Sebanyak 817 item atau buku ditemukan

Metode Penelitian Dan Pengolahan Data Untuk Pengambilan Keputusan Pada Perusahaan

Metodologi penelitian adalah cara untuk secara sistematis menyelesaikan masalah penelitian. Dengan kata lain adalah ilmu yang mempelajari bagaimana penelitian dilakukan secara ilmiah. Di dalamnya kita mempelajari berbagai langkah-langkah yang umumnya diadopsi oleh seorang peneliti dalam mempelajari masalah penelitiannya bersama dengan logika yang mendasari penelitian tersebut. Penting bagi peneliti untuk mengetahui tidak hanya teknik penelitian, tetapi juga metodologi. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, dengan niat yang baik, kami menerbitkan sebuah buku yang berjudul “Metode Penelitian dan Pengolahan Data untuk Pengambilan Keputusan pada Perusahaan”, yang kiranya dapat memenuhi minat masyarakat, mahasiswa, dan pakar-pakar ilmu pengetahuan, dan untuk menambah pengetahuan mereka dalam berbagai perkembangan yang menyangkut metode penelitian. Karena buku ini sifatnya umum, maka cara penyajian kami usahakan sedemikian rupa, praktis, didaktis, sehingga mudah dikaji dan dipahami.

Metodologi penelitian adalah cara untuk secara sistematis menyelesaikan masalah penelitian.

Metode Kromatografi

Prinsip Dasar, Praktikum dan Pendekatan Pembelajaran Kromatografi

Buku Metode Kromatografi: Prinsip Dasar, Praktikum dan Pendekatan Pembelajaran Kromatografi ini memuat seluruh materi yang terdiri dari pemahaman tentang teknik pemisahan dengan metode kromatografi dan perbandingannya dengan teknik pemisahan yang lain. Prinsip yang mendasari pemisahan dengan kromatografi memang unik, karena memiliki sedikit kemiripan dengan teknik pada umumnya namun secara detail sangat berbeda bila ditinjau dari skala interaksi molekuler. Hal ini memerlukan pemahaman yang lebih lanjut untuk dapat menyerap keseluruhan materi yang ada. Buku ini dilengkapi dengan contoh-contoh praktikum yang bisa diterapkan pada berbagai unit atau lembaga yang berkepentingan dengan metode kromatografi. Pembelajaran. Bagi mahasiswa, kami berharap semoga buku ini bisa membantu dalam menempuh matakuliah ini dengan baik dan menjadi pegangan tambahan selain textbook utama yang mungkin menemukan kendala dalam memahaminya. Pendekatan pembelajaran dengan metode Problem Based Learning (PBL) juga disertakan dalam buku ini sebagai salah satu cara belajar bagi siapapun yang menghendakinya meskipun ada banyak metode pembelajaran yang dapat digunakan. Pemilihan metode PBL ini didasarkan pada upaya untuk sinkronisasi antara teori dan praktik Kromatografi yang boleh jadi diselenggarakan oleh suatu lembaga perguruan tinggi, sekolah dan lain-lain.

Buku Metode Kromatografi: Prinsip Dasar, Praktikum dan Pendekatan Pembelajaran Kromatografi ini memuat seluruh materi yang terdiri dari pemahaman tentang teknik pemisahan dengan metode kromatografi dan perbandingannya dengan teknik ...

Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan

Mc . Milan dan Scumacher (2001) penelitian dibedakan atas dua pendekatan yaitu pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Dalam penelitian kuantitatif dibedakan antara metode eksperimental dan non eksperimental. Dalam penelitian kualitatif dibedakan antara interaktif dan non interaktif. Dalam melaksanakan kegiatan ilmiah secara baik diperlukan sarana berpikir ilmiah yang memungkinkan seorang ilmuwan melakukan penelaahan ilmiah secara teratur dan cermat. Sarana berpikir ilmiah pada dasarnya merupakan alat yang bantu dalam melaksanakan kegiatan ilmiah.

Mc . Milan dan Scumacher (2001) penelitian dibedakan atas dua pendekatan yaitu pendekatan kuantitatif dan kualitatif.

Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen

Buku dengan judul “Metode Riset Penelitian Kuantitatif (Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen)” merupakan buku ketiga yang ditulis penulis. Buku ini memberikan panduan terkait dengan langkah-langkah penelitian kuantitatif dengan bantuan software SPSS dan SmartPLS, dimana dalam buku ini diberikan contoh-contoh analisis kuantitatif dengan berbagai teknik analisis yang sering digunakan dalam penelitian manajemen, teknik, eksperimen dan penelitian kuantitatif lainnya. Buku ini juga disertai dengan data-data penelitian dalam bentuk Microsoft Excel yang dapat didownload melalui link: bit.ly/dataexcel1 dan data input SPSS dapat didownload di link: bit.ly/inputspss. Apabila pembaca mengalami kesulitan dalam memahami buku ini, maka dapat menghubungi penulis melalui email penulis.

Buku dengan judul “Metode Riset Penelitian Kuantitatif (Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen)” merupakan buku ketiga yang ditulis penulis.

Belajar & Pembelajaran

Dalam belajar mengajar hal yang terpenting adalah proses, karena proses inilah yang menentukan tujuan belajar akan tercapai atau tidak tercapai. Ketercapaian dalam proses belajar mengajar ditandai dengan adanya perubahan tingkah laku. Perubahan tingkah laku tersebut baik yang menyangkut perubahan bersifat pengetahuan (kognitif), keterampilan (psikomotor), maupun yang menyangkut nilai dan sikap (afektif). Dalam proses belajar mengajar ada banyak faktor yang memengaruhi tercapainaya tujuan pembelajaran, di antaranya: pendidik, peserta didik, lingkungan, metode/teknik, serta media pembelajaran. Pada kenyataannya, apa yang terjadi dalam pembelajaran sering kali terjadi proses pengajaran yang berjalan dan berlangsung tidak efektif. Banyak waktu, tenaga, dan biaya yang terbuang sia-sia sedangkan tujuan belajar tidak dapat tercapai bahkan terjadi noises dalam komunikasi antara pengajar dan pelajar. Hal tersebut di atas masih sering dijumpai pada proses pembelajaran selama ini. Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Di sisi lain, pembelajaran mempunyai pengertian yang mirip dengan pengajaran, tetapi sebenarnya mempunyai konotasi yang berbeda. Dalam konteks pendidikan, tenaga pendidik mengajar agar peserta didik dapat belajar dan menguasai isi pelajaran hingga mencapai sesuatu objektif yang ditentukan, juga dapat memengaruhi perubahan sikap, serta keterampilan seorang peserta didik, namun proses pengajaran ini memberi kesan hanya sebagai pekerjaan satu pihak, yaitu pekerjaan pengajar saja. Adapun pembelajaran menyiratkan adanya interaksi antara pengajar dengan peserta didik. Pembelajaran yang berkualitas sangat tergantung dari motivasi pelajar dan kreativitas pengajar. Pembelajar yang memiliki motivasi tinggi ditunjang dengan pengajar yang mampu memfasilitasi motivasi tersebut akan membawa pada keberhasilan pencapaian target belajar. Target belajar dapat diukur melalui perubahan sikap dan kemampuan siswa melalui proses belajar.

Target belajar dapat diukur melalui perubahan sikap dan kemampuan siswa melalui proses belajar. Buku Belajar & pembelajaran ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Belajar Dan Pembelajaran

Guru dan para calon guru perlu memahami tentang belajar dan bagaimana membelajarkan orang (pembelajaran). Hal inilah yang dibahas dalam buku ini. Buku ini membahas secara sederhana mengenai prinsip-prinsip belajar, dan mengilustrasikannya dengan latar pendidikan. Selain itu juga dikemukakan kerangka pemikiran tentang pembelajaran. Dengan pengetahuan yang sederhana tentang prinsip-prinsip belajar dan pembelajaran, diharapkan akan memotivasi para calon guru (mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) untuk terus mencari tambahan pengetahuan mengenai belajar bila nanti kelak telah menekuni profesi sebagai guru. Teori-teori belajar yang dikemukakan dalam buku ini dikelompokkan dalam empat golongan yaitu teori Behaviorisme, Humanisme, Sibernetik, dan Konstruktivistik. Teroi-teori ini semua menunjukkan kepada sejumlah proses internal yang dipengaruhi beraneka ragam peristiwa eksternal. Pengaturan peristiwa-peristiwa eksternal untuk menggerakkan dan mendukung terjadinya proses belajar dari dalam (internal) itulah yang dinamakan pembelajaran. Penguraian peristiwa-peristiwa eksternal ini, dan pengaruhnya terhadap proses belajar merupakan tema pokok buku ini.

Penguraian peristiwa-peristiwa eksternal ini, dan pengaruhnya terhadap proses belajar merupakan tema pokok buku ini. Buku Belajar dan pembelajaran ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Belajar dan Pembelajaran Dilengkapi dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran dan Metode Pembelajaran

Buku yang berjudul Belajar dan Pembelajaran ini memuat teori belajar dan pembelajaran, model-model pembelajaran, strategi pembelajaran, pendekatan pembelajaran, dan metode pembelajaran, tidak hanya itu buku ini juga dibuat sebagai salah satu referensi untuk membantu pendidik/guru, mahasiswa pada program keguruan baik swasta maupun negeri. Isi buku ini ditulis dengan cara mengumpulkan materi dari berbagai sumber yang berhubungan dengan belajar dan pembelajaran. Buku ini juga disusun sebagai bentuk dari apa yang telah penulis peroleh selama penulis belajar di Program Pascasarjana Magister Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Sriwijaya Palembang. Mata Kuliah “Teori Belajar dan Pembelajaran” yang diasuh oleh Prof. Waspodo, M. Ed, PhD., Dr. Yosep Barus, M. A., dan Dr. Eddy Harapan, M. Pd., pada tahun 2011/2012 dengan tugas yang diberikan begitu berharga sehingga berdasarkan pengalaman tersebut banyak diperoleh pengetahuan-pengetahuan baru yang mampu memberikan kontribusi dalam kegiatan pembelajaran. Tidak hanya itu, buku ini ditulis sebagai bentuk apresiasi terhadap tugas-tugas perkuliahan yang harus dilestarikan sehingga tidak dilupakan begitu saja.

Dapat menjelaskan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Teknik Pembelajaran, dan Mengenal Entry Behavior Anak. 3. Dapat membedakan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, ...

Teori Belajar dan Pembelajaran Implementasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP, SMA, dan SMK

Guru harus sadar benar siapa siswanya saat ini yang adalah generasi z atau digital natives, lahir di era digital (antara 19952010).

Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa

Buku Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa ini ditujukan kepada para guru, kepala sekolah, pengawas dan pengelola pendidikan lainnya untuk melaksanakan aktivitas pembelajaran di sekolah sebagaimana tuntutan Kurikulum 2013. Buku tersebut dapat dijadikan sebagai pendukung praktik pembelajaran dan dikembangkan sesuai dengan kemampuan, kebutuhan dan potensi yang ada. Dalam kegiatan pembelajaran, seoran pendidik dapat memainkan berbagai peran pengelola pembelajaran sebagai demonstrator, pengelola kelas, mediator dan fasilitator/mentor dan sebagai evaluator. Sebagai tenaga profesional, seorang pendidik dituntut mampu mengelola kelas yaitu menciptakan dan mempertahankan kondisi belajar yang optimal bagi tercapainya tujuan pengajaran.

pendekatan, strategi, metode, taktik dan sebagai, tetapi yang perlu diingat bahwa semua model pengelolaan pembelajaran bertujuan sama yaitu menjadikan proses pembelajaran berjalan secara efektif dan memdorong terjadinya proses belajar.

Strategi Moneter Berbasis Ekonomi Syariah (Upaya Islami Mengatasi Inflasi) Edisi Revisi 2020

Strategi Moneter Berbasis Ekonomi Syariah (Upaya Islami Mengatasi Inflasi) Edisi Revisi 2020 ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak

... Monetary Management in an Islamic Economic, ”Islamic economic Studies, vol.4. no.1, 1996. ______, Al-Quran Menuju Sistem Moneter Yang Adil ... Economics, Administration and Transactions, vol. 165 Strategi Moneter Berbasis Ekonomi Syariah.