Sebanyak 127 item atau buku ditemukan

Metodologi Penelitian Pendidikan

Metodologi penelitian merupakan sebuah cara untuk mengetahui hasil dari sebuah permasalahan yang spesifik, dimana permasalahan tersebut disebut juga dengan permasalahan penelitian. Buku ini terdiri dari lima belas bab. Bab pertama tentang konsep metodologi penelitian pendidikan, bab dua tentang perspektif dan pendekatan metodologi penelitian pendidikan, bab tiga tentang fungsi dan ciri metodologi penelitian pendidikan, bab empat tentang perkembangan metodologi penelitian pendidikan, bab lima tentang peranan metode dalam penelitian pendidikan, bab enam tentang jenis-jenis penelitian pendidikan, bab tujuh tentang teknik merumuskan masalah penelitian pendidikan, bab delapan tentang teknik menyusun kajian teori, bab Sembilan tentang perumusan hipotesis penelitian, bab sepuluh tentang variabel penelitian dalam pendidikan dan pembelajaran, bab sebelas tentang teknik sampling penelitian pendidikan, bab dua belas tentang instrumen pengumpulan data, bab tiga belas tentang metode pengolahan dan analisis data, bab empat belas metode penelitian tindakan kelas, bab lima belas tentang teknik penyusunan sitasi, kutipan dan daftar pustaka.

Bab pertama tentang konsep metodologi penelitian pendidikan, bab dua tentang perspektif dan pendekatan metodologi penelitian pendidikan, bab tiga tentang fungsi dan ciri metodologi penelitian pendidikan, bab empat tentang perkembangan ...

Manajemen Sumber Daya Manusia

Sebagaimana diketahui bahwa gerakan Literasi Big data, Literasi Teknologi dan penguatan Literasi Manusia Berkarakter dalam memperkuat konsep Merdeka Belajar, bukan lagi hanya menjadi sebuah diskursus semata, akan tetapi sudah harus dapat diimplementasikan secara komprehensif pada setiap Institusi Pendidikan, khususnya di perguruan Tinggi, guna menyongsong era Society 5.0. Tantangan inilah yang harus dijawab dengan berbagai kegiatan ilmiah, salah satunya yang dilakukan dengan adanya penulisan buku ini. Peluang untuk menulis serta menuangkan berbagai ide dan daya nalar serta pemikiran-pemikiran cerdas harus terus dibuka dan diberikan ruang yang baik di setiap Institusi Pendidikan, sehingga dosen, mahasiswa dan seluruh unsur di dalam institusi Pendidikan dapat berkembang dalam jati diri keilmuan masing-masing.

Sebagaimana diketahui bahwa gerakan Literasi Big data, Literasi Teknologi dan penguatan Literasi Manusia Berkarakter dalam memperkuat konsep Merdeka Belajar, bukan lagi hanya menjadi sebuah diskursus semata, akan tetapi sudah harus dapat ...

Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi

Buku Wajib Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi

... citizen, citizenship dan citizenship education. Lalu apa hubungan dari ketiga istilah tersebut? Perhatikan pernyataan yang dikemukakan oleh John J. Cogan, & Ray Derricott dalam buku Citizenship for the 21st Century: An International ...

Pendidikan Pancasila untuk Perguruan Tinggi

Buku Ajar Mata Kuliah Wajib Umum Pendidikan Pancasila

Buku Wajib Pendidikan Pancasila pada Perguruan Tinggi

Buku Wajib Pendidikan Pancasila pada Perguruan Tinggi

TEKNOLOGI PENDIDIKAN: TRANSFORMASI PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL

Buku dengan judul Teknologi Pendidikan: Transformasi Pembelajaran di Era Digital dapat selesai disusun dan berhasil diterbitkan. Kehadiran Buku Teknologi Pendidikan: Transformasi Pembelajaran di Era Digital ini disusun oleh para akademisi dan praktisi dalam bentuk buku kolaborasi. Walaupun jauh dari kesempurnaan, tetapi kami mengharapkan buku ini dapat dijadikan referensi atau bacaan serta rujukan bagi akademisi ataupun para profesional. Sistematika penulisan buku ini diuraikan dalam tiga belas bab yang memuat tentang pentingnya teknologi dalam pendidikan, perkembangan teknologi pendidikan, teori pembelajaran dan teknologi, aplikasi pembelajaran digital, desain kurikulum berbasis teknologi, pembelajaran berbasis game, keterlibatan orang tua dalam pembelajaran digital, evaluasi dan pengukuran pembelajaran digital, keamanan dan etika dalam pendidikan digital, pengembangan profesional guru di era digital, tantangan sosial dan psikologis dalam pembelajaran digital, inklusi digital: meningkatkan aksesibilitas pembelajaran, dan masa depan teknologi pendidikan.

Buku dengan judul Teknologi Pendidikan: Transformasi Pembelajaran di Era Digital dapat selesai disusun dan berhasil diterbitkan.

MANAJEMEN HUMAS

Pengelolaan kegiatan humas dalam organisasi diperlukannya integrasi dari praktik kegiatan humas terhadap manajemen yang telah terprogram dalam suatu organisasi. Humas seringkali dipahami sebagai fungsi manajemen dalam melaksanakan tugas-tugas organisasi. Penerapan humas dalam melaksanakan fungsi manajemen ini berkaitan dengan identifikasi masalah, perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi dalam segala kegiatan komunikasi dalam organisasi. Mengacu dari hal tersebut bahwa seorang humas atau public relations memiliki fungsi terpenting dalam suatu organisasi. Ketika seorang humas berfungsi sebagai komunikstor maka seorang humas harus dapat menjadi penyambung lidah antara organisasi dengan publiknya begitu pun sebaliknya. Humas juga berfungsi dalam membina hubungannya dengan publik termasuk dalam melakukan backup management dalam mendukung fungsi manajemen organisasi perusahaan termasuk juga dalam hal membangun dan membentuk citra perusahaan dihadapan publik.

Pengelolaan kegiatan humas dalam organisasi diperlukannya integrasi dari praktik kegiatan humas terhadap manajemen yang telah terprogram dalam suatu organisasi.

Manajemen Pendidikan Islam: Filosofi, Konsep Dasar, dan Implementasi Praktis

Buku ini berupaya untuk membuka wawasan yang mendalam dalam dunia manajemen pendidikan Islam. Dari konsep dasar hingga pengelolaan aspek keuangan, humas, serta sarana dan prasarana pendidikan, buku ini menjadi panduan komprehensif bagi para praktisi dan pemimpin lembaga pendidikan Islam. Dengan berlandaskan dasar-dasar teoritis dan konseptual, pembaca diajak memahami hakikat manajemen pendidikan Islam. Buku ini bukan hanya sekadar uraian teoritis, tetapi juga menarik pembaca melalui sejarah dan perkembangan manajemen pendidikan dalam bingkai pemikiran Islam. Sebuah penelusuran yang membuktikan bahwa manajemen pendidikan bukan hanya elemen tambahan, melainkan bagian integral dari tradisi pendidikan Islam. Buku ini ditujukan untuk para praktisi pendidikan dan pemimpin lembaga pendidikan Islam, buku ini berfungsi sebagai panduan yang praktis dan mendalam. Buku ini diharapkan bukan hanya memberikan wawasan, tetapi juga menjadi landasan kuat bagi manajemen yang efektif dan berkesinambungan dalam dunia pendidikan Islam.

Buku ini berupaya untuk membuka wawasan yang mendalam dalam dunia manajemen pendidikan Islam.

Kurikulum Merdeka: Teori dan Praktik di Sekolah

Buku ini adalah hasil kolaborasi antara beberapa penulis yang merupakan dosen, guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah. Buku ini adalah panduan komprehensif yang membahas berbagai aspek penting tentang kurikulum merdeka. Penulis menguraikan berbagai teori, prinsip, dan praktik terkait pengembangan, implementasi, dan evaluasi pembelajaran dalam kurikulum merdeka di satuan pendidikan. Pembahasan dalam mencakup beberapa poin utama: Proses Pengembangan: Pembahasan merinci langkah-langkah konkret dalam merancang kurikulum, mulai dari merancang KOSP, pengidentifikasian tujuan pembelajaran hingga pemilihan metode pengajaran dan bahan ajar yang tepat. Implementasi dan Evaluasi: Pembahasan mencakup strategi implementasi kurikulum di lapangan, serta metode evaluasi pembelajaran dalam kurikulum merdeka. Best practice: Untuk memberikan pemahaman yang lebih baik dan mencakup beberapa best practice yang mengilustrasikan bagaimana konsep-konsep teoritis di atas diterapkan dalam situasi nyata. Buku ini cocok untuk para pendidik, satuan Pendidikan, pengambil kebijakan pendidikan, dan siapa pun yang tertarik dalam memahami lebih dalam tentang bagaimana kurikulum merdeka dikembangkan, diimplementasikan, dan dievaluasi. Ini merupakan sumber rujukan yang berguna untuk mendiskusikan perkembangan pendidikan kontemporer dan pembaruan kurikulum yang relevan.

Buku ini adalah hasil kolaborasi antara beberapa penulis yang merupakan dosen, guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah.

Transformasi Pendidikan Agama Islam

Buku ini adalah sebuah karya yang membahas perubahan dan perkembangan dalam pendidikan agama Islam. Buku ini menyoroti bagaimana pendidikan agama Islam telah mengalami transformasi seiring berjalannya waktu, sejalan dengan perubahan sosial, teknologi, dan budaya. Penulis mengulas berbagai aspek transformasi, seperti pemahaman mendalam tentang agama Islam, pentingnya moderasi beragama dalam pendidikan agama Islam, metode pengajaran, kurikulum, isu-isu kontemporer, serta tantangan dan peluang yang dihadapi dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam. Buku ini juga membahas peran pendidikan agama Islam dalam masyarakat modern, serta bagaimana pendidikan agama Islam dapat berkontribusi pada pembangunan karakter dan moral individu dalam masyarakat. Selain itu, buku ini mencermati bagaimana pendidikan agama Islam dapat mempromosikan pemahaman yang lebih baik tentang prinsip-prinsip agama Islam, toleransi, kerukunan antar umat beragama, dan nilai-nilai kemanusiaan.

Buku ini menyoroti bagaimana pendidikan agama Islam telah mengalami transformasi seiring berjalannya waktu, sejalan dengan perubahan sosial, teknologi, dan budaya.