Sebanyak 17979 item atau buku ditemukan

KESIAPAN ANAK MASUK SEKOLAH DASAR

Para orangtua di Indonesia selalu menekankan orientasi kesiapan anak hanya pada aspek membaca, menulis dan berhitung (aspek akademik). Namun sesungguhnya kesiapan anak masuk sekolah dasar tidak hanya membutuhkan aspek kognitif saja namun juga harus mempersiapkan aspek yang lain seperti aspek fisik-motorik, sosial, emosi, moral dan agama. Kesiapan menjadi hal yang sangat penting untuk dimiliki anak, sebab anak yang telah siap untuk pergi ke sekolah akan memberikan keuntungan dan kemajuan dalam perkembangan lebih lanjut. Sementara anak-anak yang tidak memiliki kesiapan mungkin hanya akan frustrasi jika ditempatkan di lingkungan akademik. Melalui kesiapan sekolah anak-anak mendapatkan jalur yang pasti untuk karir akademis jangka panjang. Seiring dengan faktor penentu utama faktor kesiapan sekolah seperti latar belakang keluarga, intervensi yang diberikan kepada anak-anak dan guru, pengalaman pendidikan anak usia dini, konten kurikulum dan pengalaman guru adalah faktor yang mempengaruhi kesiapan sekolah. Melalui buku ini penulis ingin menyampaikan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan orangtua dalam mempersiapkan anak masuk sekolah dasar. Buku ini diharapkan menjadi refleksi dan masukan bagi orangtua, guru dan pemerintah untuk mempersiapkan anak masuk sekolah dasar bukan hanya siap pada aspek kognitif saja melainkan pada aspek yang lain.

Namun sesungguhnya kesiapan anak masuk sekolah dasar tidak hanya membutuhkan aspek kognitif saja namun juga harus mempersiapkan aspek yang lain seperti aspek fisik-motorik, sosial, emosi, moral dan agama.

Pendidikan Dasar Inklusif : Teori dan Implementasi: Bintang Pustaka

Buku ini diberi judul “Pendidikan Inklusif (Teori & Implementasi)”. Sebagaimana, yang telah ditulis diatas pendidikan inklusif dalam penyelenggaraannya menempatkan anak-anak normal pada umumnya dan anak berkebutuhan khusus didalam lingkup sekolah yang sama (reguler) untuk mendapatkan kesetaraan pendidikan. Sebagai bentuk perhatian dari pemerintah telah ditunjukkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 70 tahun 2009 pasal 2 mengenai pendidikan inklusif dengan tujuan “setiap warga negara Indonesia mempunyai berkesempatan untuk mendapatkan pendidikan yang sama dan bermutu disetiap jenjang pendidikan tanpa membeda-bedakan latar-belakang, kondisi fisik/mental, jenis kelamin, dan status sosial ekonomi”.

99 Muhammad Idrus, “Layanan Pendidikan Bagi Anak Gifted,” PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2013, https://doi.org/. Nur'aeni, Buku Ajar Psikologi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus........, hlm. 100.

Ilmu sosial dasar

pedoman pokok-pokok bahasan dan satuan acara perkuliahan mata kuliah dasar umum

pedoman pokok-pokok bahasan dan satuan acara perkuliahan mata kuliah dasar umum A. W. Widjaya. TABEL II A. DAFTAR FAKULTAS YANG MENGIKUTI MATA KULIAH ... Bimbingan Konseling 1.11 . Bahasa 1.10 . Bahasa dan Inggris Sastra Indonesia 1.11 ...

Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Guru Sekolah Dasar

KONTRIBUTOR: Dr. Ina Magdalena, M.Pd. Aditya Dwi Nokhriyana Alifah Oktania Alim Aqil Nasrulah Annisa Dwi Pratiiwi Asika Fauziah Della Destiana Febri Yanti Fitri Ramadanti Firsta Azzahra pasyah Hadana Nur Fauzi Sipayung Lusy Nur Rahmayani Novia Permata Sari Nurmanita Yuniawan Nurul Hasanah Nurul Rossatia Putri Indah Sari Raafiza Putri Rachmah Nurfitriah Rideva Az-zahra Rizka Surya Putri Syamsul Arief Sekartini Rikawan Syaputri Nandito Heriyana Hani Melly Mayanti Hasanah Fitria Hilda Firliyansyah Irwan Kurniawan Isnaini Nurfadila Sholikhatu Tsania Siti Santi Milawati Sri Wulandari Pamungkas Tika Yuliyani Yulia Septina Kristin Novita Sari

... teori-teori baru, menyempurnakan metode, dan menciptakan teknik dan pendekatan psikologi terhadap permasalahan upaya pendidikan, seperti belajar-mengajar, pelatihan, konseling, psikoterapi, bimbingan manusia yang lebih efektif.

DASAR MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN

Manajemen merupakan seni atau kemampuan seseorang dalam mengelola, mengatur dan menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain atau pendelegasian tugas untuk mencapai tujuan bersama dalam organisasi sedangkan Kewirausahaan merupakan usaha menciptakan nilai tambah dengan jalan mengkombinasikan sumber-sumber melalui cara-cara baru dan berbeda untuk memenangkan persaingan. Nilai tambah tersebut dapat diciptakan dengan cara mengembangkan teknologi baru, menemukan pengetahuan baru, menemukan cara baru untuk menghasilkan barang dan jasa yang baru yang lebih efisien, memperbaiki produk dan jasa yang sudah ada, dan menemukan cara baru untuk memberikan kepuasan baru kepada konsumen. Dengan demikian maka Manajemen kewirausahaan dapat di artikan sebagai seluruh kekuatan perusahaan yang menjamin kesuksesan atau keberhasilan dengan menggunakan proses kreatifitas dan inovasi sebagai alat pemberdayaan seluruh sumber ekonomi untuk menciptakan nilai tambah barang dan jasa. Berdasarkan history tersebut maka keberadaan buku ini sangatlah penting bagi seluruh umat manusia sebagai pendamping dan rujukan dalam memajukan perusahaannya. Oleh karena itu buku ini hadir kehadapan sidang pembaca sebagai bagian dari upaya diskusi sekaligus dalam rangka melengkapi khazanah keilmuan dibidang manajemen kewirausahaan, sehingga buku ini sangat cocok untuk dijadikan bahan acuan bagi kalangan intelektual dilingkungan perguruan tinggi ataupun praktisi yang berkecimpung langsung dibidang manajemen kewirausahaan.

Mintalah seorang konselor karir atau bimbingan di sekolah Anda untuk saran penelitian. Pikirkan tentang menyusun portofolio karir yang merangkum pencapaian Anda dan daftar aktivitas Anda. Simpan resume Anda di portofolio Anda, ...

Mengembangkan kekuatan personal

materi dasar bimbingan dan konseling Universitas Trisakti : mengenal sebagian permasalahan sivitas akademika serta penanganannya secara praktis

Dasar-dasar Penelitian Pendidikan

Buku ini masih bersifat dasar-dasar penelitian pendidikan karena belum memberikan gambaran yang detail mengenai pelaksanan kegiatan penelitian pendidikan, diharapkan para pembaca mulai tertarik untuk mengkaji lebih jauh mengenai apa, mengapa, dan bagaimana melakukan penelitian pendidikan, oleh karena itu penulis merasa penting untuk membuat suatu karya ilmiah yang secara praktis untuk melakukan penelitian di bidang pendidikan.

Buku ini masih bersifat dasar-dasar penelitian pendidikan karena belum memberikan gambaran yang detail mengenai pelaksanan kegiatan penelitian pendidikan, diharapkan para pembaca mulai tertarik untuk mengkaji lebih jauh mengenai apa, ...

KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR (The Art Of Basic Teaching)

Buku yang berjudul Keterampilan Dasar Mengajar (The Art Of Basic Teaching) sengaja di susun untuk memenuhi kebutuhan akademik dalam proses perkuliahan juga dapat dijadikan pedoman sebagai mangajar bagi calon guru. Mengajar merupakan aktivitas yang sangat komplek. Membutuhkan niat, usaha dan latihan untuk mengembangkan kompetensi kepengajaran. Pembiasaan juga dapat dilakukan pada saat menduduki bangku kuliah hingga saat menjadi guru pun perlu melakukan kegiatan pengayaan dan pemantapan mengenai kajian ilmu mendidik dan mengajar. Salah satu bentuk pembiasaan yang dapat dilakukan calon guru adalah menguasai dan memegang teguh pedoman atau materi keterampilan dasar mengajar selama dia menjadi profesi guru. Keterampilan dasar mengajar menjadi ruh dari proses pengajaran. Menguasai keterampilan ini dapat membuat guru menjadi terampil melakukan pengajaran yang menarik, menyenangkan di sertai kondisi aktif, interaktif, edukatif dankontributif. Esensinya, istilah keterampilan dasar mengajar menjadi dasar yang harus ditanamkan pada alam bawah sadar calon guru, maka dengan penguasaan tersebut dia dapat melakukan inovasi pembelajaran dengan teknik, metode, media dan pengembangan pengajaran lainnya. Maka, jika dasarnya sudah di luar kepala (dikuasai) pembelajaran menjadi tidak kaku/monoton bahkan kreativitas menjadi mengalir seperti air di bawah danau menyejukkan dan mendamaikan. Demikian pula dengan pengajaran dapat membuat suasana hati siswa sejuk dan damai dan motivasi belajar sangat tinggi.Mengingat kebutuhan keterampilan dasar dalam mengajar bagi calon guru perlu respon yang cepat dan tepat, maka hadirlah buku ini sebagai upaya peningkatan kualitas guru dalam mengajar. Buku ini bukan hanya semata-mata untukmahasiswa melainkan dapat digunakan guru sebagai instrument dan media evaluasi dan pengembangan diri. Buku ini berusaha disajikan dengan sistematis dan terstruktur bab demi bab, yang terdiri dari 5 bab pokok bahasan.

Buku yang berjudul Keterampilan Dasar Mengajar (The Art Of Basic Teaching) sengaja di susun untuk memenuhi kebutuhan akademik dalam proses perkuliahan juga dapat dijadikan pedoman sebagai mangajar bagi calon guru.

PEMBELAJARAN MEMBACA NYARING DI SEKOLAH DASAR

Bagi seorang guru, meningkatkan kualitas pembelajaran merupakan salah satu tugas yang wajib dijalani. Guru sebagai pelaksana dalam proses belajar mengajar harus mampu mengelola kelas agar proses belajar mengajar menarik perhatian siswa, sehingga hasil belajar dapat tercapai dengan baik. Keterampilan membaca merupakan kunci menuju pembelajaran kemampuan membaca. Maka sudah selayaknya menjadi perhatian guru karena penguasaan terhadap keterampilan membaca ini pada masa sekarang berada pada taraf masih rendahnya motivasi belajar, sehingga hasilnya sangat memprihatinkan. Buku yang berjudul Pembelajaran Membaca Nyaring di Sekolah Dasar ini terdiri dari 4 (empat) bagian Pendahuluan, Pengertian Belajar, Pembelajaran Membaca, dan Pembelajaran Membaca Nyaring di Sekolah Dasar.

Buku yang berjudul Pembelajaran Membaca Nyaring di Sekolah Dasar ini terdiri dari 4 (empat) bagian Pendahuluan, Pengertian Belajar, Pembelajaran Membaca, dan Pembelajaran Membaca Nyaring di Sekolah Dasar.