Sebanyak 17979 item atau buku ditemukan

Buku Ajar Ekonometrika

Buku ini dibuat dalam bentuk buku ajar, bertujuan sebagai bahan pratikum untuk mahasiswa dalam memahami konsep-konsep dan langkah-langkah ekonometrika dalam ilmu ekonomi. Pada buku ajar ini, penulis menguraikan tentang bagaimana pengenalan terhadap program Eviews, analisis regresi linear dengan metode OLS (Ordinary Least Square), analisis ekonometrika dengan data time series, dan analisis ekonometrika dengan menggunakan data panel. Ketika memahami kajian tentang ekonometrika, yang dilakukan oleh mahasiswa banyak memahami bagaimana meregresikan suatu persamaan. Buku ini diterbitkan oleh penulis sebagai buku ajar dan bahan bacaan bagi mahasiswa yang mengambil mata kulia ekonometrika pada Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat. Pada buku ini penulis menyajikan langkah-langkah dalam kajian ekonometrika dan dilengkapi dengan contoh soal yang ada didalamnya

Buku ini dibuat dalam bentuk buku ajar, bertujuan sebagai bahan pratikum untuk mahasiswa dalam memahami konsep-konsep dan langkah-langkah ekonometrika dalam ilmu ekonomi.

Ekonometrika Spasial Terapan dengan R

Ruang lingkup ekonometrika adalah pemodelan yang berdasar pada data cross section, deret waktu atau panel. Posisi relatif satu unit cross section terhadap unit cross section yang lainnya belum dilibatkan. Jika informasi lokasi atau posisi relatif antarunit pengamatan memegang peranan penting untuk menjelaskan fenomena yang diamati, maka asumsi kebebebasan (antargalat) yang diperlukan di dalam regresi klasik tidak lagi terpenuhi. Oleh sebab itu dengan memanfaatkan perkembangan statistika spasial, berkembang pulalah ekonometrika spasial di mana informasi lokasi mulai dilibatkan di dalam pemodelan. Ketergantungan spasial dan heterogenitas spasial adalah sifat utama yang mendasari perlunya dilibatkan unsur lokasi di dalam model. Diperlukan pendefinisian matriks pembobot spasial yang menggambarkan konfigurasi posisi relatif satu unit cross section dengan unit cross section yang lain. Matriks ini dapat dibentuk berdasarkan konsep jarak maupun konsep kontiguitas. Model ekonometrika spasial mengasumsikan bahwa variabel respons tidak hanya dipengaruhi oleh prediktor di lokasi yang sama, akan tetapi dapat saja dipengaruhi oleh respons di lokasi tetangga, variabel prediktor di lokasi tetangga, ataupun oleh faktor-faktor tak terjelaskan yang juga berasal dari lokasi tetangga. Pemodelan yang paling kompleks mengakomodasi ketiga sumber interaksi spasial tersebut, dan di dalamnya bersarang model-model yang lebih sederhana. Semua model menggunakan MLE sebagai metode pendugaan, hanya saja ketika MLE menghadapi masalah komputasi, dapat pula digunakan metode lain (TSLS, FGLS, atau GS2SLS) di dalam pendugaan parameter. Buku ini menggunakan data BPS tahun 2014 mengenai konsumsi bukan makan dan PDRB per kapita pada 38 kabupaten/kota di Jawa Timur sebagai ilustrasi. Pembentukan peta sederhana dari wilayah kabupaten/kota di Jawa Timur, pembentukan matriks pembobot spasial, beserta pendugaan parameter model, diilustrasikan dengan menggunakan R.

Format perintah yang diperlukan adalah: moran.test(konsumsi,w_dneg) dengan hasil uji: Moran I test under randomisation data: konsumsi weights: w_dneg Moran 62 | Ekonometrika Spasial Terapan ...

BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH

Bagian pertama buku ini mengupas tentang masalah dalam pembelajaran khususnya pembelajaran sejarah. Bagian kedua mengupas tentang konsep pembelajaran sejarah. Bagian ketiga membicarakan tentang metode pembelajaran. Bagian keempat mengkaji tentang kreativitas. Bagian kelima mengkaji tentang berpikir kritis. Bagian keenam mengupas tentang pengaruh metode pembelajaran Group Investigation (GI) dan Teams Games Tournament (TGT) terhadap Berpikir Kritis dan Kreatif. Bagian ketujuh berisi tentang berpikir kritis dan kreatif dalam pembelajaran sejarah: sebuah refleksi. Bagian kedelapan berisi penutup.

“Hubungan Antara Self Efficacy dengan Kreativitas Pada Siswa SMK”. dalam
Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental Vol. 1 No. 02,. Surabaya:
Departemen Psikologi Pendidikan dan Perkembangan Fakultas Psikologi UNAIR
. I Nyoman ...

Strategi Belajar Mengajar Sejarah: Menjadi Guru Sukses

Guru merupakan salah satu profesi selalu dituntut untuk bersikap profesional dalam melaksanakan tugas dan perannya. Selain itu, guru yang profesional juga harus mampu meningkatkan kompetensinya agar tercapai kondisi proses pembelajaran yang efektif dan tercapai tujuan belajar secara optimal. Untuk itu, adanya mata kuliah Strategi Belajar Mengajar ialah salah satu bentuk upaya guna mencetak guru yang profesional. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa sebagai calon guru atau calon pendidik memiliki kepribadian, menguasai bahan pelajaran, menguasai cara-cara mengajar sebagai dasar kompetensi sehingga mampu memilih strategi pembelajaran yang akan digunakan untuk meningkatkan penguasaan dan prestasi belajar siswa. Buku ini hadir sebagai salah satu ikhtiar dan partisipasi penulis untuk memberikan sumber belajar bagi mahasiswa calon pendidik dan semua pihak yang berkepantingan dalam dunia pendidikan dalam memahami Strategi Belajar Mengajar.

Guru merupakan salah satu profesi selalu dituntut untuk bersikap profesional dalam melaksanakan tugas dan perannya.

PANDUAN BERCERITA BERPASANGAN JURU PELIHARA SITUS SEJARAH MADIUN

Situs sejarah merupakan tempat manusia masa lalu melaksanakan aktivitas hidupnya dan meninggalkan sisa-sisa aktivitasnya sebagai ungkapan kebudayaan yang berlaku sesuai jamannya. Situs ini memiliki arti penting bagi kehidupan masa kini. Cerita dibalik situs dan peninggalan sejarah dapat dijadikan sumber motivasi manusia untuk berbuat lebih baik dari pendahulunya. Tanpa pengalaman manusia tak akan bisa mengambil putusan penting, tak akan mampu memperbaiki kondisinya, bahkan mungkin tak akan bisa melangsungkan hidupnya. Ini sejalan dengan ucapan Prof. Sartono Kartodirdjo, bahwa tidak mengetahui sejarah dapat diibaratkan orang yang membaca buku roman hanya pada halaman terakhir. Dengan demikian tidak diketahui "intrige" ceritera itu dan "happy end"-nya tidak dapat dimengerti sungguh-sungguh". Dengan memahami peristiwa masa lalu, akan menggugah kesadaran sejarah yang bersifat kolektif yaitu bentuk peng- alaman bersama sebagai ungkapan reaksi kepada situasi dalam peristiwa sosial, politik, ekonomi, kebudayaan dari masa ke masa. Untuk itu, situs dan peninggalan sejarah perlu dipelihara dan dilestarikan. Pemeliharaan dan pelestarian situs dan peninggalan sejarah perlu partisipasi banyak pihak, tidak hanya pemerintah tetapi juga swasta dan masyarakat. Berdasarkan undang-undang dan peraturan pemerintah perlu adanya pihak-pihak yang menjaga dan bertanggung jawab. Salah satunya yakni mengangkat juru pelihara walaupun tidak untuk semua situs. Kondisi seperti memotivasi warga masyarakat untuk turut serta hadir sebagai pemelihara yang biasa disebut juru kunci. Pada umumnya juru pelihara maupun juru kunci memiliki dedikasi yang luar biasa dalam menjaga, merawat, dan memilihara situsnya. Bahkan mereka seringkali menjadi sasaran pertanyaan dari para pengunjung. Mengingat tidak semua juru pelihara dan juru kunci melaksanakan pendalaman dan/atau pengayaan secara ilmiah atas situs yang dipeliharanya sehingga ada beberapa hal yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan. Upaya perbaikan tersebut salah satunya melalui Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) Kemenristek RI dengan metode bercerita berpasangan.

Pendidikan Keterampilan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Rusman. (2014
). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru . Jakarta:
PT Raja Grafindo Persada. Santrock, J. W. (2010). Psikologi Pendidikan.