Sebanyak 817 item atau buku ditemukan

Buku Ajar Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia

Ibnu, dkk (2003:2) mengatakan penelitian adalah suatu kegiatan ilmiah untuk memperoleh pengetahuan yang benar tentang suatu masalah. Pengetahuan yang diperoleh dari penelitian terdiri atas fakta, konsep, generalisasi, dan teori yang kemungkinan manusia dapat memahami fenomena dan pemecahan masalah yang dihadapi. Fakta merujuk pada kenyataan yang terjadi di lapangan atau di lingkungan. Konsep mengacu pada teori yang telah ada. Generalisasi maksudnya bisa digeneralisasi untuk yang lain atau bisa digunakan untuk yang lain. Ary, dkk (1982:44) mengatakan bahwa penelitian adalah cara untuk memperoleh informasi yang berguna dan dapat dipertanggungjawabkan. Dapat juga diartikan sebagai kegiatan ilmiah untuk memperoleh pengetahuan yang benar. Ilmiah di sini maksudnya telah teruji kebenarannya. Buku Buku Ajar Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Ilmiah di sini maksudnya telah teruji kebenarannya. Buku Buku Ajar Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Senarai Penelitian Pendidikan, Hukum, dan Ekonomi di Sulawesi Tenggara

Buku ini disusun dalam kerangka peningkatan kualitas akademik mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi di IAIN Kendari. Tidak hanya sebagai pengisi waktu, buku ini diharapkan dapat lebih bermakna. Makna dalam konteks tradisi literasi bangsa yang disinyalir menempati urutan bawah dunia. Literasi atau keberaksaraan mengacu pada aktivitas membaca dan menulis. Membaca, ibarat rantai produksi adalah penyediaan bahan baku, sedangkan menulis merupakan hasil dari rangkaian produksi tersebut. Dalam konteks yang lebih besar, hasil ini akan bersinergi dari produk-produk literasi lain baik yang dihasilkan oleh penulis yang sama maupun penulis yang berbeda. Sebagai bagian dari masyarakat literasi, mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi IAIN Kendari wajib memantaskan diri untuk turut serta berperan dalam dinamikanya. Untuk itu, terhitung sejak September 2017, IAIN Kendari berinisiasi menyelenggarakan program Penulisan Karya Ilmiah Berbasis Fakta. Luaran program ini adalah karya tulis ilmiah yang dapat dipresentasikan dalam seminar-seminar ilmiah baik seminar nasional maupun konferensi internasional dan dapat diterbitkan dalam media publikasi seperti buku yang berada di tangan pembaca. Dalam buku ini termuat judul karya tulis ilmiah yang membahas beragam permasalahan dari sudut pandang yang berbeda-beda. Perbedaan sudut pandang ini dapat dipahami karena perbedaan latar belakang program studi yang dijalankan. Ada yang berasal dari ilmu pendidikan, hukum dan ada pula yang berasal dari ekonomi, bisnis, serta perbankan syariah. Untuk itulah, Keberagaman yang terangkum dalam satu terbitan diharapkan memperkaya bacaan mahasiswa sehingga akan terbuka pula cakrawala pandang keilmiahannya.

Tidak hanya sebagai pengisi waktu, buku ini diharapkan dapat lebih bermakna. Makna dalam konteks tradisi literasi bangsa yang disinyalir menempati urutan bawah dunia. Literasi atau keberaksaraan mengacu pada aktivitas membaca dan menulis.

Kumpulan Best Practice Dan Penelitian Tindakan

Buku yang berjudul Kumpulan Best Practice dan Penelitian Tindakan yang memuat empat tulisan best practice dan satu penelitian tindakan yang dapat dijadikan acuan dalam menyusun karya ilmiah. Buku ini berisi kumpulan best practice dan juga penelitian tindakan kelas yang dapat digunakan sebagai contoh membuat karya ilmiah. Kumpulan karya ini merupakan hasil praktik nyata penulis dan pengalaman-pengalaman terbaik di sekolah yang dilakukan oleh penulis. Kumpulan Best Practice Dan Penelitian Tindakan ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Buku yang berjudul Kumpulan Best Practice dan Penelitian Tindakan yang memuat empat tulisan best practice dan satu penelitian tindakan yang dapat dijadikan acuan dalam menyusun karya ilmiah.

Dasar-Dasar Penelitian Desain Untuk Pendidikan

Penelitian Desain (Design Research) merupakan suatu model penelitian yang tumbuh dan berkembang secara natural di dunia pendidikan khususnya di Pendidikan Matematika Realistik. Penelitian desain berkembang dari kebutuhan desainer materi pembelajaran untuk mengetahui sejauh mana desainnya dapat berjalan baik atau tidak. Di samping Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Evaluasi yang juga berasal dari dunia pendidikan. Model Penelitian Desain ini sangat cocok digunakan dalam penelitian pengembangan di dunia pendidikan. Masih belum banyak buku dalam bahasa Indonesia yang memberikan gambaran dan panduan yang cukup lengkap tentang model penelitian desain ini di Indonesia. Buku Dasar-Dasar Penelitian Desain Untuk Pendidikan ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Buku Dasar-Dasar Penelitian Desain Untuk Pendidikan ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Penelitian Tindakan Kelas ( PTK)

Buku ajar

Buku ajar

Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research)

Buku ini ditulis dalam rangka untuk memberikan sumbangan ilmu pengetahuan bagi segenap para pembaca baik dikalangan mahasiswa maupun dikalangan dosen, pengajar dan masyarakat umum serta praktisi pendidikan lainnya. Penulisan buku ini, dilandasi beberapa kajian literatur yang berhubungan dengan tindakan tenaga pendidik dalam mencerdaskan anak didiknya. Buku yang diangkat dari hasil menelaah dari fenomena perkembangan zaman dan riset di sekolah Kota Batam, yang sangat aktual dan relevansi dengan situasi dan kondisi kekinian. Buku ini selain sebagai bentuk pengabdian dan partisipasi penulis dalam mengembangkan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) juga dapat memperkaya khazanah keilmuan di bidang manajemen pendidikan Islam yang relatif masih minim ketersediaannya buku baik di pustaka maupun di toko-toko buku, terlebih buku yang didukung oleh data empiris yang diangkat dari hasil penelitian. Dengan hadirnya buku ini, sangat membantu untuk para guru dan mendukung perkuliahan baik di fakultas maupun di pascasarjana, terkait dengan program pendidikan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak

Dengan hadirnya buku ini, sangat membantu untuk para guru dan mendukung perkuliahan baik di fakultas maupun di pascasarjana, terkait dengan program pendidikan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) ini diterbitkan oleh ...

Guru, Mari Kita Menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Guru yang profesional adalah guru yang memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk dirinya dan dapat berdampak baik kepada para peserta didiknya. Untuk itu, pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi guru harus terus ditingkatkan secara terus menerus agar dapat meningkatkan kompetensinya yakni profesional, pedagogik, sosial dan kepribadian sebagai guru yang dapat digugu dan ditiru. Untuk itu, guru harus giat dalam mengembangkan dirinya dalam mengikuti baik diklat ataupun pelatihan sehingga dapat mempublikasikan karya tulisnya sendiri.

Permasalahan Perencanaan Tindakan - I Pelaksanaan Tindakan - I SIKLUS - I Pengamatan/ Pengumpulan Refleksi - I Data - I Permasalahan Permasalahan Perencanaan Pelaksanaan baru, hasil Refleksi baru, hasil Refleksi Tindakan - II Tindakan ...

Sukses Profesi Guru dengan Penelitian Tindakan Kelas

Guru mengemban tugas sejati bagi proses kemanusiaan, pemanusiaan, pencerdasan, pembudayaan, dan pembangun karakter bangsa. Undang-undang (UU) No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, sebagai dasar legal pengakuan atas profesi guru serta mengangkat martabat dan peran guru sebagai agen pembelajaran dalam meningkatkan mutu pendidikan nasional. Guru merupakan faktor penentu terhadap keberhasilan pembelajaran. Untuk mencapai hasil pembelajaran yang optimal dibutuhkan guru kreatif dan inovatif yang selalu mempunyai keinginan terus menerus memperbaiki dan meningkatkan mutu proses belajar di kelas yang tentunya berpengaruh terhadap peningkatan mutu pendidikan. Salah satu upaya dalam meningkatkan mutu proses belajar dengan melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan kelas (PTK) pertama kali diperkenalkan Kurt Lewin pada tahun 1946 ahli psikologi sosial Amerika Serikat, di Indonesia PTK baru dikenal pada tahun 80-an. PTK terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Empat tahapan utama tersebut yang saling berkaitan sering disebut dengan istilah siklus. Siklus pada hakikatnya adalah rangkaian riset-aksi-riset-aksi yang dilakukan pada saat penelitian. PTK memiliki peranan yang sangat penting dan strategis untuk meningkatkan mutu pembelajaran. dengan harapan dapat mengidentifikasi dan mendeteksi kelemahan atau kekurangan yang terjadi dalam proses belajar mengajar dengan mencari solusi yang tepat

PTK memiliki peranan yang sangat penting dan strategis untuk meningkatkan mutu pembelajaran. dengan harapan dapat mengidentifikasi dan mendeteksi kelemahan atau kekurangan yang terjadi dalam proses belajar mengajar dengan mencari solusi ...

Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas

(PTK)

Zaman telah berubah, seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Segala perkembangan ini harus diantisipasi agar seluruh bangsa tidak tertinggal dalam percaturan di tingkat global. Harus diakui, perkembangan kehidupan dan ilmu pengetahuan abad 21 sekarang ini memang telah terjadi pergeseran, baik ciri maupun model pembelajaran. Hal inilah yang harus direspons oleh stake-holders pendidikan khususnya pahlawan tanpa tanda jasa yaitu guru dan dosen. Tugas utama seorang guru dan dosen adalah merancang, menyajikan, dan mengevaluasi bahan ajar, disesuaikan dengan kondisi lingkungan yang membatasinya, dengan tujuan agar peserta didik (siswa dan mahasiswa) memperoleh hasil belajar yang optimal. Oleh karena itu guru dan dosen harus menguasai dan mengembangkan ketiga ranah profesi yang perkembangannya semakin kompleks sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Buku Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Buku Saku Penelitian Pendidikan Penelitian Tindakan Kelas Penulisan Karya Ilmiah

Ilmu maju berkembang berkat penelitian. Begitu juga Ilmu Pendidikan. Ilmu Pendidikan maju berkembang berkat penelitian pendidikan. Kelompok yang memajukan ilmu pendidikan dan ilmu pengajaran di antaranya adalah guru, yang melakukannya lewat penelitian. Penelitian yang dilakukan guru sekaligus merupakan bagian dari pengembangan profesi dan kariernya. Pada umumnya jenis penelitian yang digunakan guru dalam melaksanakan tugas penelitiannya ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan utama penulisan buku ini adalah untuk membantu guru dan calon guru dalam menyusun karya ilmiah dan melaksanakan penelitian, khususnya penelitian pendidikan dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Oleh karena itu, isi buku ini disusun sedemikian rupa agar mudah dipahami dan kompatibel untuk kepentingan praktis. Buku Saku Penelitian Pendidikan Penelitian Tindakan Kelas Penulisan Karya Ilmiah ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Buku Saku Penelitian Pendidikan Penelitian Tindakan Kelas Penulisan Karya Ilmiah ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.