logo

Sistem Informasi Pustaka

Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Home
  • Koleksi
    • Buku
    • Populer
    • Terbaru
    • Fiction
    • Reference
    • Textbook
    • Karya Ilmiah
    • Jurnal Nasional yang terakreditasi
    • Jurnal International
    • Prosiding
    • Disertasi
    • Thesis
    • Skripsi
    • Tugas Akhir
  • Perpustakaan
    • Library of UI BBC
  • Katalog
  • Login

Pengembangan Sistem Evaluasi PAI : Menuju Peningkatan Mutu Pembelajaran Agama Islam

Buku "Pengembangan Sistem Evaluasi Pendidikan Agama Islam (PAI)" merupakan panduan komprehensif yang dirancang untuk membantu pendidik, guru, dan praktisi pendidikan dalam merancang, mengimplementasik
Selengkapnya...

Informasi lebih lengkap Buku-buku lain

EVALUASI PEMBELAJARAN: Pendekatan, Teori Dan Inovasi Dalam Pendidikan Agama Islam

Buku Evaluasi Pembelajaran: Pendekatan, Teori an Inovasi Dalam Pendidikan Agama Islam menawarkan panduan komprehensif mengenai evaluasi dalam Pendidikan Agama Islam (PAI), dengan fokus pada penerapan
Selengkapnya...

Informasi lebih lengkap Buku-buku lain

EVALUASI PEMBELAJARAN

Evaluasi pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam proses pendidikan yang bertujuan untuk menilai efektivitas pembelajaran, mengukur pencapaian tujuan, serta memberikan umpan balik yang
Selengkapnya...

Informasi lebih lengkap Buku-buku lain

Pengembangan Asesmen Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Dalam buku ini, pembaca akan diajak untuk memahami prosedur pengembangan penilaian hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti. Pada sebagian guru, melakukan pengembangan penilaian menjadi k
Selengkapnya...

Informasi lebih lengkap Buku-buku lain

Penggunaan bahan alam untuk pengembangan pembelajaran sains melalui eksperimen percampuran warna di kelompok B RA Al

Informasi lebih lengkap Buku-buku lain

EFEKTIFIVAS MODEL QUANTUM TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR IPAS PADA SISWA KELAS 5 MI AL-MUHAJIRIN GEGESIK CIREBON

Informasi lebih lengkap Buku-buku lain

TIKTOK SHOP DALAM PRESPEKTIF MARKETING SYARIAH DAPAT MANINGKATKAN OMZET PENJUALAN DI TOKO ONLINE BAKUL SHOPP PAMIJAHAN CIREBON

Informasi lebih lengkap Buku-buku lain

Kasus Kasus Manajemen Perusahaan Indonesia Seri 5

embelajaran kasus sejatinya merupakan metode yang telah lama digunakan dalam pendidikan di bidang bisnis, hukum, kedokteran, hingga ilmu sosial. Metode ini menawarkan sejumlah kelebihan, seperti kemam
Selengkapnya...

Informasi lebih lengkap Buku-buku lain

Model Manajemen Sekolah Berbasis Tahfizh Qur’an Praktek Lapangan Dan Pengembangannya

Buku Model Manajemen Sekolah Berbasis Tahfizh Qur’an Praktek Lapangan dan Pengembangannya ini mengulas seluk-beluk manajemen sekolah yang didasari pada tahfizh qur’an. Pembelajaran tahfidz Al-Quran ad
Selengkapnya...

Informasi lebih lengkap Buku-buku lain

Manajemen Pemasaran Pendidikan Islam adalah proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh lembaga pendidikan Islam dengan tujuan untuk menarik, mempertahankan, dan membina hubungan yang baik dengan peserta didik, orang tua, serta masyarakat, berdasarkan prinsip-prinsip syariah Islam. Dalam konteks ini, pemasaran bukan sekadar aktivitas promosi atau publikasi, melainkan bagian integral dari strategi lembaga untuk memperkuat identitas, meningkatkan daya saing, dan menyebarluaskan nilai-nilai Islam secara lebih luas melalui pendidikan. Konsep pemasaran yang diterapkan tetap mengacu pada prinsip dasar pemasaran modern seperti segmentasi pasar, targeting, positioning, dan strategi bauran pemasaran (marketing mix). Namun, semua itu harus diselaraskan dengan nilai-nilai Islam, seperti kejujuran (ṣidq), amanah, adil, dan menghindari unsur penipuan atau manipulasi dalam komunikasi pemasaran. Dengan pendekatan yang tepat, pemasaran dalam pendidikan Islam dapat menjadi sarana dakwah yang efektif sekaligus strategi manajerial untuk keberlangsungan dan kemajuan lembaga.

Manajemen Pemasaran Pendidikan Islam adalah proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh lembaga pendidikan Islam dengan tujuan untuk menarik, mempertahankan, d
Selengkapnya...

Informasi lebih lengkap Buku-buku lain

Buku Ajar Pengantar Manajemen Pendidikan

Buku yang berjudul “Pengantar Manajemen Pendidikan” ini berisikan banyak hal yang bermanfaat. Materi yang dibahas dalam buku ini antara lain konsep dasar manajemen pendidikan, ruang lingkup dan urgens
Selengkapnya...

Informasi lebih lengkap Buku-buku lain

Perilaku Organisasi Kontemporer

Buku Perilaku Organisasi Kontemporer menyajikan analisis mendalam tentang dinamika perilaku individu dan kelompok dalam konteks organisasi modern. Ditujukan untuk mahasiswa, akademisi, dan praktisi, b
Selengkapnya...

Informasi lebih lengkap Buku-buku lain

Sebanyak 38321 item atau buku ditemukan

Previous12345678910..3194Next

Pengembangan Sistem Evaluasi PAI : Menuju Peningkatan Mutu Pembelajaran Agama Islam

Buku "Pengembangan Sistem Evaluasi Pendidikan Agama Islam (PAI)" merupakan panduan komprehensif yang dirancang untuk membantu pendidik, guru, dan praktisi pendidikan dalam merancang, mengimplementasikan, dan meningkatkan sistem evaluasi yang efektif dalam konteks pendidikan agama Islam. Dalam buku ini, pembaca akan dibimbing melalui konsep dasar evaluasi PAI, desain sistem evaluasi, implementasi, dan jenis evaluasi formatif dan sumatif yang sesuai dengan kebutuhan pendidikan agama Islam. Selain itu, buku ini juga membahas berbagai tantangan yang mungkin dihadapi dalam proses evaluasi PAI dan memberikan solusi untuk mengatasi kendala tersebut. Pentingnya inklusivitas dalam sistem evaluasi PAI juga menjadi sorotan dalam buku ini, dengan penekanan pada bagaimana mengakomodasi beragam gaya belajar dan memahami kebutuhan siswa khusus. Selain membahas evaluasi siswa, buku ini juga mengeksplorasi evaluasi kinerja guru PAI, dengan fokus pada pengembangan guru melalui hasil evaluasi. Dengan panduan praktis, penelitian yang mendalam, dan contoh-contoh kasus, "Pengembangan Sistem Evaluasi Pendidikan Agama Islam (PAI)" menjadi sumber daya berharga bagi mereka yang ingin meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam melalui sistem evaluasi yang lebih baik.

  • Hamid Sakti Wibowo,  

... Teknologi Pendidikan: Memanfaatkan teknologi pendidikan untuk memfasilitasi pembelajaran guru PAI melalui platform daring, webinar, atau sumber daya online. 7) Evaluasi Berkala: Melakukan evaluasi berkala untuk mengukur kemajuan guru ...

EVALUASI PEMBELAJARAN: Pendekatan, Teori Dan Inovasi Dalam Pendidikan Agama Islam

Buku Evaluasi Pembelajaran: Pendekatan, Teori an Inovasi Dalam Pendidikan Agama Islam menawarkan panduan komprehensif mengenai evaluasi dalam Pendidikan Agama Islam (PAI), dengan fokus pada penerapan metode evaluasi yang efektif, validitas instrumen, serta teknik analisis data yang relevan dengan konteks PAI. Buku ini mengintegrasikan berbagai konsep evaluasi, teori-teori evaluasi, dan pendekatan modern yang mencakup neurosains, teknologi, dan kebijakan pendidikan dalam dunia pendidikan Islam. Dimulai dengan urgensi evaluasi dalam konteks pendidikan Islam, buku ini menguraikan pentingnya evaluasi yang tepat untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran. Dalam bab-bab selanjutnya, pembaca akan dibimbing untuk memahami konsep dan pendekatan evaluasi yang digunakan dalam PAI, serta perbedaan antara teori-teori evaluasi dari konteks Islam dan Barat. Buku ini juga membahas desain dan pendekatan evaluasi dalam penelitian, serta bagaimana teknik-teknik validasi dan reliabilitas instrumen dapat memastikan keakuratan dan keandalan evaluasi. Pembaca diajak untuk mengeksplorasi analisis data dalam evaluasi PAI, serta tantangan-tantangan yang mungkin dihadapi terkait dengan etika dan bias dalam evaluasi pendidikan. Selain itu, buku ini mengkaji model evaluasi berbasis riset, serta penerapan kebijakan evaluasi dan perancangan kebijakan berbasis evaluasi, untuk memastikan bahwa kebijakan pendidikan yang diambil berbasis pada hasil evaluasi yang valid dan objektif.

  • Heni Listiana,  

Buku Evaluasi Pembelajaran: Pendekatan, Teori an Inovasi Dalam Pendidikan Agama Islam menawarkan panduan komprehensif mengenai evaluasi dalam Pendidikan Agama Islam (PAI), dengan fokus pada penerapan metode evaluasi yang efektif, validitas ...

EVALUASI PEMBELAJARAN

Evaluasi pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam proses pendidikan yang bertujuan untuk menilai efektivitas pembelajaran, mengukur pencapaian tujuan, serta memberikan umpan balik yang konstruktif bagi peserta didik maupun pendidik. Dalam konteks pendidikan modern, evaluasi tidak hanya berfokus pada hasil akhir atau nilai akademis semata, tetapi juga mencakup pemahaman yang lebih mendalam tentang kemampuan, keterampilan, dan sikap yang dikembangkan oleh peserta didik selama proses belajar.

  • Dr. Hj. Umalihayati,   S.ST.,   S.K.M.,   M.Pd,   Abu Sofyan,   S.Pd.,   M.Pd,   Gusnita Efrina,   M.Pd,   Dr. Ease Arent,   M.Pd,   Rina Sardiana Sari,   S.Pd.,   M.Sc,   Dr. Drs. H. Mohzana,   S.Pd.,   M.Pd,   Dr. Herman,   S.Pd.,   M.Pd,   Ir. Ahmad Jubaeli,   M.Pd,   Khasanah,   S.Pd.,   M.Kom.,   M.Pd,   Ir. Wahyu Dwi Kurniawan,   S.Pd.,   M.Pd,  

Evaluasi pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam proses pendidikan yang bertujuan untuk menilai efektivitas pembelajaran, mengukur pencapaian tujuan, serta memberikan umpan balik yang konstruktif bagi peserta didik maupun ...

Pengembangan Asesmen Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Dalam buku ini, pembaca akan diajak untuk memahami prosedur pengembangan penilaian hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti. Pada sebagian guru, melakukan pengembangan penilaian menjadi kesulitan tersendiri, sehingga mata pelajaran tersebut lebih menekankan pada sisi kognitif. Hal ini membawa ekses yang kurang kondusif bagi perkembangan akhlak dan budi pekerti peserta didik, yaitu sisi afektif dan psikomotorik kurang diperhatikan atau dikembangkan. Secara fenomenal di lapangan, terjadi ada peserta didik yang pandai dalam sisi kognitif, namun sisi afektif dan psikomotoriknya tidak berkembang, misalnya peserta didik tidak mau menolong teman yang sedang mengalami kesulitan, sikap acuh, egois, suka membuat keributan, dan tindakan negatif lainnya. Jika memperhatikan esensi Pendidikan Agama Islam, kondisi siswa yang pandai, namun memiliki perilaku yang tidak baik, maka hal ini menjadi kontra produktif dengan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti itu sendiri, yaitu pertama, pengembangan spiritualitas, ketakwaan kepada Allah; kedua pengembangan akhlak yang baik dalam kehidupan sehari-hari, mempribadi dalam dirinya, seperti: perilaku kejujuran, keadilan, kesederhanaan, belas kasihan, dan kerja sama yang merupakan bagian integral dari ajaran agama Islam. Buku ini menjadi salah satu solusi dalam pengembangan penilaian Pendidikan Agama Islam yang banyak dialami oleh para guru dengan cara mengadopsi dan adaptasi pendekatan yang holistik dan kontekstual dalam menilai kemajuan hasil belajar peserta didik, serta menggali sumber kebenaran dari Al-Quran dan Hadis Nabi Muhammad Saw., sehingga tujuan pendidikan Islam dapat dicapai, yaitu menuju kesalehan individu dan sosial, selamat dunia dan akhirat. Buku ini juga mengungkapkan strategi dan prosedur pengembangan instrumen evaluasi, baik secara teoritik maupun praktik, sehingga dihasilkan instrumen yang baik, sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh ahli evaluasi. Buku yang ditulis oleh para guru dan asatidz dari berbagai sekolah/madrasah dan pesantren ini memberikan horizon yang kaya dalam penilaian Pendidikan Islam yang dikembangkan dalam institusi mereka, sehingga dapat menjadi referensi berharga bagi para pendidik, pengembang kurikulum, dan pemangku kepentingan pendidikan lainnya untuk meningkatkan kualitas hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Buku ini menjadi sumber inspirasi yang penting bagi mereka yang ingin memajukan pendidikan Agama Islam melalui transformasi penilaian yang holistik. Pembaca akan diberikan pemahaman yang mendalam tentang pentingnya penilaian yang seimbang untuk mencapai tujuan pendidikan Agama Islam.

  • Darodjat,   Edi Siswanto,   Ayi Istiana,   Slamet Suwarto,   Muhammad Rivaldi,   Faiz Khoirurrijal,   Sab’ati Mela Matsania,   Slamet Subejo,   Muhammad Sidiq Pambudi,   Daryanto,   Ragil Suyatno,   Wahyu Jati Purwito,   Misno,   Firdaus Nur Aflah,   Fadhli Rizka Syahrul Mubarok,   Yuli Maulida,   Yuni Fatroh,   Muhammad Nuur Husain,   Yasir Abdul Rahman,   Sainah,   Muhammad Khamdan,   Edi Siswanto,   Ayi Istiana,   Slamet Suwarto,   Muhammad Rivaldi,   Faiz Khoirurrijal,   Sab’ati Mela Matsania,   Slamet Subejo,   Muhammad Sidiq Pambudi,   Daryanto,   Ragil Suyatno,   Wahyu Jati Purwito,   Misno,   Firdaus Nur Aflah,   Fadhli Rizka Syahrul Mubarok,   Yuli Maulida,   Yuni Fatroh,   Muhammad Nuur Husain,   Yasir Abdul Rahman,   Sainah,   Muhammad Khamdan,   Edi Siswanto,   Ayi Istiana,   Slamet Suwarto,   Muhammad Rivaldi,   Faiz Khoirurrijal,   Sab’ati Mela Matsania,   Slamet Subejo,   Muhammad Sidiq Pambudi,   Daryanto,   Ragil Suyatno,   Wahyu Jati Purwito,   Misno,   Firdaus Nur Aflah,   Fadhli Rizka Syahrul Mubarok,   Yuli Maulida,   Yuni Fatroh,   Muhammad Nuur Husain,   Yasir Abdul Rahman,   Sainah,   Muhammad Khamdan,   Edi Siswanto,   Ayi Istiana,   Slamet Suwarto,   Muhammad Rivaldi,   Faiz Khoirurrijal,   Sab’ati Mela Matsania,   Slamet Subejo,   Muhammad Sidiq Pambudi,   Daryanto,   Ragil Suyatno,   Wahyu Jati Purwito,   Misno,   Firdaus Nur Aflah,   Fadhli Rizka Syahrul Mubarok,   Yuli Maulida,   Yuni Fatroh,   Muhammad Nuur Husain,   Yasir Abdul Rahman,   Sainah,   Muhammad Khamdan,   Edi Siswanto,   Ayi Istiana,   Slamet Suwarto,   Muhammad Rivaldi,   Faiz Khoirurrijal,   Sab’ati Mela Matsania,   Slamet Subejo,   Muhammad Sidiq Pambudi,   Daryanto,   Ragil Suyatno,   Wahyu Jati Purwito,   Misno,   Firdaus Nur Aflah,   Fadhli Rizka Syahrul Mubarok,   Yuli Maulida,   Yuni Fatroh,   Muhammad Nuur Husain,   Yasir Abdul Rahman,   Sainah,   Muhammad Khamdan,  

Buku ini menjadi salah satu solusi dalam pengembangan penilaian Pendidikan Agama Islam yang banyak dialami oleh para guru dengan cara mengadopsi dan adaptasi pendekatan yang holistik dan kontekstual dalam menilai kemajuan hasil belajar ...

Penggunaan bahan alam untuk pengembangan pembelajaran sains melalui eksperimen percampuran warna di kelompok B RA Al

  • AULIYATUN NISA,  

EFEKTIFIVAS MODEL QUANTUM TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR IPAS PADA SISWA KELAS 5 MI AL-MUHAJIRIN GEGESIK CIREBON

  • SALMA NAFISAH,  

TIKTOK SHOP DALAM PRESPEKTIF MARKETING SYARIAH DAPAT MANINGKATKAN OMZET PENJUALAN DI TOKO ONLINE BAKUL SHOPP PAMIJAHAN CIREBON

  • ARINI NUR RABBANI,  

Kasus Kasus Manajemen Perusahaan Indonesia Seri 5

embelajaran kasus sejatinya merupakan metode yang telah lama digunakan dalam pendidikan di bidang bisnis, hukum, kedokteran, hingga ilmu sosial. Metode ini menawarkan sejumlah kelebihan, seperti kemampuan untuk menangkap kompleksitas dan ambiguitas yang lazim dijumpai di dunia nyata. Metode kasus juga melatih aplikasi pendekatan yang lintas disiplin dan multiperspektif. Kelebihan-kelebihan semacam itulah yang tidak dapat diperoleh dalam kegiatan pembelajaran dan perkuliahan tradisional. Buku Kasus-Kasus Manajemen Perusahaan Indonesia 5 ini merupakan kelanjutan dari seri terdahulu yang telah sukses digunakan dalam kegiatan pembelajaran dan perkuliahan di berbagai sekolah bisnis di Indonesia. Namun, perubahan dan dinamika dunia bisnis yang terus bergulir dengan cepat menuntut pembaruan serta inovasi tanpa henti. Untuk menjadikan pengajaran bisnis dan manajemen tetap relevan dan mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan, kasus-kasus yang baru dan berbeda mutlak terus dibutuhkan. Kasus-kasus bahasan merupakan fenomena, kejadian, peristiwa, dan situasi yang diangkat dari beragam kejadian nyata. Kasus-kasus tersebut merepresentasikan realitas dan kompleksitas dunia bisnis dan manajemen di Indonesia. Semua kasus melibatkan unsur dilema, konflik, dan permasalahan manajemen bisnis yang sedang dihadapi dan perlu diselesaikan oleh pelaku atau protagonis di dalamnya. Oleh karenanya, diharapkan kasus-kasus tersebut mampu mendorong diskusi dan partisipasi aktif dalam kegiatan perkuliahan. Bagi mahasiswa, diskusi dan partisipasi dapat membantu mereka mengidentifikasi parameter dalam memetakan masalah, mengenali dan mengartikulasikan posisi yang diambil, mengevaluasi pilihan-pilihan yang tersedia, dan mendiskusikan berbagai perspektif yang berbeda. Pada akhirnya, kasus-kasus semacam ini tidak hanya memberikan pemahaman tentang teori dan konsep manajemen bisnis yang lebih komprehensif, tetapi juga mampu menjembatani “knowing-doing gap” yang menjadi kepelikan dalam pengelolaan pendidikan bisnis, yaitu mengintegrasikan teori dengan realitas.

  • Bayu Sutikno,   Rokhima Rostiani,  

... marketing dari University of Agder (UiA), Norwegia pada tahun 2009; dan terakhir, penulis sedang menyelesaikan jenjang pendidikan S-3 dalam bidang strategic management dari Departemen Strategi dan Manajemen dari Norwegian School ...

Model Manajemen Sekolah Berbasis Tahfizh Qur’an Praktek Lapangan Dan Pengembangannya

Buku Model Manajemen Sekolah Berbasis Tahfizh Qur’an Praktek Lapangan dan Pengembangannya ini mengulas seluk-beluk manajemen sekolah yang didasari pada tahfizh qur’an. Pembelajaran tahfidz Al-Quran adalah pembentukan kepribadian pada diri siswa yang tercermin dalam tingkah laku dan pola pikirnya dalam kehidupan sehari-hari, maka pembelajaran Tahfidz Al-Quran tidak hanya menjadi tanggung jawab guru Tahfidz Al-Quran seorang diri, tetapi dibutuhkan dukungan dari seluruh komunitas di sekolah, masyarakat, dan lebih penting lagi adalah orang tua. Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Dengan demikian, salah satu bentuk pendidikan dan pelatihan karakter yang dianggap relevan untuk menghadapi tantangan era keterbukaan dan persaingan adalah sekolah berbasis tahfizh qur’an.

  • Amalliah Kadir,   Rugaiyah,   Madhakomala,  

... Management Of Al-Qur'an-Based Curriculum At Qur'an Hanifah Elementary School Semarang. Educational Management, 10(2) ... Pemasaran Bank Syari'ah. Alfabeta. Rivai. (2021). Model Manajemen Pembiayaan Pendidikan Islam (Studi Kasus ...

Manajemen Pemasaran Pendidikan Islam adalah proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh lembaga pendidikan Islam dengan tujuan untuk menarik, mempertahankan, dan membina hubungan yang baik dengan peserta didik, orang tua, serta masyarakat, berdasarkan prinsip-prinsip syariah Islam. Dalam konteks ini, pemasaran bukan sekadar aktivitas promosi atau publikasi, melainkan bagian integral dari strategi lembaga untuk memperkuat identitas, meningkatkan daya saing, dan menyebarluaskan nilai-nilai Islam secara lebih luas melalui pendidikan. Konsep pemasaran yang diterapkan tetap mengacu pada prinsip dasar pemasaran modern seperti segmentasi pasar, targeting, positioning, dan strategi bauran pemasaran (marketing mix). Namun, semua itu harus diselaraskan dengan nilai-nilai Islam, seperti kejujuran (ṣidq), amanah, adil, dan menghindari unsur penipuan atau manipulasi dalam komunikasi pemasaran. Dengan pendekatan yang tepat, pemasaran dalam pendidikan Islam dapat menjadi sarana dakwah yang efektif sekaligus strategi manajerial untuk keberlangsungan dan kemajuan lembaga.

Manajemen Pemasaran Pendidikan Islam adalah proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh lembaga pendidikan Islam dengan tujuan untuk menarik, mempertahankan, dan membina hubungan yang baik dengan peserta didik, orang tua, serta masyarakat, berdasarkan prinsip-prinsip syariah Islam. Dalam konteks ini, pemasaran bukan sekadar aktivitas promosi atau publikasi, melainkan bagian integral dari strategi lembaga untuk memperkuat identitas, meningkatkan daya saing, dan menyebarluaskan nilai-nilai Islam secara lebih luas melalui pendidikan. Konsep pemasaran yang diterapkan tetap mengacu pada prinsip dasar pemasaran modern seperti segmentasi pasar, targeting, positioning, dan strategi bauran pemasaran (marketing mix). Namun, semua itu harus diselaraskan dengan nilai-nilai Islam, seperti kejujuran (ṣidq), amanah, adil, dan menghindari unsur penipuan atau manipulasi dalam komunikasi pemasaran. Dengan pendekatan yang tepat, pemasaran dalam pendidikan Islam dapat menjadi sarana dakwah yang efektif sekaligus strategi manajerial untuk keberlangsungan dan kemajuan lembaga.

  • Wulan Sari,   H. Zainal Abidin,   Samsir Damanik,   Aswan Aswan,   Rahmad Ismail Hasibuan,  

... Marketing Management of Educational Services in Improving The Image of Islamic Boarding Schools. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 1-12. doi:https://doi.org /10.33650/al-tanzim.v7i1.4353 Junaidi, & Abdurrahman. (2021) ...

Buku Ajar Pengantar Manajemen Pendidikan

Buku yang berjudul “Pengantar Manajemen Pendidikan” ini berisikan banyak hal yang bermanfaat. Materi yang dibahas dalam buku ini antara lain konsep dasar manajemen pendidikan, ruang lingkup dan urgensi manajemen pendidikan, manajemen peserta didik, supervisi pendidikan, manajemen tenaga pendidik dan kependidikan, manajemen kurikulum, manajemen sarana dan prasarana pendidikan, manajemen konflik, dan manajemen strategi peningkatan mutu pendidikan. Manajemen pendidikan adalah serangkaian proses yang melibatkan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan sumber daya pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Ini mencakup berbagai aktivitas yang dilakukan oleh kepala sekolah, administrator, dan staf pendidikan lainnya untuk memastikan bahwa proses pendidikan berjalan dengan lancar dan hasil yang diinginkan tercapai.

  • Indah Rahayu,   S.Pd.I.,   M.Ag.,   Darmawati. R S.Pd,   M.Pd.,   Arianto Amiruddin,   S.Pd.,   M.Pd.,   S.Pd.I.,   M.Ag.,   Darmawati. R S.Pd,   M.Pd.,   Arianto Amiruddin,   S.Pd.,   M.Pd.,   S.Pd.I.,   M.Ag.,   Darmawati. R S.Pd,   M.Pd.,   Arianto Amiruddin,   S.Pd.,   M.Pd.,   S.Pd.I.,   M.Ag.,   Darmawati. R S.Pd,   M.Pd.,   Arianto Amiruddin,   S.Pd.,   M.Pd.,   S.Pd.I.,   M.Ag.,   Darmawati. R S.Pd,   M.Pd.,   Arianto Amiruddin,   S.Pd.,   M.Pd.,   S.Pd.I.,   M.Ag.,   Darmawati. R S.Pd,   M.Pd.,   Arianto Amiruddin,   S.Pd.,   M.Pd.,  

... Student-Centered Leadership. San Francisco: Jossey-Bass. Ruslan Rosady. 2005. Manajemen Public Relation & Media ... Management in Education: Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan, Terjemah Ahmad Ali Riyadi dan Fahrurozi. Jogjakarta ...

Perilaku Organisasi Kontemporer

Buku Perilaku Organisasi Kontemporer menyajikan analisis mendalam tentang dinamika perilaku individu dan kelompok dalam konteks organisasi modern. Ditujukan untuk mahasiswa, akademisi, dan praktisi, buku ini memberikan wawasan yang berguna dalam memahami dan mengelola perilaku manusia di tempat kerja. Buku ini menyajikan Pengenalan dan Konsep Perilaku Organisasi, yang memberikan landasan pemikiran untuk memahami interaksi antara individu dan organisasi. Dalam bab selanjutnya, kami membahas Kepribadian dan Nilai serta Sikap dan Kepuasan Kerja, yang merupakan faktor penting dalam menciptakan lingkungan kerja yang produktif. Kemudian, buku ini mengeksplorasi Pendekatan Motivasi Organisasi, Pengaruh Kepemimpinan dalam Organisasi, isu penting mengenai Manajemen Stres dan Kesehatan Kerja, Evaluasi kinerja dan pengembangan karir, dan buku ini juga menyoroti Etika dan Tanggung Jawab Sosial dalam Organisasi, yang semakin penting di era modern ini, mengingat tantangan global yang dihadapi oleh banyak organisasi. Dengan pendekatan yang komprehensif dan praktis, buku ini bertujuan untuk membantu pembaca memahami faktor-faktor yang memengaruhi perilaku organisasi dan bagaimana menerapkannya untuk menciptakan lingkungan kerja yang produktif dan sehat.

  • Muhammad Oceano Fauzan,   Erna Wigati,   Indrawati Indrawati,   Hidayat Hidayat,   Basyarul Aziz,   Abdul Haris Muchtar,   Sunardi Sunardi,   Supangat Supangat,   Williya Meta,   Ahmad Romli,   Tetra Hidayati,   Iis Rostiawati,   Erna Wigati,   Indrawati Indrawati,   Hidayat Hidayat,   Basyarul Aziz,   Abdul Haris Muchtar,   Sunardi Sunardi,   Supangat Supangat,   Williya Meta,   Ahmad Romli,   Tetra Hidayati,   Iis Rostiawati,  

... organisasi dapat beriringan dengan perkembangan zaman yang terjadi tanpa mengurangi atau menghilangkan sisi ... organizational Behavior”, Classics of Public Administration, Jay M. Shafritz & Albert C. Hyde (Edt.), 1978, hlm.182 ...

Previous12345678910..3194Next

© 2019 Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon. All Rights Reserved.

Jl. Widarasari III, Tuparev, Sutawinangun, Kedawung, Kota Cirebon, Jawa Barat 45131, Indonesia.
Telp : (0231) 246215 Email : staibbc.cirebon@gmail.com