Sebanyak 817 item atau buku ditemukan

Kurikulum Pesantren (Model Integrasi Pembelajaran Salaf Dan Khalaf)

Berbeda dengan kurikulum tingkat satuan pendidikan dan Kurikulum 2013 yang didesain sebagai kurikulum nasional dalam pembelajaran di sekolah dan madrasah yang memiliki fokus dan spesifikasi indikator dalam bidang perencanaan sampai pada evaluasi proses pembelajaran pada madrasah ataupun sekolah tingkat nasional. Kurikulum pesantren merupakan serangkaian bahan, tujuan, isi dan metode pembelajaran yang lebih menekankan pada aspek “tafaqquh fiddien” nya guna mengukuhkan identitas kultur sekaligus sebagai pola yang berbeda dengan institusi pendidikan Islam dengan negara-negara lain, baik pada pesantren salaf maupun khalafnya. Salah satu fenomena yang urgen di pesantren salaf maupun pesantren khalaf tentang kurikulum khususnya pada metode dalam pembelajaran bahasa arab adalah pada pesantren salaf lebih menekankan penguasaan qowā’id nya daripada muhādasah saja, dan sebaliknya, pada pesantren khalaf lebih menekankan pada muhādasah saja daripada qowā’id nya, sehingga terdapat tantangan yang serius untuk dipecahkan agar pesantren salaf dan khalaf tetap survive dengan tidak meninggalkan substansi diktum pesantrennya, yaitu (al-muhāfadlatu ‘ala al-qodhīmi ash shālih ma’a al akhzu bī al jadīdi al ashlāh) (memelihara hal-hal baik yang telah ada sambil mengembangkan hal-hal yang baru yang lebih baik), sehingga penelitian berbasis pesantren merupakan suatu keharusan sebagai bentuk media ibadah ilmiah. Kurikulum Pesantren (Model Integrasi Pembelajaran Salaf Dan Khalaf) ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak

Kurikulum Pesantren (Model Integrasi Pembelajaran Salaf Dan Khalaf) ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak

Buku Penunjang Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pengembangan Silabus Kurikulum 2013 versi 2016 Peserta Didik Kelas VIII Satuan Pendidikan SMP/MTS, dan atau Sederajat Semester Ganjil dan Genap

Sebenarnya, adanya niat penulis membuat buku penunjang pembelajaran yang sangat sederhana ini, yakni terbatasnya sarana sumber belajar di perpustakaan sekolah. Selain itu, disesuaikan dengan Silabus Kurikulum 2013 Versi 2016 Mata Pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial), Kelas VII pada Semester Ganjil dan dilengkapi dengan aktivitas kelompok peserta didik pada setiap bagian-bagian penting di dalamnya. Selain itu, ucapan terima kasih yang setulus-tulusnya penulis aturkan kepada Penerbit Deepublish Yogyakarta atas kesediaannya, untuk menerbitkan buku penunjang ini. Bab I “Kondisi Geografis Negara-negara ASEAN dengan Potensi Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia Terhadap Dampak Antarruang”. Bab II “Pengaruh Interaksi Sosial Dalam Pluralitas Masyarakat Indonesia Serta Terjadinya Konflik dan Integrasi”. Selain itu, juga dilengkapi rangkuman, tugas kelompok dan mandiri, Ujian Kompetensi, tugas proyek, Studi kasus, sehingga peserta didik dapat mantap mempelajarinya dan diharapkan agar dapat dimaknai dengan baik.

Sebenarnya, adanya niat penulis membuat buku penunjang pembelajaran yang sangat sederhana ini, yakni terbatasnya sarana sumber belajar di perpustakaan sekolah.

Buku Penunjang Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pengembangan Silabus Kurikulum 2013 Versi 2016 Peserta Didik Kelas Vii Satuan Pendidikan SMP/MTS, dan Atau Sederajat

Buku Buku penunjang mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial pengembangan silabus kurikulum 2013 versi 2016 peserta didik satuan pendidikan SMP/MTs, dan atau sederajat ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Dasar Pengembangan Kurikulum

Dalam rangka penyelarasan kebutuhan sumber daya manusia Indonesia yang bermutu dan produktif sesuai dengan standar kompetensi kerja baik nasional maupun internasional dengan capaian pembelajaran (learning outcomes) yang sesuai dengan standar kompetensi lulusan yang dihasilkan oleh sistem pendidikan formal, informal, nonformal, pelatihan maupun pengalaman kerja yang diakui dengan sistem pengakuan pembelajaran lampau maupun kemampuan saat ini. Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. (KKNI). Dalam KKNI berisi dua deskripsi, yaitu deskripsi umum dan deskripsi spesifik. Deskripsi umum mendeskripsikan karakter, kepribadiaan, sikap dalam berkarya, etika, moral dari setiap manusia dan berlaku pada setiap jenjang. Sedangkan deskripsi spesifik mendeskripsikan cakupan keilmuan (science), pengetahuan (knowledge), pemahaman (know-how) dan keterampilan (skill) yang dikuasai seseorang bergantung pada jenjangnya. Buku ini terdiri dari delapan bab, bab pertama berisikan pendahuluan yaitu menjabarkan rencana pembelajaran, bab dua tentang konsep pengembangan kurikulum pendidikan di Indonesia, bab tiga tentang landasan pengembangan kurikulum, bab empat tentang otonomi kurikulum sekolah, bab kelima tentang macam dan jenas kurikulum, bab enam tentang kondisi ideal sekolah, bab ke tujuh tentang pengembangan dan model pembelajaran kurikulum 2013, dan bab terakhir membahas tantang bagaimana mengukur keberhasilan pengembangan kurikulum.

Buku Dasar pengembangan kurikulum ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Buku Penunjang Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pengembangan Silabus Kurikulum 2013 versi 2016 Peserta Didik Kelas IX Satuan Pendidikan SMP/MTs, dan atau Sederajat Semester Ganjil dan Genap

Bab I “Kondisi Geografis Negara-negara Benua Asia dan Benua lainnya dengan Potensi Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia Terhadap Dampak Antarruang”. Bab II “Pengaruh Interaksi Sosial Dalam Pluralitas Masyarakat Indonesia Serta Terjadinya Konflik dan Integrasi”. Selain itu, juga dilengkapi rangkuman, tugas kelompok dan mandiri, Ujian Kompetensi, tugas proyek, Studi kasus, sehingga peserta didik dapat mantap mempelajarinya dan diharapkan agar dapat dimaknai dengan baik. Tujuan yang diharapkan antara lain 1) Untuk mengatasi ketidaksediaan buku Teks di perpustakaan sekolah, 2) Untuk mengembangkan Silabus kurikulum 2013 versi 2016, 3) Untuk membantu peserta didik pada pelaksanaan pembelajaran di sekolah, dan 4) Untuk mengembangkan profesi guru dalam pembuatan karya tulis ilmiah dalam bentuk bahan ajar pada pelaksanaan pembelajaran di sekolah

Bab I “Kondisi Geografis Negara-negara Benua Asia dan Benua lainnya dengan Potensi Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia Terhadap Dampak Antarruang”.

Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar

Semakin meningkatnya kemampuan berpikir masyarakat, semakin bermunculan pula gagasan progresif dan imajinatif dalam memajukan pendidikan kita. Tanpa perubahan pada tiap masanya, pendidikan di Indonesia akan tertinggal jauh dari negara lain. Perlu upaya perbaikan, kontinuitas dalam mengevaluasi tiap pelaksanaan kurikulum, melakukan terobosan tepat dalam mendesain pendidikan merupakan sebuah keharusan. Bagi penulis, titik kesempurnaan tanpa tiada hasil, manakala proses perbaikan tidak dijalankan secara menyeluruh oleh pelaku pendidikan. Pada saatnya nanti, masyarakat akan merasakan betapa pentingnya proses perubahan tersebut. Masyarakat juga akan menilai tentang dinamika serta kemajuan pendidikan saat ini. Menjadi sebuah kewajaran apabila kurikulum pendidikan di Indonesia mengalami perubahan, karena pada hakikatnya kurikulum yang dirubah mengacu pada kebutuhan peserta didik dan berkiblat pada peluang serta tantangan yang akan dihadapi pada masa mendatang. Kurikulum merupakan alat untuk mencapai tujuan pendidikan, sekaligus sebagai pedoman dalam pelaksanaan pendidikan. Kurikulum mencerminkan falsafah hidup bangsa, ke arah mana dan bagaimana bentuk kehidupan itu kelak akan ditentukan oleh kurikulum yang digunakan oleh bangsa tersebut sekarang. Nilai sosial, kebutuhan dan tuntutan masyarakat cenderung mengalami perubahan antara lain akibat dari kemajuan ilmu pengatahuan dan teknologi. Kurikulum harus dapat mengantisipasi perubahan tersebut, sebab pendidikan adalah cara yang dianggap paling strategis untuk mengimbangi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut.

Buku Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Inovasi Baru Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Buku Inovasi baru kurikulum 2013 pendidikan agama islam dan budi pekerti ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Perencanaan Pembelajaran Kontemporer Berbasis Penerapan Kurikulum 2013

Buku dengan judul “Perencanaan Pembelajaran Kontemporer Berbasis Penerapan Kurikulum 2013” ini pada awalnya disusun guna kepentingan kebutuhan perkuliahan dan juga untuk sarana studi leterasi bagi kalangan pendidik maupun bagi calon pendidik. Pertimbangan penyusunan buku ini dilandasi oleh suatu kondisi akan langkanya ketersediaan literatur yang membahas masalah Kurikulum 2013 yang belakangan ini marak diperbincangkan oleh kalangan pendidik termasuk bagi calon pendidik. Pemikiran lebih lanjut yang mendorong penulis untuk menyusun tulisan ini untuk menjangkau pihak-pihak lain dalam skop yang lebih luas yang tak hanya terbatas bagi kalangan pendidik, tetapi juga bagi non pendidik yang memiliki ketertarikan terhadap persoalan Kurikulum 2013 ini. Melihat akan perlunya penyusunan buku ini, yang menjadi esensi utama dalam sajiannya tentang bagaimana paradigma guru dalam menyikapi persoalan Kurikulum 2013 yang tentu di awal pemberlakuannya hingga sekarang ini masih menimbulkan pro dan kontra.

Buku Perencanaan pembelajaran kontemporer berbasis penerapan kurikulum 2013 ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Kajian Kurikulum Kimia Dan SMK

Bab I memberikan informasi awal mengenai deskripsi Mata KuliahKajian Kurikulum Kimia SMA/K, rencana pembelajaran, petunjukpenggunaan buku ajar, standar kompetensi, dan bentuk evaluasiperkuliahan. Bab II menjelaskan tentang konsep dasar kurikulum yangmeliputi definisi kurikulum, teori kurikulum, komponen kurikulum,kurikulum dan pendidikan, dan terminologi kurikulum. Bab IIImendeskripsikan mengenai landasan pengembangan kurikulum, prinsip-prinsip pengembangan kurikulum, langkah-langkah dalam pengembangankurikulum, model-model pengembangan kurikulum, pendekatan dalam pengembangan kurikulum, dan pengorganisasian kurikulum. Bab IVmemaparkan tentang perkembangan kurikulum pendidikan di Indonesia, dari Rencana Pelajaran 1947 hingga Kurikulum 2013 Revisi. Bab V menjelaskan tentang kurikulum untuk mata pelajaran kimia dalam pendidikan, kajian konten kimia SMA pada KTSP 2006, dan kajian konten kimia SMA pada Kurikulum 2013 Revisi. Bab VI mendeskripsikan tentang tantangan pembelajaran kimia SMK dalam Kurikulum 2013 Revisi, kajian konten mata pelajaran kimia untuk SMK kompetensi keahlian kimia industri, kimia analisis, analisis pengujian laboratorium, kimia tekstil, farmasi klinis & komunitas, dan farmasi industri dalam Kurikulum 2013 Revisi. Pada bagian terakhir, Bab VII memberikan penjelasan terkait Kurikulum Kimia Internasional untuk SMA.

Pada bagian terakhir, Bab VII memberikan penjelasan terkait Kurikulum Kimia Internasional untuk SMA. Buku Kajian Kurikulum Kimia SMA Dan SMK ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Buku Ajar Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia

Buku ajar ini merupakan buku yang digunakan untuk mendukung proses perkuliahan Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia. Kompetensi yang harus dicapai pada mata kuliah ini adalah mahasiswa diharapkan mampu memanfaatkan konsep, teori, metodologi penelitian dan meng-aplikasikannya ke dalam pengajaran/pembelajaran bahasa Indonesia. Mahasiswa juga diharapkan mampu menguasai teori pengertian dan dasar-dasar penelitian, tujuan, fungsi, asumsi, dan karakteristik penelitian, jenis Penelitian dan perbedaan penelitian kualitatif dengan penelitian kuantitatif, masalah penelitian, kajian pustaka, populasi dan sampel, variabel, instrumen penelitian, data dan sumber data

Buku ajar ini merupakan buku yang digunakan untuk mendukung proses perkuliahan Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia.