi kesulitan, keterampilan berpikirnya berkembang hingga bisa mencapai prestasi akademik lebih baik. Lebih jauh lagi, disiplin positif mendukung terbentuknya interaksi dan budaya sekolah yang positif. Semoga kisah-kisah pada edisi kali ini dapat memicu kesadaran kita untuk membangun kesadaran anak-anak sejak dini. Mari belajar bersama!

Selain dalam membuat kesepakatan bersama di dalam dan di luar kelas, disiplin positif ini juga sangat membantu saya dalam menyelesaikan beberapa permasalahan antar peserta didik seperti : rebutan mainan, bertengkar akibat ada yang usil ...

Surat Kabar Guru Belajar Edisi Khusus: #TerusBelajar Daerah Ponorogo

Surat Kabar Guru Belajar spesial ini merupakan hasil kerjasama dengan Yayasan Lari Nusantara dalam program NusantaRun 8. Berisi tentang praktik baik perubahan pembelajaran setelah mengikuti program #TerusBelajar Sekolah Merdeka Belajar. Surat Kabar Guru Belajar spesial ini terdiri dari empat edisi berbeda yang berasal dari 5 daerah di Jawa Timur.

Masa Pandemi yang melanda seluruh negeri kita telah kita lalui lebih dari 20 bulan. permasalahan belajar yang kita hadapi sebagai seorang pendidik juga semakin bervariatif. Kalau pada awal masa Pandemi kita hanya fokus pada ...

Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru TK dan SD Melalui Penelitian Tindakan Kelas

Kumpulan Artikel PTK

Buku yang berjudul "Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru TK dan SD Melalui Penelitian Tindakan Kelas : Kumpulan Artikel PTK" ini merupakan kumpulan dari 24 artikel PTK dengan judul yang berbeda-beda diantaranya berjudul Peningkatan Prestasi Belajar IPA Materi Perkembangbiakan Hewan Melalui Pendekatan Steam Metode Project Best Learning pada Peserta Didik Jenjang SD, Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perkembangbiakan Makhluk Hidup pada Siswa Kelas 6, Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Dalam Meningkatkan Kompetensi Belajar Peserta Didik Materi Alat Gerak Dan Fungsinya pada Hewan Dan Manusia di Kelas 5 SD, Metode Stad Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Siswa SD, Smart Digital Puzzle Media dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Quizizz pada Siswa Sekolah Dasar, Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Prestasi Belajaripa Materi Sifat Perambatan Bunyi Siswa Kelas IV di Masa Pandemi Covid 19, dan banyak lagi. Semoga buku ini dapat membantu mengatasi masalah yang dihadapi dalam kegiatan pembelajaran bagi guru sekolah dasar dan taman kanak-kanak.

Berdasarkan hasil monitoring kelas pada saat pembelajaran IPA, banyak sekali permasalahan yang dialami pendidik. Permasalahan itu meliputi: penguasaan konsep pada materi pembelajaran kurang sehingga transfer pengetahuan kepada peserta ...

Surat Kabar Guru Belajar Edisi Khusus: Wardah Inspiring Teacher 2021 - Jilid 5

Surat Kabar Guru Belajar Edisi Khusus Wardah Inspiring Teacher menampilkan praktik baik pembelajaran dan pendidikan untuk menularkan kegemaran belajar pada komunitas guru. Kolaborasi Mewujudkan Merdeka Belajar Tantangan mewujudkan Merdeka Belajar memang tidak mudah. Tantangan itu semakin besar ketika upaya mewujudkan Merdeka Belajar baru berada pada tahap awal dan, pada saat yang sama, Pandemi Covid-19 datang mengguncang kehidupan kita. Semua terdampak, tak terkecuali dunia pendidikan. Namun, tantangan ini tak sedikitpun menyurutkan semangat Cerita Guru Belajar untuk terus berupaya mewujudkan Merdeka Belajar di Indonesia. Sebab, kepentingan kita untuk mewujudkannya jauh lebih berharga dari pada tantangan yang dihadapi. Pada konteks inilah Cerita Guru Belajar berkolaborasi dengan Wardah Inspiring Teacher untuk mendukung para guru di Indonesia belajar bersama dan berbagi praktik baik agar semakin banyak guru yang menjadi Guru Merdeka Belajar. Kami dipertemukan oleh visi yang sama, misi yang sama, dan kepentingan yang sama: melakukan transformasi pendidikan ke arah pendidikan yang lebih memerdekakan murid. Dalam mewujudkan Merdeka Belajar di tengah Pandemi Covid-19, peran media pembelajaran tentu saja sangat krusial. Apakah pembelajaran jarak jauh akan memberikan dampak pada murid atau sekadar menjadi rutinitas, salah satunya ditentukan oleh media pembelajaran yang diaplikasikan di kelas. Melalui Surat Kabar Guru Belajar edisi Wardah Inspiring Teacher 2021 ini, kami ingin membagikan berbagai Media Pembelajaran Merdeka. Semoga dari berbagai cerita praktik baik yang tersaji dalam Surat Kabar Guru Belajar edisi ini dapat menginspirasi para guru di Indonesia, dan kemudian terjadi perubahan di dunia pendidikan kita. Selamat membaca!

Pada saat pelaksanaan pembelajaran luring, maka guru dan murid secara bersama-sama berdiskusi dan menyelesaikan permasalahan Pada video pembelajaran tersebut, saya pada materi barisan aritmatika. Awalnya murid merasa materi barisan ...

SIDIK JARI : ANTOLOGI GURU SEKOLAH ISLAM TERPADU

Judul : SIDIK JARI : ANTOLOGI GURU SEKOLAH ISLAM TERPADU Kisah Pengalaman Unik, Lucu, dan Menarik Selama Mendidik Siswa dan Siswi. Penulis : ST Darul Hasan Kota Padangsidimpuan Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 348 Halaman No ISBN : 978-623-6233-57-3 SIDIK JARI : ANTOLOGI GURU SEKOLAH ISLAM TERPADU Kisah Pengalaman Unik, Lucu, dan Menarik Selama Mendidik Siswa dan Siswi. Buku ini adalah kumpulan cerita para pendidik di Sekolah Islam Terpadu Darul Hasan Kota Padangsidimpuan. Enam tahun sudah perjalanan yang mereka lalui. Banyak cerita yang tersimpan di memori. Buku ini mengajak para pendidik untuk menuliskan ksiahnya, berbagi pengalaman, semangat dan inspirasi bagi para pendidik. Judul kisah antara lain: Acara Tukar Kado Hari Guru - Ada Apa Dengan Mereka - Aku Dan Sejuta Kenangan Di Darul Hasan - Aku Disini - Aku Guru Bagi Mereka Dan Mereka Guru Bagiku - Ali Bin Abi Thalib Semoga Kelak Menjadi Generasi Gerbangnya Ilmu - Assalamualaikum Readers - Awal Mula Bertemu Darul Hasan - Balada Antar Jemput Sekolah - Behind The Scene Orang-Orang Sukses - Bercermin - Bintang Hidupku - Bismillah Cinta - Cerita Indah Di Sit Darul Hasan - Cerita Pengalaman Hidup Dan Mengajar Di Darul Hasan - Ceritaku Di Darul Hasan - Cita-Cita Yang Tertunda - Dari Jendela Darul Hasan - Darul Hasan Wonderful Place - Dzikir Dari Surga - Empat Tahun Bersama Darul Hasan - Guru Baru, Tantangan Baru - Handsock - Ini Secuil Kisah Saya - Jalan Dakwah Di SIT Darul Hasan, dan lain – lain. Buku ini memiliki 65 (enampuluh lima) tulisan di dalamnya. Semoga para pembaca dapat mengambil manfaat sebanyak-banyaknya. Selamat menikmati dan semoga Allah memberkahi.

Tetap menjalani hari seperti biasanya seolah permasalahan itu tidak terjadi. Pada saat itu, saya merasa ini benarbenar sangat mendewasakan, bisa menyelesaikan permasalahan bersama dengan Allah. Memperdekat diri kepada Allah memudahkan ...

Workplace Democracy

A Guide to Workplace Ownership, Participation & Self-management Experiments in the United States & Europe

Monograph on comparison of workers participation, workers self management and workers stock ownership experiments in enterprises in the USA, UK, Spain and Yugoslavia - covers team work, semiautonomous work groups, shopfloor participation, production cooperatives, works councils, etc., And includes a guide to information sources. Bibliography pp. 183 to 186 and photographs.

Monograph on comparison of workers participation, workers self management and workers stock ownership experiments in enterprises in the USA, UK, Spain and Yugoslavia - covers team work, semiautonomous work groups, shopfloor participation, ...

Fundamentals of Collection Development & Management

Taking a fresh approach, this comprehensive guide outlines the step-by-step process of collection development and management. Expert librarian Peggy Johnson offers tips for organizing and staffing, conceiving policy and creating budgets, and developing, marketing and evaluating collections.

Taking a fresh approach, this comprehensive guide outlines the step-by-step process of collection development and management.

MENGUKUR MINAT PROFESI GURU

Instrumen dan Teknik Validasi

Berapa jumlah guru yang tersisa? Pertanyaan itu dilontarkan oleh Kaisar Hirohito beberapa hari setelah Nagasaki dan Hiroshima luluh-lantak karena bom atom dijatuhkan di dua kota tersebut oleh Tentara Amerika Serikat pada Perang Dunia II. Apakah Anda percaya pertanyaan tersebut benar-benar ada? Apakah Anda pernah menemukan jawaban dari pertanyaan itu? Pertanyaan-pertanyaan ikutan itu menjadi kurang penting karena banyak orang telah mempercayai pertanyaan utamanya. Terlebih lagi, orang dapat melihat bukti nyata bahwa Jepang telah berhasil bangkit dari kekalahan perang dalam waktu singkat. Para pengamat waktu itu mempredeksi Jepang baru akan mampu tumbuh dan bangkit berkembang dalam kurun waktu 70 tahun setelah peristiwa bom di kedua kota tersebut. Mereka, termasuk kita semua, memperkirakan faktor penentu keberhasilan itu adalah pendidikan yang tentunya sangat erat terkait dengan peran dan fungsi guru. Bagaimana dengan pernyataan, “Guru adalah jabatan mulia”. Apakah Anda mempercayainya? Apa yang telah Anda lakukan untuk memuliakan guru? Mungkin masih banyak pertanyaan lain yang dapat dimunculkan terkait dengan pernyataan utama tersebut. Bila salah satu anak atau anggota keluarga Anda menyatakan keinginannya untuk menjadi guru, apakah Anda akan mendukungnya? Bagaimana menelusuri minat terhadap profesi guru dan bagaimana mengukurnya? Pertanyaan-petanyaan tersebut dan juga pertanyaan lain yang terkait dengan profesi guru dibahas dalam buku yang sedang Anda baca. Pertanyaan atau lebih umum permasalahan yang dimunculkan dalam beberapa pertanyaan tersebut tidak hanya perlu untuk dibahas sebagai diskursus (discourse) bagi para orang tua, yang berkeinginan salah satu anggota keluarganya berprofesi guru, akan tetapi juga perlu diketahui sebagai rujukan bagi para guru, para mahaguru atau dosen di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK), dan para mahasiswa yang sedang belajar di LPTK. Oleh karena itu, buku ini layak untuk dibaca oleh mereka semua. Bagi yang sedang menjalani tugas sebagai guru dapat mengambil manfaat dari buku ini, misalnya, mendapatkan jawaban untuk menjawab dan meyakinkan diri sendiri apakah mereka benar-benar mencintai profesinya, apakah mereka telah memenuhi ciri-ciri profesi guru sehingga dapat meningkatkan pengabdiannya. Bagi para mahasiswa LPTK dapat mengambil manfaat, antara lain peningkatan pemahaman tentang profesi guru sehingga komitmen mereka untuk menjadi guru professional semakin kokoh. Di samping itu, mereka dapat memanfaatkan alat ukur yang dikembangkan dan dibahas dalam buku ini sebagai instrumen penelitian mereka. Demikian pula, para orang tua dan para dosen LPTK dapat mengambil manfaat sesuai keperluan mereka masing-masing. Buku ini ditulis berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan untuk meyusun disertasi beberapa tahun yang lalu. Ide untuk menyusun buku ini sudah lama tersimpan dalam rencana dan baru saat ini terlaksana. Oleh karena itu, sebagian besar sumber yang dirujuk adalah sumber-sumber lama namun dapat diyakinkan bahwa esensi maknanya masih relevan dengan kondisi saat ini. Untuk itu, uraian pada bagian akhir buku ini merupakan konfirmasi tentang kemutahiran esensi makna yang dibahas dalam buku ini. Bagian ini diakhiri dengan satu quotation atau kata bijak yang sering disampaikan untuk memotivasi guru dan calon guru untuk terus belajar. “Who Dares to Teach Must Not Cease to Learn”. Siapa yang berkeinginan kuat untuk menjadi guru harus terus belajar. Selamat belajar, semoga bermanfaat.

Berapa jumlah guru yang tersisa?